Apar 5 kg dan Cara penggunaannya

1 min read

Alat Pemadam Api Ringan (APAR) alias fire extinguisher sangat penting untuk mengatasi kondisi darurat karena kebakaran. Alat ini dapat digunakan untuk memadamkan api yang masih kecil maupun untuk mencegah agar api tidak semakin membesar sambil menunggu petugas pemadam kebakaran datang. Fire extinguisher memiliki tampilan yang mencolok, umumnya berupa tabung berselang dengan warna merah.

Sebagai alat pemadam api, tabung fire extinguisher atau APAR diisi dengan zat tertentu yang dapat mencegah masuknya lebih banyak oksigen dalam sistem pembakaran. Alhasil, api akan mati dan tidak bisa membesar karena kekurangan oksigen untuk melakukan proses pembakaran. Tabung APAR memiliki kapasitas yang bervariasi, salah satunya adalah APAR 5 kg.

Cara Tepat Menggunakan APAR

Tabung APAR atau fire extinguisher biasanya dilengkapi dengan tekanan tinggi sehingga isi yang ada di dalamnya dapat dikeluarkan dengan mudah menggunakan selang. Walau tampaknya sederhana, tabung APAR memiliki beberapa bagian yang perlu diketahui. Dengan begitu, Anda dapat menggunakan APAR dengan tepat.

Beberapa bagian APAR termasuk APAR 5 kg antara lain tabung, valve, handle, hose, pressure, nozzle, bracket atau hanger, sabuk tabung, dan pin pengaman.

Mengingat jenis bahan pemadam api yang digunakan bervariasi, tabung APAR yang berfungsi sebagai wadah bahan pemadam api pun dibuat dengan menggunakan baja berkualitas tinggi yang tahan terhadap tekanan yang terukur dan bahan kimia. Tabung APAR dibuat seamless tanpa adanya las sehingga risiko kebocoran tabung amat minim. Sama seperti tabung, bagian APAR lainnya juga tidak kalah penting dan memiliki fungsinya masing-masing.

Tabung APAR memiliki desain yang sederhana sehingga cara penggunaannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu melepaskan pin pengaman yang berfungsi untuk mengunci tuas APAR. Caranya adalah dengan menarik atau melepas pin tersebut. Jika sudah, Anda dapat mengarahkan selang APAR ke pusat api yang ingin dipadamkan. Keluarkan isi APAR termasuk harga APAR 5 kg jakarta dengan cara menekan tuas yang ada. Sapukan isi APAR secara merata dengan menggerakkan selang hingga api padam.