Apa itu fakultas , jurusan dan prodi ?

1 min read

Apakah sobat miwww sudah duduk di kelas 12 SMA dan berniat melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi? Jika ya, tidak tersedia salahnya jadi mempelajari istilah-istilah khas dunia perkuliahan sehingga makin lama paham. Ini andaikata perihal apa itu fakultas, jurusan, serta program studi atau prodi.

Yuk, liat hingga selesai!

Pengertian Fakultas

Dilansir dari jurnal universitas unsura , Istilah fakultas sebenarnya merupakan serapan berasal dari Bahasa Belanda, yaitu faculteit. Ini maknanya anggota administratif dalam perguruan tinggi atau universitas yang menaungi lebih dari satu bidang studi/jurusan. Dalam satu Universitas umumnya terkandung lebih dari satu fakultas.

Pimpinan tertinggi fakultas adalah dekan yang dipilih melalui rapat senat fakultas. Setelah diangkat, yang bersangkutan jadi penanggung jawab beraneka aktivitas akademik terhadap lingkungan fakultas.

Dalam menggerakkan kewenangannya, seorang dekan didampingi oleh 3 orang wakil atau pembantu dekan (PD). Nah, inilah misal macam-macam fakultas dan jurusannya:

1. Fakultas Kedokteran

Persaingan untuk dapat diterima di FK melalui SPMB setiap tahun sangat ketat karena tergolong fakultas favorit. Jurusan untuk program S1 (sarjana) umumnya hanya jurusan Pendidikan Kedokteran. Sementara untuk mengambil gelar spesialis, Pinters harus melanjutkan studi ke jenjang S2 sampai S3.

2. Fakultas Sastra

Selain disebut Fakultas Sastra, ada pula perguruan tinggi yang memberi istilah Fakultas Ilmu Budaya atau Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya. Di sini selain menekuni Sastra Indonesia, Pinters juga dapat memperdalam sastra asing, ini misalnya:

  • Sastra Jepang
  • Sastra Belanda
  • Sastra Jerman
  • Sastra Inggris
  • Sastra Arab
  • Ilmu Sejarah

3. Fakultas Ekonomi

Jurusan yang ditawarkan di Fakultas Ekonomi biasanya adalah jurusan Ilmu Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi.

4. Fakultas Teknik

Selain Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik juga cukup populer sebagai favorit calon mahasiswa di Tanah Air. Beberapa jurusan yang dapat kamu pilih, adalah:

  1. Teknik Informatika
  2. Teknik Sipil
  3. Teknik Fisika
  4. Teknik Lingkungan
  5. Teknik Kelautan
  6. Teknik Mesin
  7. Teknik Elektro

 

Selain contoh fakultas tersebut, masih banyak lagi macam fakultas yang terdapat di universitas, misalnya: Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Pertanian, Fakultas Hukum, dan sebagainya.

 

Pengertian Jurusan

Dari informasi diatas tentu Pinters udah tahu perbedaan fakultas dan universitas. Nah, saat ini mengenai jurusan, apa sebetulnya artinya? Jurusan adalah anggota fakultas, yaitu fokus bidang belajar yang ditekuni mahasiswa.

Dalam satu fakultas kebanyakan terkandung lebih dari sebuah jurusan dan antara jurusan satu bersama lainnya mempunyai mata kuliah yang berbeda-beda. Ini jika terhadap Fakultas Sastra yang membawahi jurusan Sastra Indonesia dan Sastra Inggris.

Mata kuliah yang di sediakan terhadap jurusan Sastra Indonesia tentu tidak serupa bersama jurusan Bahasa Inggris walau berada terhadap fakultas yang sama.

Yang dimaksud disini tentunya mata kuliah keilmuan dan keterampilan, bukan mata kuliah wajib seperti Agama, Pancasila, Kewarganegaraan, dan KKN.

Profil singkat Rektor Universitas Suryakencana

PROF DWIJA Dilahirkan di Blora, pada tanggal 7 Oktober 1959, dari Ayahanda yang bernama H. Soekandi Danoeatmadja Almarhum ( Pensiunan Administratur Perum Perhutani)  dan...
Guithay thay
1 min read

Fakta Seputar Asrama Mahasiswa IPB (Institut Pertanian Bogor)

Mau tau apa saja fakta seputar asrama di salah satu kampus dengan universitas dengan jurusan hukum terbaik , IPB ? . Berikut beberapa fakta...
Guithay thay
2 min read

Apa itu Noun modifier ? Ini penjelasan

Noun modifier akan melengkapi pokok bahasan kita kali ini dalam memahami bentuk-bentuk kata benda dalam bahasa Inggris. Pemahaman yang telah kalian miliki sebelumnya mengenai kata...
Guithay thay
3 min read