5 Tempat Wisata Menarik di Istanbul

1 min read

Istanbul adalah kota yang unik yang letaknya diantara 2 benua yaitu Asia dan Eropa. Kota ini didirikan pada tahun 660 sebelum Masehi dengan nama Byzantion atau Byzantium oleh orang-orang Yunani. Lokasi kota ini sangat strategis sehingga menjadi rebutan banyak bangsa mulai dari Yunani, Romawi, dan Turki yang secara bergantian menguasai kota ini.

Pada zaman modern, Istanbul adalah kota terbesar di Turki sekaligus di Eropa. Sebagai kota terbesar di Eropa, Istanbul menjadi salah satu daya tarik wisata di negara Turki dengan berbagai bangunan indah dan bersejarah. Mulai dari istana, museum, masjid, dan basilika dari zaman Yunani hingga masa Utsmani menjadi daya tarik wisatawan untuk ke Istanbul.

Berikut adalah beberapa bangunan bersejarah di Istanbul yang banyak mendapatkan kunjungan dari wisatawan mancanegara:

Blue Mosque atau Masjid Sultan Ahmed

Dalam bahasa Turki, masjid ini bernama Sultan Ahmed Camii yang terletak di kota Istanbul. Masjid ini dibangun mulai tahun 1609 hingga 1616 oleh Sedefkar Mehmed Aga atas perintah Sultan Ahmed I. Beberapa waktu setelahnya, masjid ini mendapat julukan Blue Mosque karena interiornya didominasi warna biru yang indah. Saat ini, interior Blue Mosque yang didominasi warna biru sudah dihilangkan untuk mengembalikan bentuk asli masjid ini.

Istana Topkapi

Topkapi merupakan istana yang menjadi pusat pemerintahan dan administrasi kesultanan Utsmaniyah pada abad ke 15 dan 16. Konstruksi istana dibuat berdasarkan perintah Sultan Muhammad Al-Fatih untuk menggantikan istana lama pada tahun 1459. Arsitektur dari istana Topkapi menggabungkan gaya baroque dengan gaya ottoman yang menonjolkan seni Islami. Saat ini istana yang berlokasi di distrik Fatih kota Istanbul ini dibuka untuk umum sebagai museum dengan jumlah rata-rata kunjungan sekitar 2,5 juta orang per tahun.

Aya Sofya atau Hagia Sophia

Museum Aya Sofya merupakan bekas masjid kesultanan Utsmani yang sebelumnya berfungsi sebagai katedral. Aya Sofya atau Hagia Sophia pertama kali dibangun sebagai katedral kekaisaran Romawi pada tahun 537 yang kemudian beralih fungsi menjadi masjid. Saat ini Aya Sofya difungsikan sebagai museum sejak tahun 1935 dan menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan. Tercatat setiap tahunnya lebih dari 3 juta orang dari berbagai negara mengunjungi museum Aya Sofia.

Istana Dolmabahce

Dolmabahce merupakan istana kesultanan yang dibangun untuk menggantikan istana Topkapi pada masa Sultan Abdul Majid I. Pembangunannya dimulai sejak tahun 1834 dan selesai pada tahun 1856 dengan gaya arsitektur Eropa (baroque, rococo, dan neoklasik). Saat ini, istana yang berada di tepi selat Bosphorus ini menjadi salah satu museum yang ramai dikunjungi oleh berbagai wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Pengunjung bisa datang dan masuk di istana Dolmabahce setiap hari kecuali hari Senin dari pukul 9 pagi hingga 4 sore.

Grand Bazaar

Kapalicarsi atau Grand Bazaar adalah salah satu bazar terbesar dan tertua di dunia yang berada di kota Istanbul. Ada lebih dari 4000 toko yang menjual berbagai barang dan menempati area seluas 30.700 meter persegi. Pasar besar ini memiliki 11 pintu masuk yang setiap harinya mampu menarik 250.000 hingga 400.000 pengunjung. Para pedagang di Grand Bazaar menjual berbagai kerajinan tangan khas Turki dan berbagai barang khas Turki lainnya.

Selain tempat-tempat tersebut, masih banyak tempat menarik yang menjadi tujuan wisatawan di kota Istanbul, Turki. Sebut saja Masjid Suleymaniye, Basilika Cistern, Hippodrome, hingga menara Galata. Tempat-tempat tersebut banyak direkomendasikan oleh berbagai agen wisata dalam paket wisata Eropa yang mereka tawarkan.

Lebih Dekat Dengan Masjid Jami Sultan Syarif Abdurrahman Pontianak

Masjid Jami Sultan Syarif Abdurrahman Pontianak merupakan masjid tertua di Pontianak di Kalimantan Barat. Masjid ini dibangun pada tahun 1771 saat Sultan Syarif Abdurrahman...
Guithay thay
1 min read