8 Langkah Scan Foto Jadi PDF dengan Android Bagi Pemula

1 min read

8 Cara Scan Foto Jadi PDF Dengan Android Sebagai Dokumen Penting Bagi Anda. Banyak dokumen penting yang bisa diamankan secara digital. Dokumen tersebut bisa disimpan atau di backup ke dalam file PDF. Mengapa Anda penting melakukan hal tersebut dan bagaimana caranya? Simak penjelasannya, yuk!

Anda memiliki salinan semua dokumen meskipun dalam bentuk digital. Hal itu sangat penting sekali. Dokumen-dokumen penting seperti, KTP, KK, NPWP, tugas-tugas kampus, file kantor, dan lain sebagainya.

Seandainya di antara dokumen-dokumen tersebut ada yang hilang maka Anda dengan mudah untuk menge-print-nya kembali. Dengab begitu, proses pembuatannya menjadi lebih mudah, bukan?

Tambah lagi, semua dokumen tersebut dapat Anda gunakan untuk melamar kerja melaui e-mail. Anda tinggal melampirkan dokumen-dokumen itu dalam bentuk PDF. Namun sebaiknya anda sudah tau cara edit pdf agar terlihat rapih saat sudah di scan.

Aplikasi yang dapat Anda pakai untuk membuat file PDF yaitu dengan menggunakan Google Drive. Sebab aplikasi ini dilengkapi fitur pemindai dokumen fisik dan menyimpannya menjadi PDF.

Berikut ini adalah tutorialnya:

  1. Pertama buka aplikasi Google Drive. Biasanya aplikasi ini sudah terinstall secara default. Namun jika belum ada Anda dapat meng-install-nya dulu.
  2. Klik tanda + di pojok kanan bagian bawah aplikasi.
  3. Selanjutnya untuk scan foto jadi PDF, akan tampak beberapa pilihan, lalu klik Pindai.
  4. Kemudian simpan dokumen atau lembaran tugas yang ingin Anda pindai di permukaan yang datar. Lalu bidikan kamera Google Drive pada objek tersebut dan klik tombol Shutter.
  5. Google Drive akan otomatis memotong dokumen atau lembaran tugas itu sehingga hanya menampilkan objeknya saja. Anda juga dapat mengeditnya lagi dengan memilih tombol sesuaikan yang ada di atas.
  6. Kemudian Google Drive akan menampilkan foto sepenuhnya. Selanjutnya, letakan bagian pemotong sesuai ukuran dokumen, lalu pilih tombol Centang.
  7. Setelah itu, muncul preview dari dokumen yang sudah Anda sesuaikan tadi. Selanjutnya, pilih lagi Centang.
  8. Google Drive akan menyimpan file PDF Anda secara otomatis seperti contoh dalam gambar di bawah ini.

Kehadiran Google Drive sangat banyak membantu Anda dalam menyimpan berbagai dokumen. Sekarang Anda dapat membuat cara scan foto jadi PDF dengan android.

Cara Tepat Memilih Sepatu Lari

Ingin membeli sepatu lari yang nyaman dipakai dan awet tapi anda sendiri masih bingung dengan kebutuhan anda. Jangan bingung ikuti tips berikut agar anda...
Guithay thay
2 min read

Cara Membuka Pdf yang Dikunci Melalui Beberapa Situs

Cara Membuka Pdf yang Dikunci Melalui Beberapa Situs – Jika Anda telah mengunci file Pdf, dan kemudian Anda lupa passwordnya, maka Anda tidak perlu...
Guithay thay
1 min read