5+ Cara Belajar Digital Marketing yang Nyaman dan Bikin Betah!

2 min read

Ingin tahu cara belajar digital marketing yang nggak ribet? Selamat, kamu datang di artikel yang tepat!

Dengan semakin masifnya perkembangan internet, kebutuhan digital marketing kian tak terelakkan.

Banyak perusahaan yang sudah memprioritaskan promosi daring sebagai strategi marketing bisnisnya. Karena itu pula, tak mengherankan kalau pekerjaan di bidang ini pun masih akan terus dicari dan dibutuhkan.

kelas digital marketing
kelas digital marketing

Cara belajar digital marketing

Belajar digital marketing itu kombinasi antara memahami aspek “ilmu”-nya, sekaligus mendalami praktiknya. Guna mengasah keduanya, kamu bisa menggunakan sumber-sumber berikut untuk memulainya.

Baca buku digital marketing

Membaca buku akan terus relevan, baik sebelum maupun setelah internet hadir. Dengan buku, kamu bisa memperoleh pemahaman komprehensif, bahkan panduan praktiknya sekaligus (meskipun terbatas), tanpa harus mengikuti kelas digital marketing.

Untuk memulainya, kamu bisa membeli buku digital marketing yang di dalamnya memuat pembahasan digital marketing secara general. Berikutnya, kamu juga dapat membeli berbagai buku tentang topik digital marketing seperti SEO, pemasaran media sosial, WordPress, dan banyak lagi. Sesuaikan dengan kebutuhan prioritas dan budget.

Tonton video di YouTube

YouTube selain bisa dimanfaatkan sebagai media hiburan, ia juga merupakan perpustakaan video terlengkap dan terbesar di dunia saat ini. Carilah berbagai video tentang digital marketing di situ. Buanyak banget!  

Jika kamu benar-benar serius mempelajari digital marketing, maka YouTube adalah tempatnya. Di YouTube, kamu akan menemukan begitu banyak saluran yang memang berfokus pada digital marketing.

Yakinlah, kalau kamu mengikuti saluran tersebut dan menonton video-videonya selama satu atau dua bulan, itu sudah lebih dari cukup untuk mengetahui semuanya.

Jadi, langsung saja buka YouTube dan ketik “digital marketing” di kotak pencarian. Dalam hitungan detik, kamu akan menemukan ribuan video berkualitas tinggi yang berasal dari berbagai negara.

Baca blog digital marketing

Salah satu cara klasik untuk belajar (tidak harus tentang digital marketing) secara gratis adalah dengan membaca blog yang jumlahnya jutaan. Tinggal pilih!

Membaca blog tidak hanya akan membantumu dalam mempelajari digital marketing, tetapi juga akan terus update tentang kejadian terbaru di dunia pemasaran online.

Yang perlu diingat, kamu tidak perlu membaca semua blog atau postingan tentang digital marketing. Pilih saja sesuai dengan topik yang memang sedang ingin dieksplorasi.

Lakukan kegiatan ini secara rutin agar menjadi kebiasaan. Hal ini akan membuatmu punya mindset untuk terus belajar dan update dengan perkembangan industri.

Dengarkan podcast digital marketing

Podcast dua tahun belakangan benar-benar naik daun di Indonesia. Namun tidak cuma di Indonesia, trend podcast ternyata juga sedang menggeliat di berbagai penjuru bumi. Podcast dengan topik semacam pembelajaran, motivasi, serta pengembangan diri punya pendengar yang jumlahnya sangat banyak di seluruh dunia.

Makanya, kalau kamu ingin beneran belajar digital marketing, coba mulai dengarkan berbagai podcast yang berfokus pada pembahasan marketing. Ada banyak platform yang bisa kamu akses, misalnya Podbean, Apple Podcast, maupun Spotify.

Nggak ada alasan “Ah ribet”, sebab kamu cukup unduh aplikasi dan cari podcast digital marketing yang sesuai. Semua bisa dilakukan dalam beberapa kali pencet.

Bergabunglah di grup/forum online

Jika dimanfaatkan dengan benar, maka grup/forum bisa jadi tempat belajar yang sangat baik.  

Misalnya kamu bergabung di grup digital marketing di Facebook. Bisa dipastikan, anggotanya memang orang-orang yang berminat maupun yang sudah berkecimpung di bidang itu. Dengan ekosistem yang konstruktif, grup ini dapat menjadi sumber yang bagus untuk pembelajaran dan pengembangan skills.

Selain memperoleh berbagai ilmu yang dibagikan secara gratis baik melalui tulisan maupun multimedia, kamu pun bisa melakukan komunikasi dua arah dan real-time di situ. Kurang apa coba?

Mendaftar di kursus digital marketing berbayar

Selain cara-cara di atas, kamu juga bisa belajar digital marketing dengan mengikuti kursus digital marketing berbayar.

Kalau kamu cari di mesin pencarian, akan langsung keluar tuh banyak lembaga yang menawarkan kursus digital marketing. Mau yang gratis? Ada. Yang berbayar pun tersedia.

Nah, yang berbayar ini biasanya menambahkan benefit eksklusif bagi para pesertanya. Seperti Kelas Digital Marketing yang disediakan oleh Bitlabs.

Kursus digital marketing berbayar akan memberimu pengetahuan praktis sekaligus membantumu dalam proses perekrutan. Di akhir kursus, kamu akan mendapatkan berbagai sertifikat digital marketing yang juga bisa jadi nilai plus-mu.

Selamat belajar!