Cara Bikin Jagung Bakar Lezat dan Nikmat

Hai teman-teman semuanya! Pada ksempatan kali ini saya akan membagikan resep cara bikin jagung bakar yang dijamin enak dan cocok untuk dinikmati ketika merayakan pergantian tahun nanti.

Mau tahu resepnya? Makanya yuk simak terus ya, akan tetapi sebelum ke topik pembahasan kita kali ini yuk simak terlebih dahulu yang berikut ini.

Kandungan nutrisi jagung 

Si kuning yang memiliki rasa yang manis gurih ini tentu saja mengandung berbagai macam nutrisi yang baik untuk tubuh kita. 

Di dalam 100 gram jagung mentah terdapat sekitar 80-100 kalori dan mengandung berbagai macam nutrisi, seperti serat, protein, karbohidrat kompleks, berbagai macam mineram seperti kalium, fosofor, zat besi, zinc, magneisum, tembaga, dan folat. 

Bukan hanya itu saja di dalam jagung juga terkandung berbagai macam vitamin seperti vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin C, serta mengandung antioksidan yang meliputi asam folat, zeaxanthin, dan juga lutein. 

Dikarenakan jagung memiliki banyak sekali nutrisi, tentunya si kuning ini juga memiliki manfaat yang bisa kita peroleh dengan mengonsumsinya. Nah berikut ini adalah beberapa manfaat dari jagung bagi kesehatan tubuh kita : 

1. Melancarkan saluran pencernaan 

Manfaat yang pertama ini yakni bahwa jagung bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan kita. Kandungan serat pada jagung akan dicerna lebih lama dan juga bisa membuat saluran pencernaan lebih aktif. Dikarenakan jagung mengandung serat, maka bisa dikonsumsi untuk membantu meringankan dan juga mencegah sembelit. 

2. Menyehatkan mata 

Jagung mengandung antioksidan seperi zeaxanthin dan juga lutein. Jenis antioksidan yang satu ini memanglah sudah dikenal baik untuk menjaga kesehatan mata kita. Beberapa hasil studi menunjukkan bahwa dengan rutin mengonsumsi jagung bisa mengurangi risiko terkena gangguan mata terkait engan penuaan seperti degenerasi makula dan katarak. 

3. Meningkatkan kepadatan tulang 

Selain bisa menyehatkan mata kita, jagung juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang kita, terutama bagi anda yang sulit untuk mencerna susu atau memiliki alergi pada susu atau yang bisa kita sebut sebagai intoleransi laktosa. 

Hal ini dikarenakana, dalam satu porsi jagung yaitu sekitar 100 gram terkandung kurang lebih 90 mg fosfor. Jumlah ini sudah setara dengan 10% kebutuhan harian fosfor untuk orang dewasa. Fosfor sendiri merupakan salah satu nutrisi yang berfungsi untuk meningkatkan kepadatan dan juga kekuatan tulang serta gigi. 

4. Mencegah depresi 

Manfaat yang selanjutnya datang dari kandungan magneisum yang ada pada jagung yang bisa menjaga kesehatan dan juga fungsi otak sekaligus menjaga suasana hati. Jika kadar magneisum dalam tubuh rendah maka disebutkan akan bisa meningkatkan risiko terkena depresi. 

Oleh karena itulah, mengonsumsi jagung secara rutin bisa meningkatkan kadar magneisum dalam tubuh kita untuk mencegah dan mengurangi risiko terkenda depresi. 

5. Mengendalikan tekanan darah 

Kandungan mineral yang terdapat pada jagung seperti kalium dan magnesium serta kandungan antioksidan pada jgung juga baik untuk membantu mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Oleh sebab ituah, dengan mengonsumsi jagung secara rutin bisa memberikan manfaat mencegah penyakit darah tinggi. 

Namun perlu diingat juga, anda tidak boleh menambahkan garam yang berlebihan pada jagung, karena jika asupan garam kita terlalu banyak justru akan meningkatkan tekanan darah. 

6. Menangkal radikal bebas 

Manfaat yang selanjutnya datang dari kandngan antioksidan dan juga vitamin C pada jagung yang baik untuk menjaga agar tubuh tetap sehat terhindar dari radikal bebas. Antioksidan memanglah sudah diketahui baik untuk menangkal radikal bebas yang bisa meningkatkan risiko terkena berbagai penyakit dan juga penuaan dini. 

Resep Cara Bikin Jagung Bakar

1. Resep jagung bakar pedas manis

cara bikin jagung bakar

Bahan-bahan :

  • 6 buah jagung manis, kupas kulitnya
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 sendok makan saus sambal
  • 50 gram saus tomat
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 50 gram margarin, lelehkan

Cara membuat :

  1. Langkah yang pertama kupas dan cuci sampai bersih jagung yang sudah disediakan.
  2. Kemudian siapkan bahan untuk olesannya.
  3. Masukkan bawang putih, saus sambal, saus tomat, gula pasir, dan juga margarin. Lalu aduk semua bahan olesan sampai benar-benar rata.
  4. Jika sudah siapkan terlebih dahulu, jika apinya sudah jadi olesi terlebih dahulu jagung dengan margarin dan bakar.
  5. Jika dirasa sudah sedikit matang oleskan bumbu oles yang sudah disiapkan sambil terus diobalik-balik agar jagung mata dengan merata dan tidak gosong.
  6. Tunggu sampai matang, jika sudah angkat dan sisihkan.
  7. Dan jagung bakar bumbu pedas manis pun siap untuk dimakan.

2. Resep Cara Bikin Jagung Bakar Mexico

cara bikin jagung bakar

Bahan-bahan :

  • 4 buah jagung, kupas dan bersihkan
  • 1 sdm minyak goreng atau 2 sdm unsalted butter
  • 2 sdm mayonnaise
  • 4 sdm sour cream atau greek yogurt atau mexican cream
  • 2 buah jeruk nipis, potong-potong
  • 1/4 cup (60 gr) cotija cheese atau parmesan cheese (atau boleh keju apa saja), parut
  • 1 sdt cabai bubuk

Cara membuat :

  1. Langkah yang pertama kupas dan cuci bersih jagung sampai benar-benar bersih.
  2. Kemudian olesi jagung dengan minyak atau juga abisa diganti dengan butter ataupun mentega dan di bakar sampai matang atau juga bisa dipanggang di dalam oven dengan suhu 180 derajat celcius selama 45-60 menit tergantung ukuran jagung yang anda gunakan.
  3. Sembari menunggu jagung matang, siapkan mangkuk dan campurkana mayonaise serta sour cream atau greek yogurt dan aduk sampai rata lalu sisihkan.
  4. Setelah jagung matang keluarkan dari oven, selagi masih hangat olesi jagung dengan campuran mayonaise tadi sampai rata.
  5. Dan kemudian gulingkan ke parutan keju dan beri atasnya dengan jeruk nipis serta taburann cabai bubuk.
  6. Dan jagung bakar ala mexico pun siap untuk disantap.

3. Resep Cara Bikin Jagung Bakar Keju

cara bikin jagung bakar

Bahan-bahan :

  • 6 sdm mentega
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sdm cabai bubuk
  • 3 buah jagung
  • Keju parut secukupnya

Cara membuat :

  1. Langkah pertama siapkan semua bahan dan kupas cuci bersih jagung.
  2. Lalu buatlah bahan olesannya dengan mencampurkan mentega, bawang putih, dan juga cabai bubuk di dalam wadah yang sudah disediakan.
  3. Siapakan alat panggangannya, disini saya menggunakan teflon.
  4. Kalau alat panggangannya sudah panas bakar jagung sampi diolesi bahan olesan dan dibolak-balik sampai jagung matang merata dan jangan sampai gosong.
  5. Jika jagung sudah matang angkat dan sisihkan.
  6. Kemudian beri taburan keju diatasnya.
  7. Dan jagung bakar pun siap untuk dinikmati.

Selain bisa diolah menjadi jagung bakar, jagung juga bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan lain seperti pudding bahkan juga bisa dijadikan pakan ternak. Nah ini mungkin bisa menjadi solusi nih bagi anda yang memiliki hewan ternak yaitu mesin giling jagung yang bisa anda dapatkan produknya di Rumah Mesin yang dijamin kualitas serta mutunya terjamin.

Bagaimana? Mudah bukan?

Nah itu tadi pembahasan kita pada artikel kali ini yaitu resep cara bikin jagung bakar yang bisa anda ikuti resepnya dengan mudah di rumahnya masing-masing. Diatas juga sudah saya paparkan sedikit informasi mengenai kandungan nutrisi jagung beserta manfaatnya.

Semoga artikel ini bisa menambah kreativitas dan juga wawasan anda, resep tadi tentunya juga bisa dijadikan ide jualan kok. Terimakasih sudah membaca artikel ini.

 

Related posts