Cara Melakukan Descaling Pada Mesin Espresso

1 min read

Mesin espresso merupakan sebuah mesin yang memiliki fungsi penting dalam usaha kedai kopi modern yang tengah berkembang saat ini. Fungsi mesin espresso ini adalah untuk membuat kopi dengan cepat dan bisa sesegera mungkin disajikan kepada pelanggan. Dengan menggunakan mesin espresso, kedai kopi bisa lebih cepat melayani pesanan agar pelanggan tidak menunggu terlalu lama.

Dalam menggunakan mesin espresso, biasanya seringkali ada bekas dari sisa kopi yang masih tertinggal setelah digunakan untuk membuat kopi. Sisa bekas kopi tersebut jika tidak dibersihkan akan berubah menjadi kerak yang bisa mempengaruhi rasa dan kualitas kopi yang dihasilkan. Oleh karenanya, mesin espresso perlu setidaknya dibersihkan secara rutin agar kerak tersebut tidak merusak rasa kopi yang akan dibuat.

Proses untuk membersihkan dan menghilangkan kerak sisa dari proses pembuatan kopi pada mesin espresso biasanya disebut dengan descaling. Ada banyak jenis mesin espresso di dunia ini dimana beberapa diantaranya dilengkapi dengan fitur pembersih dan descaling otomatis. Namun jika tidak terdapat fitur pembersih dan descaling otomatis, maka bisa melakukan beberapa langkah descaling manual seperti berikut:

Putuskan Akan Menggunakan Apa Untuk Proses Descaling

Sebelum memulai membersihkan kerak atau proses descaling, sebaiknya diputuskan dahulu akan menggunakan jenis pembersih yang seperti apa. Untuk proses descaling, biasanya ada tiga jenis pembersih untuk mesin espresso yaitu asam sitrat, cuka putih dan produk descaling komersial. Perlu diperhatikan ketika akan memilih jenis pembersih adalah baca kembali buku panduan jika ada batasan jenis pembersih yang boleh digunakan.

Campurkan Pembersih Dengan Air

Setelah memutuskan jenis pembersih yang akan digunakan untuk melakukan descaling pada mesin espresso, selanjutnya campurkan pembersih dengan air. Tergantung dari jenis pembersih yang akan dipilih, jika menggunakan asam sitrat maka campurkan bubuk asam sitrat dengan air. Kemudian, untuk cuka putih cukup encerkan dalam air sedangkan untuk produk descaling komersial bisa mengikuti instruksi yang ada pada kemasan.

Tuangkan Larutan Pembersih Ke Mesin Espresso

Langkah selanjutnya setelah larutan pembersih siap adalah menuangkannya ke dalam mesin espresso untuk memulai proses descalingnya. Tuangkan setengah larutan ke dalam ketel uap pada mesin espresso hingga mencapai batas penuh dari pengisian air. Setelahnya, nyalakan mesin espresso yang sudah terisi dengan larutan pembersih dan biarkan seperti sedang membuat kopi.

Tunggu Prosesnya Lalu Diamkan

Selanjutnya setelah melakukan langkah diatas, tunggu proses pembersihan berlangsung dalam kurun waktu yang sama dengan pemrosesan kopi biasa. Setelahnya, saat proses pembersihan telah selesai, matikan mesin espresso dan jika dirasa kurang bisa diulangi sekali lagi. Lalu, langkah selanjutnya adalah matikan mesin dan diamkan mesin espresso tersebut selama kurang lebih satu jam lamanya.

Bilas Hingga Bersih dan Tidak Ada Sisa Larutan Pembersih

Terakhir, hal yang harus dilakukan adalah membuang larutan pembersih dan ganti dengan air bersih dan panaskan mesin sekali lagi. Hal tersebut dilakukan untuk menghilangkan semua sisa-sisa larutan pembersih yang masih menempel pada mesin espresso. Jika perlu lakukan hal tersebut dua kali hingga tidak ada bau dan sisa larutan pembersih yang ada pada mesin espresso.

Setelah kelima langkah tersebut selesai dilakukan, hal paling terakhir dilakukan adalah membuat kopi menggunakan mesin espresso tersebut. Beragam jenis mesin espresso, baik yang dilengkapi dengan fitur pembersih otomatis maupun tidak cukup mudah ditemukan dan dibeli. Ada banyak sekali penjual mesin yang menyediakan mesin pembuat kopi ini dengan berbagai variasi dan harga yang menarik.

6 Kelebihan Yang Ditawarkan Konveksi Tas Tangerang

Saat kamu akan pesan tas di Konveksi Tas Tangerang apakah kamu sudah tau apa saja kelebihan-kelebihan yang ditawarkannya? Untuk kamu yang sudah pernah memesan...
Guithay thay
1 min read

Kriteria Domba Aqiqah Bandung yang Layak dan Baik untuk…

Aqiqah Bandung yang murah dan terpercaya hanya Assabiq Aqiqah. Adapun Assabiq Aqiqah ini merupakan salah satu rumah aqiqah di Cimahi dan Bandung, Sumedang, Padalarang,...
Guithay thay
1 min read