6 Cara Menjernihkan Minyak Goreng Bekas (Terbukti Jernih)

1 min read

Apakah Anda pernah menjernihkan minyak goreng bekas? Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas tuntas tentang Cara Menjernihkan Minyak Goreng Bekas. Minyak goreng merupakan salah satu bahan masakan yang harus ada di rak penyimpanan. Tanpa itu, kami tidak bisa menggoreng berbagai makanan. Namun, minyak goreng sering kali menjadi keruh dan kotor setelah digunakan, bukan?

Banyak orang memutuskan untuk membuang minyaknya, padahal sebenarnya bisa digunakan 1-2 kali lebih banyak. Agar minyak goreng Anda kembali bening dan tidak berbau, berikut beberapa tips ampuh yang bisa Anda terapkan. Penasaran dengan cara menjernihkan minyak goreng bekas? Yuk simak cara-cara berikut ini hingga selesai.

Baca Juga : Jangan Salah Pilih, Kenali Macam Macam Olive Oil dan Manfaatnya

6 Cara Menjernihkan Minyak Goreng Bekas

 Cara Menjernihkan Minyak Goreng Bekas

1. Mendiamkan semalaman

Cara termudah untuk menjernihkan minyak goreng bekas adalah dengan mendiamkannya semalaman. Teknik ini biasanya digunakan pada minyak bekas setelah menggoreng bahan yang kaya akan tepung.

Setelah digunakan, biarkan sisa minyak di dalam wadah semalaman. Biarkan hingga sisa tepung mengendap sepenuhnya. Nah, minyak diatas pasti akan bening dan bisa anda gunakan kembali. Pastikan itu tidak terguncang lagi, ya!

2. Gunakan segenggam nasi | Cara Menjernihkan Minyak Goreng Bekas

 Cara Menjernihkan Minyak Goreng Bekas

Jika ingin lebih bersih dan jernih, Anda bisa memanfaatkan nasi putih. Caranya gampang banget, tapi tetap harus hati-hati.

Setelah selesai menggoreng, diamkan minyaknya sebentar hingga tidak terlalu panas. Selanjutnya, ambil segenggam nasi dan kepalkan erat-erat.

Setelah itu segera masukkan ke dalam minyak, bolak-balik dan tekan beras hingga semua kotoran dan remah-remah menempel pada nasi. Minyak goreng Anda dijamin bening kembali.

3. Kentang juga bisa menjernihkan minyak, lho

 Cara Menjernihkan Minyak Goreng Bekas

Selain nasi putih, Anda juga bisa menggunakan kentang. Pengaplikasiannya tidak jauh beda dengan nasi, kupas dulu kentangnya. Potong kentang menjadi bagian yang sama, lalu tambahkan ke dalam minyak panas.

Aduk kentang secara menyeluruh sesekali sampai kotoran dan remah-remah dari masakan tertinggal di kentang. Pastikan kentang tidak gosong, agar warna minyak tetap bening dan tidak berbau.

4. Saring dengan kulit pisang | Cara Menjernihkan Minyak Goreng Bekas

Tahukah kamu, jika ternyata kulit pisang juga bisa menjernihkan minyak goreng bekas? Caranya, kulit pisang yang telah dipotong-potong hingga halus dan lembut.

Selanjutnya, letakkan kulit pisang di atas saringan dan letakkan wadah di bawahnya. Tuang minyak goreng ke dalam saringan dan biarkan minyak turun ke dalam wadahnya sendiri. Kulit pisang akan memisahkan kotoran dari minyak, sehingga bisa bersih kembali.

Baca Juga : Jangan Salah Pilih, Kenali Macam Macam Olive Oil dan Manfaatnya

5. Beri arang yang sudah dihaluskan

Arang juga bisa menjadi solusi tepat untuk menjernihkan minyak goreng bekas. Sifat arang yang menyerap kotoran dan residu akan sangat efektif. Caranya mudah, cukup giling arang dengan cara ditumbuk. Pastikan tidak ada yang menggumpal dan berbentuk bubuk.

Siapkan minyak goreng bekas dalam wadah dan taruh dua genggam bubuk arang di dalamnya. Aduk hingga benar-benar rata dan tunggu sebentar. Jika terlihat bersih dan bening, saring oli dengan saksama.

6. Serai untuk menghilangkan bau tak sedap

Minyak goreng bekas  tidak hanya terlihat keruh, tetapi juga mengeluarkan bau yang tidak sedap. Agar baunya kembali normal, gunakan serai. Caranya adalah dengan menghancurkan dua batang serai, lalu memasukkannya ke dalam minyak bekas.

Sebelumnya, panaskan kembali minyaknya, tapi tidak perlu sampai mendidih. Biarkan serai dalam minyak selama dua jam. Keluarkan serai jika sudah jadi, dijamin bau minyak gorengnya hilang!

Itulah beberapa cara dan tips menjernihkan minyak goreng bekas dengan cara yang praktis. Daripada dibuang begitu saja, lebih baik dicoba dulu dengan cara di atas. Semoga berhasil!

Baca Juga : Terbukti, 9 Macam Minyak Goreng Untuk Diet Sehat dan Aman

Sewa Videotron Indoor

Sekarang ini, perubahan tehnologi semakin mengalami perkembangan, hingga sekarang Anda dan seluruh orang di penjuru dunia mana saja sudah dimanjakan oleh alat yang bernama...
Guithay thay
1 min read