Bahan Pembuatan Pelet Ikan Mas Dengan Benar

bahan pembuatan pelet

Apa kabar? Ingin memiliki ikan mas yang besar-besar dan berkualitas. Ganti pakan ikan mas Anda menggunakan pelet ikan mas yang dalam proses pembuatannya menggunakkan mesin pelet . Tapi jangan khawatir kita bisa membuat sendiri di rumah tapi kualitas jangan ragukan. Yuk simak bahan pembuatan pelet ikan mas.

Sementara itu, Sebelum ke cara pembuatan pelet ikan mas, untuk menambah wawasan tentang pengertian ikan mas lebih rinci lagi, dari penasaran simak penjelasannya berikut ini.

 

Pengertian Ikan Mas

Ikan mas merupakan salah satu ikan yang sangat populer dan juga banyak disukai banyak masyarakat, ikan mas ini termasuk kedalam famili ikan nilai atau disebut cruypinidae. Ikan mas ini pertama kali berasal dari Asia Tenggara yang menyebar luas di berbagai daerah terutama Indonesia.

Ikan mas ini memiliki warna yang sangat beragam dan juga bervariasi dari warna merah, mulai, oranye, dan bahkan abu-abu kehitaman serta kombinasi. Selain itu, memiliki warna yang sangat bervariasi Ikan mas ini memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang sangat tinggi sehingga tidak banyak yang menyukai ikan dan juga dikenal banyak masyarakat.

 

Apa Itu Pelet?

bahan pembuatan pelet ikan mas

Pelet merupakan makanan buatan yang digunakan untuk membantu menambah nutrisi agar ikan dapat berkembang secara maksimal. Harga pelet yang semakin lama semakin mahal, membuat beberapa orang memutuskan untuk membuatnya sendiri sehingga dapat menekan biaya pembelian pelet.

Dalam pembuatannya, pelet harus memiliki kandungan protein, lemak, dan serat yang seimbang dan sesuai dengan perkembangan ikan. Pada ikan berusia 1—3 bulan membutuhkan protein 35—50%, sedangkan ikan berusia 4 bulan ke atas memerlukan protein sekitar 25—30%.

 

Cara Dan Bahan Pembuatan Pelet Ikan Mas

Syarat pelet buatan adalah mengandung nilai gizi tinggi, mudah diolah dan tidak racun, harga terjangkau, mudah diperoleh, bukan merupakan makanan pokok manusia, serta butirannya halus atau dapat dihaluskan. Bahan yang dapat digunakan adalah sebagai berikut.

Bahan-Bahan :

  • Dedak
  • Kong masI
  • Ikan asin BS super
  • daun pepaya
  • Vitamin
  • Konsentrat
  • Ragi tempe

Cara Membuat Pelet Ikan Mas :

  1. Yang pertama dedak, keong sawah, vitamin, dan konsentrat dicampur menjadi satu dan aduk merata, kemudian tambahkan ragi tempe sebanyak 3 sendok makan atau sekira 125 gr. Selanjutnya, aduk kembali hingga merata.
  2. Selanjutnya tutup rapat adonan tersebut dan diamkan semalaman agar proses fermentasi dapat berlangsung dengan baik.
  3. Kemudian setiap harinya, adonan fermentasi tersebut dicampur ikan asin dan daun pepaya yang telah digiling sebelumnya. Lalu aduk rata
  4. Setelah itu, cetak adonan dengan menggunakan mesin pelet.
  5. Selanjutnya pelet tersebut kemudian dijemur hingga kering dengan menggunakan wadah lebar di bawah sinar matahari.
  6. Kemudian pelet yang telah kering ditempatkan di kantong plastik kedap udara dan disimpan di dalam ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik.

 

Keunggulan Pelet Ikan

Kelebihan yang dimiliki oleh pakan buatan dibandingkan dengan pakan alami, antara lain adalah Kelebihan pakan buatan adalah mengurangi kemungkinan penularan penyakit (dibandingkan dengan makanan alami).

Pakan alam adalah organisme yang hidup tentunya dapat terserang penyakit pada media hidupnya. Penyakit yang menyerang pakan alami dapat berpindah pada ikan yang kita budidayakan, setelah pakan alami dimakan oleh ikan. Sementara itu, untuk membuat pelet ikan kita memerlukan mesin pelet , agar lebih mudah dan cepat.

Pengelolaan kualitas, kuantitas dan kontinuitas pakan buatan jauh lebih mudah dibandingkan dengan pakan alami. pakan buatan tidak memerlukan pemeliharaan, pelet buatan yang diproduksi oleh pabrik dapat dibeli sehingga pekerjaan pembudidayaan lebih ringan, waktu yang dibutuhkan lebih sedikit dan tenaga kerja.

Pakan Merupakan Faktor Yang Sangat Menentukan Keberhasilan Budidaya Ikan, Antara Lain Karena:

  1. Ketersediaan pakan yang mencukupi secara kualitas dan kuantitas akan berpengaruh terhadap keberhasilan ikan dalam sistem produksi, berupa ikan yang sehat, tumbuh optimal dan berkualitas tinggi.
  2. Pakan merupakan faktor penting karena mewakili 40-75% dari biaya produksi dalam budidaya ikan.
  3. Pakan yang berkualitas baik merupakan faktor penting penentu keberhasilan budidaya ikan secara intensif seperti dalam sistem KJA. Salah satu cara untuk menekan biaya pakan sekaligus dapat meningkatkan keuntungan adalah dengan penggunaan pakan secara efisien baik dalam pemilihan jenis, jumlah, jadwal dan cara pemberian pakan yang sesuai dengan kebutuhan dan kebiasaan ikan.

 

Kandungan Pelet Ikan

Terdapat tiga kandungan nutrisi dalam pakan ikan yaitu protein, karbohidrat, dan lemak. Untuk menentukan kombinasi bahan baku pakan ikan buatan yang mengandung ketiga nutrisi tersebut diperlukan suatu metode yang tepat.

Related posts