Cara Buat Gulali Sederhana, Kuy Disimak!

2 min read

Cara Buat Gulali Sederhana, Kuy Disimak!

Cara buat gulali atau gula kapas ini cukup sederhana, karena bahan yang paling penting atau utama dari jenis makanan ini adalah gula pasir. Permen Gulali sendiri biasanya memiliki warna yang banyak, atau warna-warni dan rasanya yang manis.

Cara Buat Gulali

 

Cara Buat Gulali

Cara Buat Gulali Kapas

Alat Dan Bahan Dalam Cara Buat Permen Gulali:

  • Siapkan mesin arum manis.
  • 1 bambu
  • Sendok makan 1 buah
  • Tangkai yang terbuat dari bambu ataupun plastik (untuk menggulung  permen gulali atau arum manis).
  • Gula pasir putih sebanyak kurang lebih 1 kilogram
  • Pewarna makanan (sesuai selera masing-masing)

Cara Buat Gulali  :

  1. Siapkan gula pasir terlebih dahulu, lalu campurkan dengan pewarna makanan agar permen kapas menarik. Kemudian aduk hingga tercampur rata.
  2. Panaskan mesin pembuat permen kapas.
  3. Saat gula campur sudah tercampur rata, masukkan ke dalam mesin yang sudah dipanaskan dan tunggu beberapa detik sampai gula tersebut keluar dari mesin permen atau permen manis seperti jaring.
  4. Gunakan gagang bambu yang sudah disediakan atau bilahnya untuk menggulungnya dengan gerakan memutar, kemudian sesuaikan dengan ukuran yang diinginkan.
  5. Kemudian padatkan permen kapas dengan mengoleskannya pada wadah stainless di mesin.
  6. Cara membuat permen ini perlu sabar dan hati-hati, jika tidak maka akan berubah menjadi kristal kecil yang kasar atau rusak.
  7. Jika sudah selesai, bungkus gulali atau aron manis dalam beberapa plastik yang tertutup rapat agar tidak terkena udara secara langsung sehingga menyebabkannya menyusut atau mengeras.

Apa Itu Gulali?

Apa Itu Gulali

 

Nama yang populer untuk makanan atau snack ini adalah cotton candy atau cotton candy atau sweet aron, atau bisa juga disebut cotton candy. Dengan warna yang biasanya pink, hijau dan putih, snack ini sangat lembut dan bisa menggoda siapa saja untuk langsung menikmatinya.

Rasanya yang manis dan teksturnya yang seperti kapas membuat permen ini digemari semua orang. Saat Anda memakan gulali, permen kapas akan meleleh dan terasa lengket di mulut Anda. Permen kapas atau aromanya yang manis, banyak diminati karena rasa, warna dan bentuknya yang khas dan menarik.

Permen kapas ini mampu menarik minat pembeli terutama anak-anak. Ini adalah peluang bisnis yang cukup menggiurkan untuk dicoba, bukan?

Gulali, atau arum manis, adalah camilan gula yang tidak pernah kehilangan penggemar dan tidak lekang oleh waktu. Namun, membuat permen kapas dilakukan dengan langkah yang sangat sederhana. Permen kapas bersama dengan gulali merupakan makanan yang mengingatkan kita akan masa kecil kita dan terasa kangen.

Gulali sendiri mirip dengan permen lolipop, meski rasanya pasti sangat berbeda. Gulali sendiri terbuat dari 100% gula pasir, atau lebih tepatnya dilelehkan dalam wajan atau wajan yang lumayan besar kemudian dijual dalam wadah kecil lalu dibawa-bawa dalam satu bahu.

Penjual kembang gula atau cotton candy ini bisa membuat kembang gula menjadi bentuk apapun yang anda inginkan, seperti mobil, motor, bebek, bunga dan lain-lain. Sehingga banyak anak muda yang menyukainya.

Fakta Dalam Gulali

Sesuai dengan namanya, panganan manis yang dibuat dari gula pasir dan pewarna makanan yang dicampur hingga rata ini kemudian di masukkan ke dalam sebuah mesin pembuat gulali. Dimesin gulali atau arum manis ini, gula pasir pasti akan meleleh dan sisa-sisanya itulah yang kemudian diambil kemudian akan menjadi gulali atau gula kapas.

Walaupun bahan dasar pada permen gulali adalah gula pasir saja, tapi permen gulali dipercaya tak memiliki kandungan glukosa yang sangat tinggi. Gulali ini dikenalkan oleh Morrison dan John C. Wharton di St. Louis World’s Fair pada tahun 1904.

Di Amerika sendiri selalu mengadakan  atau merayakan hari Permen Gulali atau Gula Kapas atau Arum Manis Nasional setiap tanggal 7 Desember. Ini hanya berlaku di Amerika Serikat saja, tidak di negara lainnya. Dan cara membuat permen gulali ini telah melebar luas ke seluruh penjuru dunia.