Cara Buat Seblak Basah Yang Gampang Dan Sederhana

2 min read

cara buat seblak basah

Seblak terbuat dari kerupuk basah yang dimasak dengan sayuran dan beberapa toping lainnya. Bumbu yang digunakan untuk membuat seblak juga sangat mudah ditemukan Ada cabai dan bawang putih. Kalau suka dengan rasa kencur, bisa juga menambahkan bumbu dapur tersebut. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tips cara buat seblak basah

Penasaran dengan bahan-bahan dan cara pembuatannya? yukk simak ulasan di bawah ini

Cara Buat Seblak Basah

Bahan-Bahan:

  • 2 sdm minyak sayur
  • 2 sdm cabe merah giling
  • 2 siung bawang putih parut kupas menggunakan mesin pengupas bawang
  • 500 ml air
  • 2 sdm kerupuk bawang rebus
  • 5 buah otak-otak rebus
  • 50 gr makaroni rebus
  • 5 buah siomay rebus
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1 sdt garam
  • 1 butir telur ayam, kocok lepas

Cara Buat Seblak Basah:

  1. Panaskan minyak goreng sedikit untuk menumis cabe merah dan bawang putih halus hingga wangi dan matang.
  2. Kemudian tuangkan air, tunggu sampai mendidih, setelah itu
  3. Masukkan kerupuk, otak-otak, makaroni dan siomay,aduk-aduk sampai rata
  4. Tambahkan garam, merica dan gula lalu aduk sampai merata semua
  5. Tuangkan telur, aduk hingga kental tunggu sampai matang lalu,
  6. Angkat dan sajikan hangat.
Baca Juga:cara membuat seblak cimol basah 

Manfaat Kerupuk Bawang

manfaat kerupuk bawang

Kerupuk bawang merupakan salah satu makanan ringan yang biasanya dijadikan sebagai pelengkap pada saat makan. Makanan ini memiliki rasa yang enak, renyah dan gurih. Nama makanan yang satu ini memang sudah banyak terdapat dimana-mana sehingga namanya sudah tidak asing lagi bagi telinga anda. Selain itu makanan ini juga tergolong dengan harga yang cukup terjangkau bahkan sangat murah.

makanan ini memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan tubuh. Untuk anda yang ingin mengetahui apa saja manfaat dan khasiat kerupuk bawang ini, berikut inilah manfaatnya.

1.Menghasilakan tenaga

Selain untuk meningkatkan kekebalan tubuh ternyata kerupuk bawang memiliki berbagai macam manfaat lain. Salah satunya menghasilkan tenaga. Makanan ini memiliki kandungan karbohidrat serta lemak yang diperlukan tubuh sebagai cadangan energi. Namun, semua proses itu tidak bisa dilakukan tanapa kandungan yang ada di dalam makanan ini, karena kandungan yang ada didalam makanan ini membantu tubuh dalam mengolah energi.

2.Ampuh memangkas kolesterol jahat

Kerupuk bawang merupakan salah satu makanan yang dikenal memiliki kemampuan di dalam menurunkan kolesterol jahat. Ia mampu memangkas kolesterol jahat di didalam tubuh secara signifikan, berbagai riset membuktikan bahwa ia dapat memangkas kolesterol sebanyak 11-16 persen.

3.Memangkas berat badan

Senyawa yang ada di dalam kerupuk bawang memiliki zat inflamasi yang dapat membantu mengatur sel lemak yang terbentuk dalam tubuh anda. Berat badan terjadi ketika lemak terus terbentuk, tahapan ini mengubah pre-adiposit menjadi sel-sel lemak melalui proses yang anda namakan sistem inflamasi. Kemudian, zat yang terdapat pada makanan ini dapat menghambat terjadinya proses inflamasi ini yang tentu baik untuk mencegah berat badan.

4.Mengontrol diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang di akibatkan oleh kurangnya produksi insulin pada tubuh. Sedangakan kandungan yang ada di dalam kerupuk bawang memiliki manfaat untuk meningktakan produksi insulin di dalam tubuh. Sehingga penderita diabetes dapat mengonsumsi makanan ini secara teratur untuk menjaga kadar insulsin yang ada di dalam tubuh untuk meningkatkan kesehatan.

5.Menyehatkan jantung

Kerupuk bawang memiliki kandungan di dalamnya yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yang terkandung didalam tubuh. Banyak mengonsumsi makanan ini akan membuat kadar kolesterol dalam tubuh menjadi normal serta membuat peredaran darah tidak terganggu, sehingga dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Manfaat Seblak

manfaat seblak

Makanan khas Bandung ini terasa sangat nikmat dan sangat digemari oleh para pecinta kuliner pedas. Selain itu, campuran daging dan vitamin c yang terdapat pada seblak juga bisa menjadi asupan nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh. Ada beberapa manfaat seblak yang tentunya baik untuk kesehatan. Tetapi anda harus bijak dalam mengkonsumsinya, karena memakan makanan pedas yang berlebihan dapat menimbulkan penyakit lainnya.

1.Mencegah Kanker

Cabe merupakan salah satu bumbu utama pembuatan seblak pada umumnya. Banyak zat yang bermanfaat bagi tubuh yang terdapat di dalam cabe, salah satunya kapsiasin yang bisa mencegah kanker karena zat ini bisa membunuh sel-sel kanker yang membahayakan tubuh.

 Tetapi konsumsi cabe yang berlebihan juga bisa membahayakan tubuh, selain dapat merusak lambung, konsumsi makanan pedas secara berlebihan bisa menyebabkan diare yang membuat anda kehilangan cairan tubuh.

2.Menyehatkan Jantung

Kandungan pada cabe sudah terbukti secara ilmiah bisa menyehatkan jantung anda. Hal ini dikarenakan cabe mengandung senyawa yang membuat jantung anda lebih aktif dan pastinya lebih sehat.

3.Sumber Protein

Protein yang terdapat pada daging sebagai resep dan cara membuat seblak sangat bermanfaat untuk tubuh karena memiliki kandungan protein yang tinggi. Protein sangat penting untuk pertumbuhan anak, asupan protein yang cukup bisa membuat pertumbuhan anak akan lebih cepat dan tubuhnya akan semakin kuat.

 

Mungkin itu saja artikel hari ini tentang cara buat seblak basah, semoga bermanfaat untuk anda dan selamat mencobaa!.