Cara Buat Keripik Kaca Sambel Ijo Kriuk

3 min read

Keripik Kaca merupakan salah satu cemilan yang banyak diminati setiap orang. Cemilan ini biasanya di konsumsi sangat bersama, keripik kaca juga mudah di cari. Yuk baca artikel ini Cara Buat Keripik Kaca Sambel Ijo.

Keripik Kaca Sambel Ijo

Keripik Kaca

Keripik kaca adalah makanan ringan yang terbuat dari bahan dasar tepung dan air yang dipanaskan hingga kental.

Kemudian adonan dijemur, ada pengusaha keripik kaca lainnya yang menggunakan cara terbuka untuk mengeringkan adonan. Keripik kaca yang terbuat dari singkong yang dipotong tipis-tipis seperti kaca.

Keripik kaca juga disebut keripik beling dan keripik beledag. Jajanan khas sunda yang rasanya makin nikmat saat dibumbui pedas ini cocok dijadikan teman untuk bersantai.

Cara Buat Keripik Kaca Sambel Ijo Kriuk

Keripik Kaca

 

1. Cara Buat Keripik Kaca Sambel Ijo Kriuk

Bahan-bahan:

  • 100 gr kripik singkong
  • bumbu halus diulek:
  • 3 siung bawang putih
  • 20 buah cabe rawit
  • secukupnya garam dan gula
  • secukupnya teri

Cara Buat Keripik Kaca Sambel Ijo Kriuk:

  1. Goreng teri hingga agak kering, masukkan bumbu halus
  2. Aduk-aduk, masak hingga sedikit kecoklatan masukkan garam dan gula sesuai slera
  3. Matikan kompor, biarkan bumbunya agak dingin
  4. Masukkan kripik dan aduk rata siap

2. Cara Buat Keripik Kaca Sambel Ijo Renyah:

Bahan-bahan:

  • Bahan Keripik
  • 1 buah Singkong
  • 1 sdm Garam
  • Minyak Goreng (secukupnya)
  • Bahan Bumbu
  • 4 siung Bawang Merah
  • 2 siung Bawang Putih
  • 5 buah Cabe Ijo
  • 5 buah Cabe Rawit
  • 1 sdt Garam

Cara Buat Keripik Kaca Sambel Ijo Renyah:

  1. Cuci bersih semua bahan dan sisihkan
  2. Iris tipis singkong dengan pisau biasa atau pisau serut khusus irisan lalu diamkan didalam wadah berisi air dan garam selama 5menit agar garam meresap
  3. Setelah 5menit tiriskan dan goreng sampai matang, lakukan hal yg sama sampai singkong habis
  4. Haluskan semua bumbu kemudian tumis sampai harum
  5. Lalu masukkan singkong yg sudah digoreng tadi dan beri taburan sedikit garam aduk rata sampai semua tercampur
  6. Angkat dan sajikan

Manfaat Singkong Untuk Tubuh

Manfaat adalah efek positif yang muncul saat kita mengonsumsi atau melakukan sesuatu. Disini kita akan membahas tentang manfaat singkong untuk tubuh. Tentu Anda sangat penasaran, bukan?
Bagaimana mungkin Anda bisa makan begitu saja tanpa mengetahui manfaat yang akan Anda dapatkan setelah mengonsumsi singkong? Berikut manfaat singkong goreng untuk tubuh kita.

1. Tingkatkan Energi

Singkong kaya akan kalori. Singkong mengandung 110-150 kalori (100 gram). Jumlah kalori ini lebih tinggi dibandingkan kalori pada jenis umbi-umbian lainnya seperti kentang dan ubi.
Makanya, makan singkong bisa memberikan tenaga ekstra untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

2. Merupakan Sumber Serat dan Karbohidrat Kompleks

Selain kalori, singkong juga kaya akan karbohidrat kompleks dan banyak. Kedua nutrisi tersebut digunakan untuk membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan, mengurangi peradangan, dan mengontrol kadar gula darah.
Mengontrol kadar gula darah juga mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 dan obesitas. Meski begitu, manfaat singkong dalam menstabilkan kadar gula darah perlu diteliti lebih lanjut.

3. Memiliki Kandungan Antioksidan Yang Baik

Manfaat ubi kayu selanjutnya didapat dari kandungan vitamin C, vitamin A dan betakarotennya.
Vitamin C dan Vitamin A merupakan antioksidan yang melindungi tubuh dari pengaruh radikal bebas, mencegah penyakit jantung, dan mengobati kerutan pada kulit.

Teknik Menanam Singkong

“Menanam” adalah cara kita menanam. Penanaman dipengaruhi oleh bahan tanam yang kita gunakan.

Misalnya jika kita menggunakan bahan tanam benih, maka teknik yang kita gunakan mungkin “tanam langsung” sedangkan cara yang digunakan biasa disebut “transplantasi” bila bahan tanam yang digunakan adalah benih atau tanaman yang berukuran cukup besar.

1. Penentuan Pola Tanam

Pola panen harus memperhatikan kondisi musim dan curah hujan. Pada lahan kering atau kering, waktu tanam terbaik adalah awal musim hujan / setelah tanam padi.
Ada beberapa alternatif jarak tanam yang banyak digunakan masyarakat dalam pola monokultur yaitu 100 x 100 cm, 100 x 60 cm atau 100 x 40 cm. Jika pola tumpangsari dengan sistem ini dapat memiliki jarak 150 x 100 cm atau 300 x 150 cm.

2. Metode Tanam

Cara penanaman adalah dengan meruncing bagian bawah stek singkong, kemudian menanamnya hingga kedalaman 5 sampai 10 cm, atau sekitar sepertiga stek dibenamkan di dalam tanah.
Jika tanahnya keras atau berat dan berair atau lembab, tanamlah stek hanya dalam keadaan datar.

Cara Merawat Tanaman Singkong

1. Bordir

Jika benih mati atau tidak normal, segera jahit dengan membuangnya dan mengganti dengan benih baru / pengganti. Bibit / atau tanaman muda yang mati harus diganti / dijahit. Umumnya petani atau pengusaha mengganti tanaman mati dengan sisa bibit.

Bibit jarum yang baik juga harus tanaman yang baik dan tepat waktu untuk ditanam. Kami menyulam di pagi dan sore hari, jika cuaca tidak terlalu panas.
Waktu tanam adalah minggu pertama dan kedua setelah tanam.

Masa penanaman kembali setelah minggu ketiga setelah tanam menghasilkan perbedaan pertumbuhan yang signifikan antara panen pertama dan panen bordir.

2. Penyiangan

Gulma bertujuan untuk menghilangkan semua jenis rumput atau gulma. Gulma yang hidup di sekitar tanaman. Kami melakukan ini setidaknya dua kali dalam satu musim tanam.

3. Hamparan

Kami melakukan ini dengan melonggarkan tanah di sekitar tanaman dan membuatnya terlihat seperti bukit. Waktu penyiraman dapat digabungkan dengan waktu penyiangan, ini dapat menghemat uang.

Jika tanah tanaman ubi kayu sudah terkikis akibat terkena hujan / terpaan air, maka kita harus melakukannya atau menutupinya dengan tanah agar akarnya tidak terlihat.

4. Perluasan atau pemangkasan

Untuk tanaman ketela pohon atau ubi kayu, setiap pucuk harus dipangkas / dicabut karena minimal setiap pohon harus mempunyai 2 atau 3 cabang. Dengan cara ini kita bisa memanfaatkan batang pohon sebagai bibit untuk musim tanam berikutnya.

5. Pemupukan

Kita bisa memupuk dengan sistem pemupukan seimbang antara N, P, K dengan dosis urea = 133–200 kg; TSP = 60-100 kg dan KCl = 120-200 kg. Pemberian pupuk ini hanya dapat kita berikan pada saat tanam dengan dosis N: P: K = 1/3: 1: 1/3 (pemupukan dasar) dan pada umur 2-3 bulan sisanya dengan dosis N .: P: K = 2/3: 0: 2/3.

6. Irigasi dan Penyiraman

Kondisi tanah ubi kayu sejak awal tanam sampai umur + 4–5 bulan harus selalu lembab dan tidak terlalu becek. Pada tanah yang agak kering, penyiraman dan penyiraman dari sumber air terdekat harus kita lakukan.

Kita bisa menyiram saat musim kemarau atau menyiram langsung, tapi cara ini bisa merusak tanah. Sistem terbaik adalah sistem peredam air agar air menembus ke dalam zona perakaran.

Kami dapat membotolkan setiap dua minggu dalam sistem siaga dan melanjutkan pengiriman sesuai kebutuhan.

Itulah cara buat keripik kaca sambel ijo yang bisa harus anda coba, atau bisa anda jadikan sebagai ladang rejeki. Semakin unik keripik kaca yang disajikan, akan semakin banyak peminatnya. Tetap jadikan rasa sebagai unggulannya. Saya rekomendasikan menggunakan peluang bisnis pohon kelapa agar kerja lebih mudah Selamat mencoba.

Jual APAR Powder, Serbuk Pemadam Api

Anda bisa peroleh macam APAR yang lebih diminta buat mobil ini di dalam tempat jual APAR powder. Dry chemical powder atau APAR powder ini...
Guithay thay
1 min read

Ketentuan Khusus Bagi Orang Masuk Kalteng

Pemprov Kalimantan Tengah mengeluarkan Surat Edaran mengenai Ketentuan Khusus Perjalanan Orang Masuk Wilayah Kalteng Dalam Masa Pandemi Covid-19. Gubernur Kalteng Sugianto Sabran menunjukkan surat...
Guithay thay
2 min read