10 Manfaat Kesehatan Teh Hijau, Menurut Ahli Gizi

2 min read

Teh hijau menikmati halo kesehatan yang layak. Salah satu minuman paling sehat di planet ini, daun teh hijau dapat direndam untuk membuat teh, atau menghirup seluruh (dalam bentuk bubuk matcha). Baik daun dan teh itu sendiri juga bisa dimasukkan ke dalam masakan. Berikut ringkasan 10 manfaat teh hijau, serta cara sederhana untuk memasukkan tanaman ajaib ini ke dalam rutinitas harian Anda.

Teh hijau dipenuhi dengan antioksidan mesin teh celup
Teh hijau mengandung antioksidan polifenol yang mengurangi peradangan dalam tubuh, pemicu penuaan dini yang diketahui. Antioksidan ini juga secara proaktif melindungi sel dari kerusakan yang dapat menyebabkan sejumlah penyakit kronis, menjadikannya makanan super yang menawarkan berbagai perlindungan kesehatan.

Teh hijau mendukung kesehatan otak
Teh hijau dikenal dapat menimbulkan ketenangan waspada. Meskipun mengandung kafein, teh hijau juga mengandung asam amino yang disebut L-theanine, yang menghasilkan efek menenangkan. Kombinasi kafein dan L-theanine juga terbukti mengoptimalkan fungsi otak untuk meningkatkan daya ingat, kinerja kognitif, dan meningkatkan mood. Kemampuan teh hijau untuk melawan stres oksidatif juga membuatnya menjadi pelindung yang kuat terhadap penyakit neurodegeneratif, termasuk Alzheimer dan Parkinson.

Teh hijau dapat mendukung manajemen berat badan
Dalam penelitian manusia dan hewan, teh hijau telah terbukti meningkatkan metabolisme dan merangsang pembakaran lemak. Ini juga terkait dengan mengekang nafsu makan dan mencegah penambahan lemak dengan menghambat proses yang dikenal sebagai angiogenesis — pembentukan pembuluh darah baru — yang bergantung pada pertumbuhan jaringan lemak.

Teh hijau melindungi terhadap kanker
Teh hijau menangkis kanker dalam beberapa cara kunci. Tanaman melindungi terhadap kerusakan yang dapat memicu pertumbuhan sel yang tidak terkendali, yang dapat menyebabkan mutasi kanker. Efek anti-angiogenesis yang membantu mencegah penambahan lemak juga berfungsi untuk mencegah penyebaran kanker.

Teh hijau mendukung kekebalan tubuh
Antioksidan teh hijau menawarkan efek antibakteri, antijamur, dan antivirus yang mendukung kekebalan tubuh. Bonus: Sifat antibakterinya juga melawan bau mulut. Selain itu, teh hijau bertindak sebagai prebiotik, makanan untuk bakteri usus bermanfaat yang terikat dengan kekebalan yang sehat.

Teh hijau mendukung kepadatan tulang
Antioksidan dalam teh hijau telah terbukti melindungi terhadap keropos tulang dan mengurangi risiko patah tulang. Penelitian pada hewan telah menemukan bahwa asupan moderat teh hijau bermanfaat bagi kesehatan tulang dengan meningkatkan kekuatan dan kualitas tulang. Satu studi baru-baru ini mengamati hubungan antara makanan kaya polifenol, termasuk teh hijau, dan osteoporosis. Para peneliti menyimpulkan bahwa fenol mempengaruhi kepadatan mineral tulang dengan mencegah kerusakan akibat oksidasi pada sel-sel tulang serta dengan mengurangi peradangan, yang membantu mendukung pembentukan tulang.

Teh hijau membantu menyeimbangkan gula darah dan mencegah diabetes
Sebuah meta-analisis dari 17 studi yang diterbitkan sebelumnya melihat hubungan antara teh hijau, kontrol gula darah, dan sensitivitas insulin pada manusia. Peneliti menemukan efek yang menguntungkan. Teh hijau membantu mengurangi kadar gula darah puasa, serta nilai untuk Hb A1C, ukuran rata-rata gula darah selama tiga bulan sebelumnya.

Studi lain pada orang dewasa Jepang dari 23 komunitas diikuti lebih dari 14.000 orang sehat selama lima tahun. Para ilmuwan menemukan bahwa konsumsi teh hijau berbanding terbalik dengan risiko diabetes, bahkan setelah menyesuaikan data untuk usia, jenis kelamin, indeks massa tubuh, dan faktor risiko lainnya. Dengan kata lain, ada sesuatu tentang teh hijau yang bersifat melindungi.

Teh hijau mendukung kesehatan jantung
Sekali lagi, multitasks teh hijau. Selain efek anti-inflamasi dan kemampuannya untuk mencegah stres oksidatif, teh hijau telah terbukti melindungi jantung dengan mengurangi kolesterol total, LDL “buruk”, tekanan darah, dan trigliserida, atau lemak darah. Ini juga mencegah oksidasi LDL, suatu proses yang memicu efek domino, yang berkontribusi pada pengerasan pembuluh darah dan penyakit jantung. Asupan minuman yang lebih tinggi juga dikaitkan dengan risiko stroke yang lebih rendah.

Teh hijau melindungi kulit dari penuaan
Penelitian menunjukkan bahwa polifenol dalam teh hijau melindungi kulit dari efek sinar ultraviolet (UV). Ini membantu mencegah percepatan penuaan, selain menawarkan manfaat melawan kanker dan anti-inflamasi.

Manfaat Minyak Bunga Mawar untuk Aromaterapi

Minyak mawar adalah produk yang berupa minyak atsiri serta dibuat dari kuntum bunga yang cantik yang harum. Sama seperti yang diketahui jika minyak atsiri...
Guithay thay
1 min read

Ini Dia Robot Wall E Mainan yang Harus Anda…

Anak Anda pastinya sangatlah menyukai Robot Wall E mainan yang sangatlah memukau dan mampu memuaskan anak Anda. Terlebih lagi mainan Robot Wall E ini...
Guithay thay
1 min read