5 Pengobatan Rumahan Yang Bisa Dicoba Untuk Menghilangkan Nyeri Haid 

1 min read

Hal wajar jika seorang wanita merasa tidak nyaman di sekitar perutnya saat sedang menstruasi. Ketidaknyaman ini bisa dimulai sejak pra haid sampai beberapa hari saat menstruasi. Selama menstruasi, otot otot rahim wanita mengalami kontraksi yang dapat membantu pelepasan lapisan pembuluh darah yang menumpuk.

5 Pengobatan Rumahan Yang Bisa Dicoba Untuk Menghilangkan Nyeri Haid 

Pada kondisi ini, wanita biasanya mengalami kram perut yang merupakan tanda sedang bekerjanya otot rahim. Sementara, beberapa wanita lainnya mungkin akan mengalami kram yang disertai rasa mual, muntah, sakit kepala, bahkan diare. Tingkat nyeri haid yang dirasakan setiap wanita memang bervariasi. 

Untuk kram perut ringan, terdapat beberapa pengobatan rumahan yang bisa diterapkan guna membantu meredakannya. Berikut dibawah ini 5 pengobatan rumahan yang bisa dicoba untuk menghilangkan nyeri haid :

1. Kompres Panas

Nyeri haid dapat dikurangi dengan menerapkan panas ke perut dan punggung bawah. Jika tidak memiliki botol air panas atau bantal pemanas di rumah, kamu bisa memilih menggunakan handuk panas atau mandi air hangat. 

Atau, kamu juga bisa membuat bantal pemanas sendiri, dengan cara seperti ini :

  • Potong dua lembar kain lalu dijahit menjadi satu, sisakan lubang di bagian atasnya. 
  • Isi dengan beras mentah, lalu jahit lubangnya. 
  • Panaskan dalam microwave dengan suhu yang diinginkan selama beberapa menit. 
  • Pastikan tidak terlalu panas. 
  • Kemudian diinginkan, jika diperlukan. 
  • Atau bisa dengan membungkus pembalut buatan sendiri dengan handuk untuk mengurangi perpindahan panas. 

2. Memijat Dengan Minyak Esensial

Nyeri haid juga bisa dikurangi dengan melakukan terapi pijat selama kurang lebih 20 menit. Para peneliti menemukan bahwa pijat secara signifikan mampu membantu mengurangi rasa sakit segera dan sesudahnya. 

Terapi pijat untuk mengurangi nyeri haid melibatkan penekanan pada titik titik tertentu seperti sekitar perut, bagian perut samping, dan juga punggung. Dengan menambahkan minyak esensial untuk gaya pijat aromaterapi mungkin bisa memberikan manfaat tambahan. 

3. Menghindari Makanan Tertentu

Saat menstruasi, sebaiknya kamu menghindari beberapa makanan yang bisa menyebabkan kembung dan retensi air. Beberapa makanan penyebab terbesar kondisi kembung dan retensi air seperti makanan berlemak, alkohol, minuman berkarbonasi, kafein, dan makanan asin. 

Dengan mengurangi atau menghentikan makanan makanan tersebut bisa membantu meredakan kram dan mengurangi ketegangan saat mengalami nyeri haid. Sebagai gantinya, kamu bisa coba teh jahe atau mint yang menenangkan (bebas kafein) atau air panas yang diberi rasa lemon. 

Namun, jika kamu membutuhkan rasa manis, alangkah baiknya ambil camilan berupa buah buahan seperti strawberry atau raspberry.

4. Konsumsi Kunyit

Kunyit mengandung bahan kimia alami berupa kurkumin yang bisa membantu meredakan gejala sindrom pramenstruasi (PMS). Kunyit dipercaya ampuh mampu mengatasi rasa nyeri berupa kram perut, berkat kandungan kurkuminnya yang bisa menghambat produksi prostaglandin berlebih yang ada dalam rahim. 

Namun, pastikan kamu tidak terlalu banyak mengkonsumsi kunyit atau olahan kunyit sebagai obat nyeri haid karena berisiko terserang sakit perut dan sakit maag. 

5. Melakukan Olahraga Ringan

Ide untuk melakukan olahraga sebelum atau selama menstruasi mungkin tidak menarik bagimu. Padahal, nyatanya olahraga bisa melepaskan hormon endorfin. Penelitian menunjukkan bahwa olahraga efektif membantu mengurangi nyeri haid dan bahkan bisa mengurangi atau menghilangkan kebutuhan akan obat pereda nyeri. 

Aktivitas ringan seperti berjalan bisa bermanfaat selama menstruasi sebagai ganti aktivitas berat. Yoga juga merupakan olahraga ringan yang bisa melepaskan endorfin dan membantu mencegah atau mengurangi gejala menstruasi.

Menjaga Kesehatan Kehamilan Sehari-Hari

Menjaga kesehatan kehamilan sudah tentu harus dilakukan oleh setiap ibu hamil. Kesehatan kehamilan memang sangatlah penting sehingga harus diperhatikan. Sebab hal ini berpengaruh secara...
Guithay thay
1 min read