Bingung Pilih Jurusan Kuliah di Politeknik? Lakukanlah Hal Ini

pmb politeknik

PMB Politeknik sekarang sudah membuka pendaftaran untuk mahasiswa baru di tahun ajaran baru, dan pasti di antara kalian ada yang tertarik untuk masuk ke politeknik. Namun, mungkin anda memiliki banyak keraguan tentang menentukan jurusan di Politeknik. Tapi tenang saja, ada beberapa tips untuk membantu anda yang masih bingung dalam menentukan jurusan di Politeknik.

Tips Agar Tidak Bingung dan Tidak Salah dalam Memilih Jurusan di Politeknik

  1. Ketahui Hal-hal yang Lebih Diminati

Pastikan anda tahu bahwa jurusan tersebut adalah jurusan dengan bidang dan materi yang anda minati. Semisal jika anda menyukai bidang kesehatan, maka anda memilih ke jurusan keperawatan. Namun, jika anda memiliki minat di bidang permesinan, anda bisa memilih jurusan Teknik mesin.

  1. Tentukan Cita-cita dan Tujuan Hidup

Tidak sedikit dari para calon mahasiswa baru yang masih bingung dengan cita-cita dan tujuan hidup, hal ini juga yang menjadi salah satu faktor sulitnya memilih jurusan untuk berkuliah. Dengan begitu, sebaiknya anda mulai mencari dan menentukan cita-cita untuk masa depan. Anda bisa menyangkutkan cita-cita dengan bidang yang anda minati dan kuasai.

  1. Lihat Prospek Kerja

Memilih jurusan berarti juga memilih pekerjaaan di masa depan, anda sebaiknya melihat jurusan apa yang peluang kerjanya besar, serta prospek kerja yang jelas. Seperti contoh prospek kerja dari jurusan Keperawatan adalah bekerja sebagai perawat di rumah sakit, atau jurusan seni yang nantinya akan bekerja sebagai pelaku seni.

  1. Lihat Akreditasi Jurusan

Di Politeknik, meskipun secara kampus memang memiliki akreditasi yang sangat memuaskan, namun tidak dengan semua jurusan yang ada di Politeknik tersebut. Dengan begitu, cari tahu terlebih dahulu melalui situs politeknik yang resmi mengenai akreditasi yang dimiliki oleh jurusan-jurusan yang ada di Politeknik tersebut. Akreditasi penting untuk mempermudah lajur hidup anda baik selama perkuliahan atau ketika mulai berada di dunia kerja.

Itulah 4 tips agar tidak bingung dan tidak salah dalam memilih jurusan di politeknik, atau anda bisa melihat informasi PMB Politeknik dan seputar jurusan yang cocok untuk anda di https://www.poliwangi.ac.id/.

Related posts