Beda Gula Aren dan Gula Merah Mirip Namun Tak Sama

1 min read

Beda Gula Aren dan Gula Merah

Gula Aren dan Gula Merah

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas beda gula aren dan gula merah yang mirip namun tak sama. Simak pembahasannya di bawah ini!

Baca juga: cara membuat ayam mentega saus tiram

Beda Gula Aren dan Gula Merah Mirip Namun Tak Sama

  1. Warna gula merah lebih kemerahan sedangkan gula aren berwarna lebih pekat dan gelap

Perbedaan pertama yang sangat mencolok dapat dilihat dari bagian warnanya. Gula aren memiliki warna yang cenderung lebih gelap pekat dibandingkan dengan gula merah (biasa disebut gula jawa) yang berwarna lebih kemerahan.

2. Rasa hingga tekstur gula merah lebih keras dibanding gula aren yang mudah dihancurkan

Perbedaan selanjutnya adalah soal rasa dan juga tekstur antara keduanya, gula aren memiliki tekstur yang lebih empuk sehingga dapat membuat gula aren akan lebih mudah untuk dihaluskan daripada gula merah yang memiliki tekstur yang keras, perbedaan ini dapat kita ketahui ketika sedang memegang sisi permukaan sisi keduanya.

Selanjutnya perihal rasa, gula merah memiliki rasa yang tidak terlalu manis serta aroma jauh di bawah gula aren yang aromanya lebih pekat dan kuat. Sedangkan gula aren memiliki rasa dan aroma yang lebih spesial dan unik dibandingkan gula jawa. Aroma nira yang kuat jadi ciri khas gula aren.

3. Bahan dasar serta cara pembuatan gula merah dan gula aren hampir serupa

Gula aren adalah gula yang dibuat dari nira pohon atau enau atau biasa disebut aren asli. Dalam proses pembuatannya, gula aren biasa dicetak menggunakan batok kelapa dengan bentuk pipih dan bundar, biasanya gula ini juga mendapatkan penambahan bahan lainnya seperti gula pasir.

Sedangkan gula merah dibuat dengan berbahan dasar nira pohon kelapa yang merupakan cairan manis yang berasal dari proses penyadapan batang tanaman pada tumbuhan jenis palem seperti, kurma, aren, sagu dan kelapa. Nira tersebut akan diolah dengan cara direbus hingga berbentuk karamel yang pada nantinya dibentuk hingga menyerupai silinder dan berbentuk seperti batok kelapa.

 

Manfat gula aren dan gula merah

  1. Mencegah penyakit kanker

Manfaat gula aren bisa mencegah berbagai jenis penyakit kanker. Hal ini dikarenakan gula aren memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi sehingga mampu menangkal berbagai radikal bebas penyebab penyakit kanker.

2. Mengatasi masalah anemia

Selain vitamin C, gula aren juga mengandung zat besi yang cukup banyak. Zat besi di dalam gula aren memiliki manfaat untuk meningkatkan produksi sel darah merah sehingga masalah anemia bisa diatasi.

3. Mencegah kerusakan kulit

Kandungan antioksidan di dalam gula aren tidak hanya berfungsi untuk mencegah penyakit kanker saja melainkan juga baik untuk kesehatan kulit. Melalui kandungan antioksidan, manfaat gula aren bisa mencegah kerusakan kulit.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Pengonsumsian gula aren ternyata juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini tidaklah terlepas karena kandungan antioksidan yang cukup tinggi di dalam gula aren. Jadi, Anda juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mengonsumsi gula aren atau melalui makanan yang mengandung gula merah ini.

5. Menjaga kadar kolesterol tetap normal

Ada satu manfaat gula aren yang baik untuk kesehatan jantung. Manfaat gula aren tersebut yaitu bisa menjaga kadar kolesterol tetap normal. Ini dikarenakan adanya kandungan niasin atau vitamin B3 yang cukup banyak di dalam gula aren.

Itulah penjelasan tentang beda gula aren dan gula merah, semoga penjelasan yang saya sampaikan dapat diterima dengan baik. Sekian dan terimakasih.

 

Agency Digital Jakarta Selatan

Yang sedang popular sementara ini ialah marketing online yanag banyak dilirik oleh para pelaku usaha maupun merk besar.Menariknya memanfaatkan Agency Digital Jakarta sendiri adalah,...
Guithay thay
1 min read

Langkah Menonton Film di Telegram secara Gratis dan Tanpa…

Aktivitas melihat film sekarang ini bukan hanya dapat dicicipi di bioskop atau tayangan tv saja. Karena zaman telah makin hebat beberapa program kekinian sediakan...
Guithay thay
3 min read

Intel Core i9-12900K, Di-claim Sebagai Processor Gaming Terbaik di…

Intel Core i9-12900K, Di-claim Sebagai Processor Gaming Terbaik di Dunia Berapa luar biasa Intel Core i9-12900K ini? Intel sah memperkenalkan keluarga processor Intel Core...
Guithay thay
4 min read