Beberapa keterampilan SEO teknis untuk mendapatkan peringkat tinggi di Google

2 min read

Optimisasi mesin pencari (SEO) adalah komponen kunci dari visibilitas merek. Menimbang bahwa 3 dari 4 pengguna internet hanya menggunakan halaman awal hasil yang muncul saat melakukan pencarian di internet, Anda memerlukan keterampilan SEO teknis. Menyadari beberapa keterampilan SEO teratas ini akan membantu Anda menempati halaman pertama yang didambakan.

 search engine optimization

Buat sitemap untuk membantu Google Anda

Untuk memastikan bahwa orang dapat menemukan konten berharga Anda, Anda harus membuatnya cukup mudah bagi mereka untuk menemukannya. Bagaimana? Buat sitemap – file di situs web Anda yang memungkinkan mesin pencari seperti Google tahu tentang perubahan apa pun yang Anda lakukan pada situs web Anda.

Buat elemen navigasi untuk pengguna

Selain memiliki sitemap yang bermanfaat, memiliki elemen navigasi juga bermanfaat. Sementara peta situs menunjukkan bagaimana situs web diatur dan di mana setiap halaman hidup, elemen navigasi membantu pengguna untuk mencapai setiap halaman dan menggunakan konten. Ini melibatkan penautan ke berbagai halaman di dalam situs web sehingga pengguna memiliki banyak cara untuk mengaksesnya.

Saat Anda menggunakan JavaScript untuk membuat halaman web, pastikan untuk menggunakan tag HTML, yang mendefinisikan hyperlink yang digunakan untuk menghubungkan halaman satu sama lain.

Sembunyikan halaman peringkat rendah

Meskipun penting untuk memberi tahu Google halaman mana yang harus ditemukan, sama pentingnya untuk mengidentifikasi halaman mana yang tidak ingin Anda temukan. Misalnya, jika Anda memiliki halaman web tertentu – seperti halaman arahan untuk kampanye PPC – yang penting bagi situs web Anda, tetapi sebagian besar pengguna tidak akan merasa berguna, halaman tersebut akan mendapat peringkat rendah dalam hasil pencarian dan mempengaruhi keaslian keseluruhan situs Anda. Karena itu, Anda harus melakukan apa yang Anda bisa untuk “menyembunyikan” halaman-halaman itu. Dalam upaya membantu pengembang web dengan tugas ini, Google telah membuat generator robots.txt yang dapat Anda tempatkan di direktori root situs web Anda.

Penting untuk dicatat, bahwa Google secara teknis masih dapat mengindeks halaman yang diblokir oleh robots.txt. Oleh karena itu, setiap halaman yang memiliki konten sensitif harus disembunyikan menggunakan metode yang lebih aman, seperti menggunakan tag tanpa indeks meta robots.

Gunakan tag dengan benar

Setiap halaman web harus memiliki judul serta tag <title> yang menginformasikan pengguna dan Google tentang topik dari setiap halaman. Ini juga harus memberi tahu Google bagaimana setiap halaman berbeda, sehingga mereka harus memiliki judul halaman yang unik namun akurat.

Halaman Anda juga akan memerlukan tag meta deskripsi yang masuk ke sedikit lebih detail tentang apa yang disediakan setiap halaman daripada tag judul. Itu bisa sesingkat kalimat atau sepanjang paragraf, asalkan akurat dan asli. Tag <title> dan tag <description> harus ditempatkan di elemen <head> dari dokumen HTML.

Penting juga untuk menggunakan tag heading. Memberi tag pada judul penting – dan sebagai hasilnya, menjadikan teks itu lebih besar – membuat pengguna dan Google tahu, “Hai, teks ini penting untuk membantu Anda menemukan informasi yang Anda cari.” Selain itu, menggunakan berbagai ukuran heading / subpos dapat menjadi lebih efektif dalam membantu pembaca menavigasi konten Anda. Mulailah dengan membuat garis besar dan kemudian memilih bagian mana yang dapat berfungsi sebagai pos dan subpos yang efektif.

Memanfaatkan data terstruktur

Cara yang lebih bermanfaat untuk merinci konten Anda untuk Google adalah dengan menggunakan data terstruktur, yaitu kode yang dapat ditambahkan ke halaman situs web untuk menggambarkannya. Jika Google memahami apa yang ada di halaman, berkat data terstruktur, Google dapat menampilkan konten halaman Anda dengan cara yang tidak hanya berguna tetapi juga menarik bagi pengunjung. Bagaimana? Ini mengambil salah satu halaman Anda untuk “cuplikan fitur” untuk pencarian tertentu atau pencarian menggunakan apa yang secara teknis disebut “hasil kaya.” Contoh hasil yang kaya dapat menjadi lokasi toko Anda (jika Anda memilikinya), jam Anda, apa yang Anda sedang menjual atau layanan yang Anda berikan.

Setelah Anda menambahkan kode data terstruktur ke konten Anda, merupakan ide bagus untuk mengujinya menggunakan Tes Hasil Google Rich. Anda dapat menggunakan tes dengan menyalin dan menempelkan kode HTML dengan markup data terstruktur, atau masukkan pencari sumber daya seragam (URL) konten.

Setelah Anda menandai halaman Anda, pekerjaan Anda tidak pernah berakhir. Penting untuk secara berkala check-in dan melacak kinerja mereka. Dengan menggunakan salah satu laporan hasil kaya di Google Search Console, Anda bisa mendapatkan wawasan tentang berapa kali halaman Anda muncul dalam hasil pencarian, berapa banyak pengguna mengkliknya dan berapa banyak kesalahan yang terdeteksi, jika ada.