7 Alasan Penting Mengapa Harus Kursus Data Science

2 min read

kursus data science

Mengikuti kursus data science adalah salah satu langkah terbaik yang bisa kamu ambil kalau ingin bekerja di bidang ini.

Apalagi, popularitas data science berkembang dengan cepat, dan semakin banyak perusahaan yang serius menjadikan analisis data sebagai fondasi pengambilan kebijakan strategis.  

Data dari Indeed.com menunjukkan bahwa lowongan pekerjaan untuk data scientist meningkat 75% selama periode tiga tahun terakhir.

kursus data science
kursus data science

7 Alasan Mengapa Harus Kursus Data Science

Kalau kamu serius ingin mengejar karier di bidang data science, sangat penting untuk mendapatkan pelatihan yang tepat. Selain dapat ilmu dan praktiknya, di situ kamu juga akan memperoleh sertifikat kompetensi yang bisa jadi modal melamar pekerjaan.

Kalau masih butuh alasan lain buat meyakinkan, berikut adalah 7 alasan mengapa harus kursus data science!

1. Mempermudah jenjang karier

Mendapatkan sertifikasi data science adalah langkah penting yang harus diambil kalau mau masuk ke bidang pekerjaan ini.

Bahkan jika kamu sudah berpengalaman sekali pun, sertifikasi profesional dari kursus data science level lanjut masih dapat membantumu. Kamu bisa tampil menonjol di antara para pesaing, dan bahkan meningkatkan potensi penghasilan.

Penelitian dari Business Wire menunjukkan bahwa para profesional biasanya memperoleh kenaikan gaji mulai dari 20% hingga 40% setelah mendapatkan sertifikasi.

2. Kurikulum jelas dan terstruktur

Beberapa orang memutuskan untuk meningkatkan keterampilan data science mereka hanya dengan menonton video online gratis atau membaca blog dan tips dari situs web.

Meskipun informasi ini dapat berasal dari sumber yang berreputasi putasi baik, materi gratis ini tidak menawarkan pendekatan pembelajaran yang terstruktur. Hal ini terkadang bikin bingung, terutama untuk level pemula.

Kursus data science yang terstruktur memberi pendekatan yang lebih baik untuk menguasai ilmu data dengan cara yang logis dan terorganisir. Karena data science tergolong rumit, maka kehadiran kurikulum yang terstruktur sangatlah penting.

3. Materi yang up to date terhadap tren

Kursus data science tidak sekaku kurikulum di perguruan tinggi. Alhasil, dengan mendaftar di kursus ini, materi yang disampaikan biasanya akan mengikuti dengan perkembangan tren.

Biasanya lebih efisien untuk mendaftar di kursus data science di lembaga terakreditasi sehingga kamu dapat meningkatkan pengalaman belajar yang berkualitas.

4. Mempermudah untuk pamer keahlian

Saat melamar pekerjaan baru, pemberi kerja mempertimbangkan berbagai faktor saat mengevaluasi pengalaman di CV.

Pengalaman langsung melalui sertifikasi kursus yang diakui dapat menunjukkan kepada calon pemberi kerja bahwa kamu ahli di bidang ini dan berkualifikasi.

5. Dapat menunjukkan level dedikasi dan komitmen

Perusahaan akan menyadari bahwa mendaftar kursus untuk mendapatkan sertifikat kompetensi bukanlah pekerjaan mudah dan butuh pengorbanan. Karena artinya kamu harus membagi waktu dan tenagamu yang sudah padat dengan les tambahan demi belajar hal baru.

Dengan membuat keputusan untuk mengikuti kursus, ini menunjukkan kepada calon pemberi kerja betapa serius dan bersemangatnya dirimu dalam mempelajari data science. Dengan kata lain, kamu punya dedikasi yang tinggi.

6. Belajar tools data science dengan lebih mudah

Data science masih terus berkembang, dan data scientist selalu menggunakan tools dan inovasi terbaru untuk membuat pekerjaan mereka lebih efisien.

Tanpa mendaftar di kursus data science, mungkin sulit untuk mempelajari semua tools populer yang digunakan saat ini. Padahal, kemampuan mengoperasikan tools merupakan keterampilan penting bagi ilmuwan data mana pun.

Perusahaan yang satu sangat mungkin menggunakan alat yang berbeda dari perusahaan lainnya. Jadi jika kamu terbiasa hanya menggunakan tool tertentu, penting untuk memperluas wawasanmu ke tools lainnya.

7. Kesempatan bertemu dengan ahli dan kenalan baru di bidang data science

Banyak kursus data science yang langsung mengundang para pakar dari industri untuk mengisi materi.

Selain itu, peserta kursus juga memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan data scientist profesional dan membebaskan mereka dalam bertanya. Ini memberimu kesempatan untuk berjejaring dengan para ahli dan rekan-rekan di industri data scientist.

Siap ikut kursus data science?

Kalau kamu mau tampil menonjol dibanding para pelamar kerja yang lain, mengikuti kursus kompetensi data science adalah langkah yang tepat.

Namun, jangan asal memilih tempat kursus. Cari lembaga yang memang kredibel dan punya materi ajar berkualitas sehingga nantinya sertifikatmu diakui. Untuk itu, kamu bisa mencoba Kelas Data Science dari Bitlabs.

Selamat belajar!

Terus Belajar tuk Tingkatkan kemampuan Berpikir

Pepatah lama mengatakan bahwa pikiran itu layaknya pisau. Makin diasah, makin tajamlah ia. Hal ini boleh jadi ada benarnya. Terlihat dari para pemikir besar...
Guithay thay
1 min read