3 Keuntungan dari Penerapan Geotermal Power Plant Indonesia

Power Plant Indonesia

Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk menerapkan geotermal power plant indonesia. Hal ini karena Indonesia yang berada di cincin api aktif dengan indikasi memiliki banyak sekali gunung berapi aktif. Menjadikan banyak titik dan lokasi di Indonesia yang menyimpan energi geothermal.

Energi geotermal sendiri mrupakan energi panas yang berada di bawah permukaan bumi. Energi ini berasal dari cairan panas bumi berupa magma. Energi panas ini dapat dimanfaatkan untuk membangkitkan listrik.

Berikut ini keuntungan yang bisa didapatkan dari penerapan  energi geotermal untuk pembangkit listrik di Indonesia.

  1. Jauh Lebih Ramah Lingkungan 

Jika dibandingkan dengan sumber bahan bakar yang biasa digunakan seperti batu bara maupun bahan bakar fosil. Jelas, geotermal power energy jauh lebih ramah lingkungan. Walaupun bukan berarti penerapannya bebas emisi.

Namun, setidaknya jejak emisi dari pembangkit listrik tergolong rendah. Apalagi jika dibandingkan dengan pembangkit listrik dengan tenaga bahan bakar fosil.

  1. Merupakan Energi Terbarukan 

Ternyata geotermal power plant indonesia ini tidak hanya ramah lingkungan. Namun juga energi yang terbarukan. Hal ini karena waduk panas yang ada di dalam bumi akan diisi ulang alami oleh inti bumi yang memang sudah panas.

Hal ini menjadikan energi panas bumi akan selalu tersedia dan dapat digunakan secara berkelanjutan. Bahkan sampai puluhan atau ratusan tahun ke depan.

  1. Energi Jauh Lebih Stabil 

Dibandingkan dengan sumber energi terbarukan lainnya seperti air, angin, maupun nuklir. Panas bumi ternyata cenderung lebih stabil dan mudah dikendalikan. Apalagi, sumber daya panas bumi akan selalu ada dan dapat dimanfaatkan kapan saja.

Hal ini tentu saja berbeda dengan angin dan matahari. Walaupun ramah lingkungan namun aksesnya terbilang cukup terbatas.

Itulah 3 keuntungan dari penerapan geotermal power plant indonesia. Potensi pemanfaatan panas bumi di Indonesia sangatlah besar. Banyak titik yang bisa dieksplorasi dan dimanfaatkan di Indonesia untuk menyediakan fasilitasnya. Energi ini bisa menjadi solusi energi terbarukan yang lebih ramah lingkungan.

Karena itu PJB selalu berusaha untuk mengembangkan geotermal power plant ini untuk solusi energi terbarukan di masa depan. Informasi lebih lanjut bisa diakses di https://www.ptpjb.com/.

Related posts