5 Manfaat Buah Apel yang Jarang Diketahui

1 min read

manfaat apel

Apel menjadi salah satu buah paling popular di dunia. Selain rasanya yang segar, manfaat buah apel untuk kesehatan ternyata sangat menakjubkan. Hal ini karena apel mengandung nutrisi yang sangat lengkap. Mulai dari mineral, vitamin, dan tentunya kaya akan antioksidan. 

Dengan kandungan nutrisi yang lengkap, maka tidak heran jika apel menjadi buah yang wajib dikonsumsi secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya. Lantas, apa saja manfaat dari buah apel yang bisa kita dapatkan?

Inilah 5 Manfaat Buah Apel yang Menakjubkan

Membantu menurunkan berat badan

Serat larut atau pektin yang terkandung dalam apel bermanfaat untuk membantu mengendalikan kadar gula darah. Kemampuan ini terjadi karena pektin bekerjasama dengan fitonutrien dalam apel dalam mengontrol kadar gula dan kadar lemak dalam darah. 

Selain menjaga kesehatan pencernaan, serat pada apel juga membantu Anda merasa lebih cepat kenyang. Dengan begitu, maka Anda tidak cepat merasa lapar dan asupan makanan menjadi berkurang. Hal ini tentunya akan membantu menurunkan berat badan.

Menjaga kesehatan jantung

Khasiat lain dari buah apel adalah bisa menjaga kesehatan jantung. Kandungan senyawa polifenol dalam apel berperan sebagai antioksidan yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, polifenol juga bermanfaat untuk menurunkan risiko stroke dan tekanan darah.

Mencegah terjadinya penyakit kanker

Apel mengandung senyawa aktif berupa antosianin yang bersifat antikanker dan antiradang. Sebuah studi juga mengungkapkan bahwa rutin mengonsumsi buah apel dapat menurunkan risiko kanker payudara hingga 18% dan kanker kolorekteral hingga 20%.

Mencegah diabetes

Apel juga diduga dapat membantu menurunkan risiko seseorang mengalami diabetes tipe 2. Kandungan polifenol dalam apel dapat mencegah kerusakan saringan pada pankreas. Kandungan serat pada apel juga bermanfaat untuk memberi nutrisi pada bakteri baik di dalam usus, sehingga dapat membantu tubuh terlindung dari risiko penyakit diabetes tipe 2.

Melawan penyakit asma

Antioksidan yang terkandung dalam buah apel berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Terutama berperan dalam menangkal efek buruk dari radikal bebas, seperti kerusakan sel. Antioksidan juga dapat melindungi paru-paru dari terjadinya kerusakan oksidatif, sehingga menurunkan risiko asma.

Manfaat apel untuk kesehatan memang sangat beragam. Untuk mendapatkan semua manfaat tersebut, Anda bisa mengonsumsi buah apel secara langsung. Selain itu, Anda juga bisa mengolahnya menjadi jus, salad, atau sajian lainnya yang lezat.

5 Pengobatan Rumahan Yang Bisa Dicoba Untuk Menghilangkan Nyeri…

Hal wajar jika seorang wanita merasa tidak nyaman di sekitar perutnya saat sedang menstruasi. Ketidaknyaman ini bisa dimulai sejak pra haid sampai beberapa hari...
Guithay thay
1 min read

Menjaga Kesehatan Kehamilan Sehari-Hari

Menjaga kesehatan kehamilan sudah tentu harus dilakukan oleh setiap ibu hamil. Kesehatan kehamilan memang sangatlah penting sehingga harus diperhatikan. Sebab hal ini berpengaruh secara...
Guithay thay
1 min read