Cara Bikin Roti Sobek Lembut yang Sederhana dan Mudah

cara bikin roti sobek lembut

Roti sobek merupakan salah satu menu yang bisa dijadikan camilan bersama keluarga. Roti ini memiliki tekstur yang empuk serta lembut dan rasa yang manis. Nah, kali ini saya akan membagikan resep cara bikin roti sobek lembut.

Sejarah Roti

Roti merupakan salah satu makanan yang sering kita jumpai. Makanan yang mengandung karbohidrat sering digunakan sebagai pengganti sarapan. Seperti yang Anda ketahui, apakah Anda tahu sejarah pembuatan roti?

Roti dikatakan pertama kali ditemukan di kota Mesir Mesopotamia. Kota ini telah menjadikan roti ini sebagai makanan tertua dalam sejarah. Awalnya, roti dibuat hanya dengan mencampur tepung dan air dan dipanggang hingga mengembang. Saat itu, roti menjadi makanan bangsawan. Anda juga bisa melihat kelas kasta langsung dari roti ini. Semakin putih warnanya, semakin tinggi kastanya. Tepung putih pada waktu itu jarang ditemukan.

Pertama kali dibuat di Mesir

Awalnya dibuat di Mesir, roti sekarang berkembang dan bahkan menjadi salah satu makanan yang paling sering dikonsumsi di berbagai belahan dunia. Roti meluas ke daratan Asia karena pedagang India sering membawa persediaan roti selama perjalanan mereka.

Perkembangan roti di Eropa, sebaliknya, dipicu oleh orang-orang Yunani yang membuat roti dengan teknik yang mirip dengan Mesir. Saat ini, roti berkembang pesat. Selain praktis, kandungan karbohidrat pada roti juga bisa mengisi kembali energi.

Roti tidak lagi berasa dan kini banyak tersedia dalam berbagai rasa seperti strawberry, coklat, keju dan surikaya. Tidak hanya rasanya yang berbeda, bentuknya juga berubah dari bulat, persegi, lonjong hingga memanjang.

Roti yang dikembangkan di banyak negara juga telah berhasil melahirkan berbagai jenis roti khas seperti Roti canai (India), tortilla (Meksiko) dan Bakpo (Cina).

Cara Bikin Roti Sobek Lembut yang Sederhana dan Mudah

Resep Roti Sobek Super Lembut

Bahan :

  • 500 gram tepung terigu
  • 2 sendok makan ragi instan
  • 4 kuning telur
  • 80 gram gula pasir
  • 150 ml susu cair dingin
  • 70 gram mentega
  • sejumput garam

Cara membuat :

  1. Ayak tepung dan campur dengan gula, ragi dan kuning telur. Kemudian aduk hingga rata dan tuang susu sedikit demi sedikit.
  2. Jika adonan sudah kalis, campur mentega dan sedikit garam lalu aduk kembali hingga rata. Biarkan selama 5 menit.
  3. Adonan yang membengkak diperas untuk mengeluarkan udara di dalamnya, dan adonan digulung dan diapungkan dengan bebas.
  4. Saat adonan mengembang, bulatkan adonan. Untuk roti sobek, tambahkan cokelat batangan cincang dan keju dan bagian atasnya. Gulung adonan sesukamu.
  5. Setelah adonan mengapung, panggang roti sobek pada suhu 150° selama 25 menit (tergantung oven masing-masing). Setelah roti sobek matang, sajikan untuk keluarga Anda dan nikmati dengan teh hangat.

Resep Roti Sobek Tanpa Telur

Bahan :

  • 250 gram tepung terigu
  • 30 gram gula pasir
  • 120ml-135ml air (bisa ditambah jika kurang)
  • 1 sendok teh Fermifan
  • Margarin 30 gram
  • 1/4 sendok teh garam

Cara membuat:

  1. Pertama, campur tepung, gula dan air, lalu aduk hingga rata. Biarkan adonan beristirahat setidaknya selama 2 jam, mungkin lebih.
  2. Campur ragi dengan satu sendok makan air dan aduk sampai membentuk pasta.
  3. Kemudian tambahkan ke dalam campuran tepung dan aduk hingga rata. Tambahkan margarin dan garam, aduk rata dan aduk hingga elastis. Diamkan selama 30 menit atau hingga ukuran adonan menjadi dua kali lipat.
  4. Adonan bisa dikempiskan dan dibagi menjadi beberapa bagian, atau bisa sesuka hati. Tip: Anda dapat menimbang per 35 gram. Kemudian gulung dan letakkan di atas piring yang sudah dilapisi margarin.
  5. Kemudian diamkan adonan selama kurang lebih satu jam hingga mengembang. Jika sudah mengembang, adonan siap untuk dipanggang.
  6. Panaskan oven dengan api besar. Jika oven panas, panggang adonan dengan api sedang selama kurang lebih 15-20 menit. Sekarang Anda bisa makan roti sobek tanpa telur bersama keluarga!

Resep Roti Sobek Coklat

Bahan :

  • 500 gram tepung terigu protein tinggi
  • 80 gram gula pasir (bisa ditambah jika ingin lebih manis, tergantung selera)
  • 3 sendok teh ragi
  • 260 ml susu cair
  • 2 butir telur
  • 80 gram mentega
  • sejumput garam
  • Meses
  • Bubuk vanila 500mg

Cara membuat :

  1. Pertama, campur tepung, gula, telur dan ragi. Kemudian campurkan susu cair hingga setengah kalis. Jika sudah setengah halus, tambahkan sedikit mentega dan garam.
  2. Uleni hingga elastis. Jika sudah elastis, tutup adonan dengan serbet bersih.
  3. Diamkan selama 45 menit sampai 1 jam Setelah adonan muncul, timbang adonan sesuai selera (tip: 35gr), bentuk adonan menjadi bulat. Kemudian pipihkan dan isi roti jika suka.
  4. Pakai meses untuk menutupnya kembali sehingga berbentuk lingkaran dan memasukkannya ke dalam kaleng.
  5. Setelah semua adonan terbentuk, olesi dengan susu cair dan diamkan selama 30 menit. Panaskan oven hanya dengan api kecil.
  6. Berapa lama panasnya tergantung oven masing-masing. Masukkan hingga adonan kecokelatan. Jika sudah kecoklatan dan matang merata, keluarkan dari oven dan ratakan tipis-tipis di atas loyang. Olesi dengan mentega.
  7. Roti sobek bisa langsung dimakan!

Baca Juga : Resep Bikin Roti Sobek yang Empuk dan Lembut

Itulah beberapa resep cara bikin roti sobek lembut yang sederhana dan mudah. Resep roti sobek ini bisa anda coba sendiri di rumah. Roti sobek juga cocok untuk dihidangkan pada keluarga anda.

Related posts