Budidaya Umbi Porang Tanpa Modal yang Mudah dan Simpel

Budidaya Umbi Porang

Hallo semua,gimana kabar kalian?semoga sehat selalu ya.Pada  kesempatan kali ini saya akan membahas tentang budidaya umbi porang tanpa modal yang mudah.

Budidaya Umbi Porang

Umbi adalah organ tumbuhan yang mengalami perubahan ukuran dan bentuk (“pembengkakan”) akibat perubahan fungsi. Perubahan ini juga menyebabkan perubahan anatomi. Organ penyusun umbi terutama batang, akar atau modifikasinya. Hanya beberapa kelompok tumbuhan yang membentuk umbi dengan melibatkan daun.

Umbi biasanya terbentuk tepat di bawah permukaan tanah, meskipun dapat juga terbentuk jauh di dalam atau di atas permukaan.

Manfaat Umbi

1. Pencegah Stres

Kandungan magnesium dalam umbi bisa menjadikan tubuh kamu rileks. Karena zat ini masuk dalam kategori mineral pencegah stres. Selain itu, magnesium juga sangat penting untuk otot, tulang, dan jantung.

2. Kaya Akan Vitamin D

Vitamin jenis ini sangat penting dalam menjaga sistem daya tahan tubuh. Selain itu, vitamin D mempunyai peranan penting dalam meningkatkan energi dan mood. Di sisi lain, vitamin ini membantu pertumbuhan tulang dan menjaga kesehatan gigi.

3. Mengandung Zat Besi

Kandungan ini sangat bagus untuk produksi sel darah merah dan juga sel darah putih. Selain itu, zat besi juga membantu metabolisme protein dalam tubuh.

4. Sumber Vitamin C

Fungsi dari vitamin C membantu tubuh kamu untuk menangkal virus. Selain itu, vitamin ini juga memainkan peranan penting dalam menyembuhkan luka dan sumber zat kolagen yang berfungsi untuk menjaga kulit tetap awet muda.

5. Kandungan Karoten

Warna dari umbi juga menunjukkan bahwa sumber pangan ini mengandung karoten. Zat ini berfungsi untuk mencegah kanker paru-paru berdasarkan riset dari Universitas Harvard. Selain itu, kandungan karotin pada umbi juga bisa mencegah wanita dari serangan kanker payudara.

6. Kaya Akan Serat

Tingginya serat pada umbi sangat bagus untuk pencernaan kamu. Selain itu, serat juga bisa mencegah usus kamu mengalami peradangan. Serat menjauhkan risiko terkena batu empedu, batu ginjang, dan iritasi pada usus.

7. Vitamin B6

Manfaat vitamin B6 adalah untuk membantu sistem tubuh berjalan dengan lancar. Zat ini juga sangat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, otot, dan fungsi saraf. Selain itu, vitamin B6 dibutuhkan untuk perkembangan otak yang mendorong hormon serotonin dan nerpinefrin. Kedua hormon tersebut sangat berkaitan dengan suasana hati seseorang.

Efek Samping Umbi

1. Gangguan Pencernaan

Ubi jalar mengandung sejenis gula alkohol yang disebut manitol. Bagi sebagian orang yang memiliki sistem pencernaan yang sensitif atau intoleransi terhadap makanan yang mengandung manitol, makanan tersebut dapat menyebabkan gangguan pencernaan setiap kali mereka makan ubi jalar. Misalnya sakit perut, kram perut, kentut, diare atau sembelit.

2. Karotenoderma

Kandungan beta-karoten yang merupakan bentuk awal dari vitamin A ternyata bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan berfungsinya organ-organ penting seperti jantung, paru-paru dan ginjal. Namun, makan ubi jalar terlalu banyak dapat menyebabkan perubahan warna kulit menjadi jingga atau kekuningan. Kondisi ini tidak mempengaruhi kesehatan, hanya penampilan orang yang terkena.

3. Batu Ginjal

Ubi jalar mengandung asam oksalat dan kalsium yang tinggi, sehingga tubuh Anda tidak dapat memecahnya jika Anda mengonsumsinya terlalu banyak. Akibatnya, nutrisi tambahan ini dapat menumpuk dan menyebabkan batu ginjal terbentuk.

Oleh karena itu, penderita kondisi medis disarankan untuk membatasi konsumsi ubi jalar. Namun, Anda dapat mengurangi risiko terkena batu ginjal dengan minum banyak cairan saat makan. Metode ini mencegah asam oksalat dan kalsium bergabung menjadi kristal sebelum diproses oleh ginjal

4. Peningkatan Kadar Kalium dalam Darah

Kandungan potasium yang tinggi pada ubi jalar justru dapat menyebabkan interaksi obat pada pengguna beta blocker karena meningkatkan kadar potasium darah. Obat ini biasanya diresepkan untuk orang dengan kondisi jantung.

Budidaya Umbi Porang

Porang adalah tumbuhan berumbi dengan nama latin Amorphophallus muelleri. Di beberapa daerah di Jawa tanaman ini dikenal dengan nama iles-iles. Porang biasanya diolah menjadi tepung, yang digunakan sebagai bahan baku industri kosmetik, pengental, lem, mie ramen, dan campuran makanan. Pertanian, digunakan sebagai tanaman pertanian, porang memiliki keunggulan karena mampu beradaptasi dengan berbagai jenis tanah dan ketinggian mulai dari 0 hingga 700 meter di atas permukaan laut.

Tanaman ini juga relatif mampu bertahan hidup di tanah kering. Umbi juga tersedia sementara tanaman membutuhkan perawatan minimal. Kelebihan lainnya: Porang dapat ditanam dengan tanaman penutup tanah karena tahan naungan hingga 60 persen. Bibit biasanya digunakan dari potongan umbi batang atau umbi yang sudah memiliki titik tumbuh, atau umbi kodok (bubil) yang ditanam langsung. Petani Namun, tanaman ini tidak dapat menghasilkan umbi yang baik sampai berumur lebih dari satu tahun, sehingga waktu panen cukup lama.

Budidaya Umbi Porang

1. Siapkan Benih Katak

Kemudian siapkan bibit katak. Saat menanam, atur jarak antar porang menjadi 60 sentimeter. Jarak tanam bertujuan untuk mendapatkan umbi yang besar dan bobot yang baik. “Saya belajar (mulai) tahun 2010. Saat ini saya sedang menanam umbi-umbian dan benih katak dengan menggali lubang-lubang kecil tanpa menggemburkan tanah. Hasilnya tidak banyak dan umbinya kecil-kecil dan tidak berat,” kata Agustinus. “Kemudian saya menggunakan metode berbeda untuk membuat terasering di lahan miring di atas bukit. Hasilnya memuaskan dan batang pohon porang menjadi tempat melimpahnya benih kodok,” tambah Agustinus.

2. Proses Pemupukan

Agustinus menjelaskan proses pemupukan, biarkan saja saat benih sudah tumbuh. Saat memasuki pemupukan, siram dengan pupuk organik dari daun kering. Penanaman porang harus dilakukan di lahan terbuka. Tidak ada semak belukar, karena akar pohon sangat mengganggu perkembangan umbi. Porang akan tetap tumbuh, tetapi umbinya tidak akan tumbuh karena terhimpit oleh akar kayu.

Misalnya ada pohon kemiri dan di bawahnya ada tanaman porang. Porang terus tumbuh, tetapi umbinya kecil. Akan lebih baik jika pohon kenari tua bercahaya itu ditebang. Sedangkan pohon kenari bercahaya yang busuk digunakan sebagai pupuk alami.

Tanah yang subur dan sehat tanpa bahan kimia melalui pemupukan kimia memberikan hasil bagi perkembangan umbi. “Ada kalanya musim kemarau tiba, batang pohon porang mengering dan mati, tetapi umbi-umbian yang masih di dalam tanah tidak mati. Saat musim hujan tiba, umbinya akan tumbuh lagi,” jelasnya. Untuk tanaman porang, gunakan pupuk organik atau pupuk kimia jenis NPK atau TSP. Sebagai aturan, tanaman ini tidak membutuhkan pupuk anorganik untuk berkembang secara optimal. Tanaman porang biasanya mulai berkembang setelah lima bulan. Setelah itu, tanaman mulai menguning dan mati dengan sendirinya.

3. Membersihkan Gulma

Porang biasanya ditanam pada awal musim hujan karena sangat rentan terhadap gulma. Oleh karena itu, lakukan pembersihan atau penyiangan secara teratur. Gunakan alat seperti sekop dan cangkul untuk menghilangkan gulma. Tumpuk sisa gulma yang sudah dibersihkan di dalam tanah agar bisa digunakan sebagai pupuk tanaman.

4. Penjarangan

Kita perlu menipis ketika terlalu banyak batang tanaman yang tumbuh di dalam lubang. Hal ini dapat mengakibatkan umbi porang tidak berkembang secara optimal dan ukurannya menjadi terlalu kecil.

5. Panen

Kita bisa memanen porang lebih cepat jika kita menanam langsung dari umbinya, yang hanya terjadi dalam tujuh bulan. Sedangkan penanaman dengan bagian katak membutuhkan waktu lebih lama, berkisar antara 18 hingga 24 bulan setelahnya. Pemanenan dapat dilakukan dengan menggali umbi. Jika ingin mendapatkan keuntungan lebih, proses panen sebaiknya dilakukan pada musim kemarau. Biasanya pada saat inilah harga porang lebih mahal.

Jika anda ingin mengolah atau memproses porang anda bisa mesin porang,yang bisa anda dapatkan di rumah mesin.Sekian dari saya selamat mencoba terimakasih.

 

Related posts