4 Cara Memaksimalkan Aplikasi Belajar Online

1 min read

aplikasi belajar online

Dewasa ini, penggunaan aplikasi belajar online sudah bukan merupakan hal yang wah lagi. Semua orang kini sudah bisa menggunakannya. Pilihan aplikasinya pun ada banyak sekali mulai dari yang berbayar sampai yang gratis. Ada aplikasi yang difokuskan untuk pelajaran sekolah dan ada juga yang berisi konten belajar untuk profesional. 

Meski sudah ada banyak pilihan aplikasi yang kerap dijumpai dan mungkin sudah banyak yang mencoba menggunakan, bisa jadi selama ini penggunaannya masih belum maksimal. Hal ini bisa saja disebabkan oleh kendala teknis maupun non teknis. Karenanya, coba baca beberapa cara di bawah ini supaya penggunaan aplikasi belajar online bisa maksimal.

aplikasi belajar online
Foto oleh Zen Chung dari Pexels

Pilih Aplikasi Belajar Online Sesuai Kebutuhanmu

Cara pertama yang perlu diperhatikan adalah pilihan aplikasi. Jika kamu adalah pelajar yang sedang mencari konten belajar untuk persiapan ujian, kamu bisa memilih aplikasi seperti Quipper atau Zenius.

Atau misalnya kamu sedang mencari aplikasi belajar online untuk membantumu mengenal programming, kamu bisa menggunakan Udemy dan sejenisnya. Intinya, pilih sesuai kebutuhan belajarmu. 

Selalu Cek Koneksi Internetmu Ketika Sedang Menggunakan Aplikasi Belajar Online

Hal kedua yang perlu mendapat perhatian adalah jaringan. Apakah jaringan internetmu stabil atau tidak? Apakah kuotamu masih cukup atau sudah mau habis? Selalu cek jaringanmu supaya pengalaman belajarmu tidak mengalami gangguan. Hal ini sangatlah penting terutama jika materi yang disampaikan dilakukan secara live. 

Ada pun cara untuk menghemat kuota adalah kamu dapat menggunakan fasilitas wifi. Jika di rumahmu belum ada fasilitas tersebut, kamu bisa memanfaatkan fasilitas wifi yang disediakan oleh beberapa pemda atau juga bisa pergi ke kafe terdekat yang biasanya menyediakan jaringan wifi. 

Kenali Perangkat yang Kamu Gunakan

Beberapa aplikasi yang tersedia di App Store dan Play Store membutuhkan perangkat dengan spesifikasi tertentu untuk dapat dijalankan. Misalnya untuk yang Android, beberapa aplikasi hanya dapat digunakan di Android versi 10 ke atas. 

Karenanya, kamu perlu mengenal juga perangkat yang kamu gunakan apakah kompatibel atau tidak dengan aplikasi yang kamu inginkan. 

Perhatikan Bateraimu 

Menggunakan aplikasi dalam jangka tertentu dapat menguras daya hpmu. Karenanya, cek secara berkala apakah masih banyak atau sudah mau habis. Jika memang daya sudah lemah, segera sambungkan perangkatmu dengan sumber listrik yang ada. 

Sekian beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk memaksimalkan pemakaian aplikasi belajar online. Semoga saja bermanfaat dan jangan lupa sebarkan ke teman-temanmu.

Tips menentukan jenis flow meter yang hendak dipakai

Flow meter adalah alat instrumentasi guna mengukur aliran dari suatu fluida baik liquid ( liquid flowmeter), sludge ( sludge flow meter) maupun gas ( flow meter gas), baik...
Guithay thay
1 min read