Cara Bikin Kerupuk Seblak Bantet Kriuk Dan Lezat

2 min read

Mau menyantap Kerupuk Seblak Bantat tapi malas ke luar rumah? Kenapa tak buat sendiri sajian ini di rumah. Resep sajian Kerupuk Seblak Bantat kali ini yaitu sajian yang akan bisa anda buat di rumah dengan gampang, kali ini saya akan membagikan tips cara bikin kerupuk seblak bantet.

Penasaran dengan bahan dan cara pembuatannya? yuk simak ulasan di bawah ini

Cara Bikin Kerupuk Seblak Bantet Kriuk Dan Lezat

Bahan-Bahan:

  • 1/2 kg untuk kerupuk.
  • 1 kg untuk Minyak Goreng.
  • Secukupnya  Kencur.
  • Secukupnya untuk Cabai Bubuk.
  • Secukupnya untuk Bawang putih kupas menggunakan mesin pengupas bawang
  • Secukupnya untuk Daun jeruk.
  • Secukupnya untuk penyedap rasa (aku pakai royco sapi).

Cara Membuat Kerupuk Seblak Bantet:

  1. Rendam Kerupuk dengan minyak goreng selama 3 jam, fungsinya agar kerupuk Bantat / Tidak terlalu mengembang, setelah itu nyalakan kompor dengan api sedang masak kerupuk jangan terlalu lama supaya kerupuk tidak mengembang lalu angkat dan tiriskan. Kemudian masukkan ke dalam toples.
  2. Iris Tipis Bawang Putih, Kencur, Daun Jeruk. Kemudian goreng dengan api kecil..
  3. Kemudian masukkan ke dalam plastik bening, dan tumbuk dengan ulekan. Jika sudah halus, tuangkan ke wadah semua bumbu yg sudah di goreng dan di haluskan, lalu campur bubuk cabai dan royco , aduk sampai merata..
  4. Campurkan bumbu tadi, ke kerupuk yg sudah di goreng, ratakan dan tes rasa.
Baca Juga: cara membuat bumbu seblak kering 

Seblak Kering

seblak kering

Makanan yang satu ini berasal dari Bandung. Seblak pada dasarnya berbahan dasar kerupuk. Yang kemudian direndam dengan air panas supaya jadi lembek. Kemudian dibumbui dengan kencur. Cara memasak seblak juga kini tak hanya direbus, tapi ada yang dibuat jadi kering. Berbeda dari basah, seblak kering terasa begitu kriuk dan renyah seperti kerupuk pada umumnya.

Cara membuat seblak kering tentunya juga berbeda dari seblak basah pada umumnya. Seblak kering digoreng langsung di wajan, langsung dengan bumbunya. Kamu bisa menyesuaikan level pedas sesuai selera, mau pedas atau sedang saja. Jika kamu pecinta pedas, makanan ini patut sekali untuk kamu coba buat di rumah. Sebagai cemilan saat kamu nonton tv maupun ketika sedang beraktivitas lainnya.

Mengkonsumsi makanan ini juga memberikan manfaat untuk mencegah beberapa penyakit, Untuk anda yang ingin mengetahui apa saja manfaat dan khasiat seblak ini, berikut inilah manfaatnya.

Manfaat Seblak

1.Mencegah kanker

Kanker merupakan penyakit yang menjadi salah satu penyebab utama kematian. Untuk mencegah kanker dapat dilakukan dengan cara rutin mengkonsumsi seblak ini. Kandungan yang ada di dalamnya berguna untuk memperlambat penyebaran sel kanker ke dalam tubuh. Maka dari itu, mulailah untuk mengkonsumsi makanan ini.

2.Menurunkan tekanan darah

Seblak juga sangat baik dikonsumsi bagi penderita darah tinggi. Hal ini dikarenakan kandungan yang ada di dalamnya mampu menurunkan tekanan darah sehingga aman dikonsumsi bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi.

3.Mengurangi stres

Stres disebabkan karena banyaknya pikiran disertai dengan rasa cemas yang terus mengganggu. Untuk mengurangi stres sebaiknya anda mulai mengkonsumsi makanan ini. Hal ini dikarenakan rasa dan aroma yang ada pada seblak mampu mengurangi tingkat stres pada diri anda sehingga suasana hati anda akan lebih terkendali.

4.Menjaga kesehatan jantung

khasiat seblak yang pertama dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Kandungan yang ada dalam makanan ini terbukti mampu menjaga kondisi jantung. Dengan rutin mengkonsumsi makanan ini maka organ jantung anda akan sehat dan terlindungi dari gangguan penyakit.

5.Menurunkan berat badan

Manfaat lainnya mengkonsumsi seblak juga dapat membantu menurunkan berat badan. Kandungan yang ada di dalamnya akan berguna untuk membakar kalori lebih cepat sehingga anda tidak akan kelebihan lemak dan berat badan anda akan tetap ideal. Oleh karena itu, makanan ini sangat cocok dikonsumsi bagi anda yang ingin menurunkan berat badan.

Itu dia artikel dari saya tentang cara bikin kerupuk seblak bantet, semoga bermanfaat untuk anda dan membantu anda yang ingin membuat sendiri di rumah. Dan selamat mencobaa.