Cara Buat Keripik Singkong Balado Yang Baik Dan Benar

2 min read

Cara Buat Keripik Singkong Balado Yang Baik Dan Benar

Hari ini saya akan berbagi mengenai cara buat keripik singkong balado. Camilan ini bisa menjadi teman saat menonton televisi bersama keluarga dan tentunya mudah di buat. Jadi mari simak penjelasannya dibawah ini.

Singkong

 

Cara Buat Keripik Singkong Balado Yang Baik Dan Benar

Ketela pohon atau yang biasa dikenal dengan ubi kayu, merupakan pohon tahunan tropika dan subtropika dari keluarga Euphorbiaceae. Biasanya dijadikan olahan pangan karena kandungan kerbohidratnya yang
tinggi, sedangkan daunnya biasa dijadikan sayuran. Di Indonesia,

Merupakan produksi hasil pertanian pangan ke dua terbesar setelah padi, sehingga mempunyai potensi sebagai bahan baku yang penting bagi berbagai produkpangan dan industri.

Merupakan umbi atau akar pohon yang panjang dengan fisik ratarata bergaris tengah 2-3 cm dan panjang 50-80 cm, tergantung dari jenis yang ditanam. Daging umbinya berwarna putih atau kekuning-kuningan. Tidak tahan simpan meskipun ditempatkan di lemari pendingin.

Cara Buat Keripik Singkong Balado Yang Baik Dan Benar

Cara Buat Keripik Singkong Balado Yang Baik Dan Benar

Bahan-bahan:

  • 3 kg keripik singkong
  • 1 liter minyak sayur

Bumbu Balado:

  • 200 gram gula merah
  • 120 gr gula pasir
  • 7 siung bawang putih
  • 50 gr asam jawa larutkan dengan 50ml air panas & saring
  • 50 ml air bersih
  • 400 gr cabe merah
  • 8 buah cabe rawit besar
  • 2 sdm minyak untuk menumis bumbu
  • 1 sdt garam

Cara Buat Keripik Singkong Balado Yang Baik Dan Benar:

  1. Goreng kripik setengah kecoklatan dengan api sedang.
  2. Siapkan bumbu yg diperlukan. Dan potong cabe menjadi dua bagian agar tidak terlalu panjang ketika nanti di blender. Dan panaskan air untuk merebus cabe.
  3. Rebus cabe ketika air sudah mendidih. Dan bila tekstur cabe sudah mulai lembut angkat dan ditiriskan agar air cabe turun.
  4. Haluskan cabe yang direbus tadi dengan blender.
  5. Panaskan minyak. Masukkan bawang putih giling, tumis hingga harus dan masukkan cabe giling tadi dan tambahkan garam.
  6. Tambahkan air putih dan asam jawa yang sudah disaring dan msukkan juga gula pasir, gula merah. Diaduk hingga semua bahan tercampur rata. Kecilkan api masak sampai airnya menyusut.
Baca Juga: Cara Membuat Keripik Singkong Pedas Manis

Manfaat Singkong

1.Menurunkan Berat Badan

Manfaat pertama yang bisa didapatkan ketika kamu mengonsumsinya adalah mampu menurunkan berat badan. Hal ini karena mengandung serat dan karbohidrat kompleks yang membuat perut dapat menahan lapar lebih lama. Selain membantu menurunkan berat badan, kandungan karbohidrat kompleks dan serat yang ada di dalamnya juga menjaga kesehatan pencernaan, mengurangi peradangan, dan mengendalikan kadar gula darah.

 

2.Menambah Energi

Mengandung kalori yang cukup tinggi. Pasalnya, dalam 100 gramnya terkandung 150 kalori. Jumlah ini termasuk lebih tinggi jika dibandingkan dengan kalori pada umbi jenis lain, seperti kentang dan ubi.
Untuk itu, tidak ada salahnya jika kamu mengonsumsinya untuk mendapatkan energi tambahan.
Selain menambah energi, Cukup ampuh  untuk mengganjal rasa lapar. Untuk mendapatkan manfaat yang satu ini, kamu bisa mengolahnya dengan cara merebusnya atau ngemil keripiknya.

3.Mengandung Antioksidan

Bermanfaat untuk merawat kesehatan kulit, hal ini karena mengandung antioksidan yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari efek radikal bebas, mencegah penyakit jantung, hingga mengatasi kerutan di kulit. Antioksidan yang terdapat di dalamnya diperoleh dari kandungan vitamin C, vitamin A, dan beta-karoten yang ada di dalamnya.

4.Meminimalisir Penyakit Jantung

Kandungan serat yang terdapat di dalamnya, dipercaya mampu meminimalisir terjadinya penyakit jantung koroner, pun sejumlah penyakit berbahaya lainnya seperti stroke dan tekanan darah tinggi (hipertensi). Hal ini sudah dibuktikan oleh peneliti dari University of Kentucky, Amerika Serikat pada tahun 2009.

5.Mencegah Kanker

Bermanfaat untuk mencegah kanker. Hal ini karena ditemukannya senyawa antioksidan yang terdapat di dalamnya. Sebagaimana diketahui bahwa penyakit kanker ini bermula dari rusaknya sel-sel tubuh akibat radikal bebas. Kandungan antioksidan inilah yang bertugas untuk menghalau serangan radikal bebas tersebut sehingga kerusakan sel tubuh bisa dicegah.

Demikian itulah cara buat keripik singkong balado. Jika kalian ingin mencobanya dirumah silahkan semoga berhasil dan bermanfaat selamat mencoba dan terimakasih.

 

 

Agency Digital Jakarta Selatan

Yang sedang popular sementara ini ialah marketing online yanag banyak dilirik oleh para pelaku usaha maupun merk besar.Menariknya memanfaatkan Agency Digital Jakarta sendiri adalah,...
Guithay thay
1 min read

Langkah Menonton Film di Telegram secara Gratis dan Tanpa…

Aktivitas melihat film sekarang ini bukan hanya dapat dicicipi di bioskop atau tayangan tv saja. Karena zaman telah makin hebat beberapa program kekinian sediakan...
Guithay thay
3 min read

Intel Core i9-12900K, Di-claim Sebagai Processor Gaming Terbaik di…

Intel Core i9-12900K, Di-claim Sebagai Processor Gaming Terbaik di Dunia Berapa luar biasa Intel Core i9-12900K ini? Intel sah memperkenalkan keluarga processor Intel Core...
Guithay thay
4 min read