Cara Memasak Nasi Putih di Rice Cooker

2 min read

Cara Memasak Nasi Putih di Rice Cooker

Pada artikel kali ini, saya akan membahas cara memasak nasi putih di rice cooker. Caranya sangatlah mudah dan tentunya kamu bisa. Yukk simak artikel berikut untuk lebih jelasnya!

Asal-usul nasi dan Beras

Cara Memasak Nasi Putih di Rice Cooker

Menurut para peneliti, sekitar 10.000 tahun yang lalu, beras datang dari China ke India dan negara-negara Asia Selatan. Tanaman padi awalnya tumbuh di Sungai Yangtze di Cina sekitar 7000 SM.

Setelah itu, padi menyebar ke dataran selatan Cina seperti Vietnam, Thailand, Indonesia, Filipina dan akhirnya sampai ke India.

Namun masih ada perdebatan tentang bagaimana beras masuk ke India dan Indonesia, dari mana asalnya dan kapan sampai ke negara-negara tersebut.

Pedagang Cina dianggap sebagai pembawa beras dari Asia ke Yunani dan seluruh dunia. Beras juga telah dikenal sejak zaman Kekaisaran Romawi dan perlahan-lahan mencapai Afrika Barat pada Abad Pertengahan.

Karena kita memiliki sejarah panjang dengan nasi, maka tidak heran jika nasi menjadi makanan pokok kita. Hampir semua makanan yang kita makan saat ini memiliki sejarah langsung dengan budaya Tionghoa.

Jika makanan Cina menggunakan nasi, begitu juga masyarakat kita, jadi ada hubungan budaya dengan makanan yang kita makan. Itu sebabnya kami selalu makan nasi hampir setiap kali makan, sama seperti orang Asia Timur lainnya.

Cara Memasak Nasi Putih di Rice Cooker

1. Ambil nasi dengan gelas ukur

Ada berbagai variasi/ukuran gelas ukur atau gelas ukur. Berikut adalah beberapa:

200 ml, Anda membutuhkan 5 gelas untuk membuat 1 liter beras.
250 ml, Anda membutuhkan 4 gelas untuk membuat 1 liter nasi.
335 ml, dibutuhkan 3 gelas untuk menghasilkan 1 liter beras.
600 ml, dibutuhkan 1 dan 2/3 gelas untuk menghasilkan 1 liter beras.

2. Cuci beras di wadah terpisah

Tentu saja, sebelum dimasak, cuci beras 2-3 kali. Jika penanak nasi yang Anda gunakan menggunakan panci teflon (anti lengket), Anda perlu mencuci beras di wadah lain agar tidak menggores lapisannya, sehingga panci dapat digunakan dalam waktu lama.

3. Tuang nasi ke dalam rice cooker

Tuang beras yang sudah dicuci ke dalam rice cooker. Setiap penanak nasi memiliki panduan takaran di panci. Perhatikan yang sebelumnya.

4. Isi air sesuai takaran

Petunjuk dosis pada panci sangat membantu untuk melihat berapa banyak air yang dibutuhkan untuk memasak nasi yang Anda masukkan ke dalam panci.

Dalam hal ini, volume air umumnya sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan beras. Tingginya sekitar 1-2 cm. Namun, ukuran ini juga harus disesuaikan dengan jenis nasi yang Anda masak, baik itu nasi pulen atau nasi kering.

Cara memasak nasi putih yang benar adalah jika nasinya lebih lembut, airnya tidak banyak, nasinya akan lembut dan empuk.

Di sisi lain, jika Anda memasak nasi pir, Anda perlu menambahkan lebih banyak air agar nasi tidak menjadi terlalu keras atau kering.

5. Tutup penutup Magic Com

Jika volume dan jumlah air sudah sesuai, tutup penanak nasi dan/atau magic com. Kemudian proses memasak nasi di rice cooker dimulai.

Ingat, sebelum melakukan langkah ini, pastikan lokasi soket sudah terpasang dengan benar.

6. Proses memasak dimulai

Pada beberapa merk magic com hanya tersedia tombol on dan off (tuas) saja. Ini adalah penanak nasi tua. Sedangkan pada penanak nasi berteknologi terkini, ibu tinggal menekan tombol masak digital dan memilih mode nasi putih (white rice).

7. Aduk nasi setelah dimasak

Agar nasi putih yang dimasak tidak menggumpal dan menjadi lembek (matang), Anda perlu mencampur nasi.

8. Nasi enak siap dihidangkan

Nasi putih lezat siap dihidangkan!

Nilai Gizi Nasi Putih

Cara Memasak Nasi Putih di Rice Cooker

Nasi putih merupakan sumber utama karbohidrat dan menjadi makanan pokok di beberapa negara, khususnya Indonesia. Satu porsi nasi putih (180 gram) seukuran mangkuk setidaknya mengandung 50 gram karbohidrat.

Meskipun kadarnya tinggi, karbohidrat dalam nasi putih sebagian besar terdiri dari gula dan pati, bukan serat. Hal ini jelas harus menjadi perhatian bagi penderita diabetes saat mengatur jumlah nasi putih yang akan dikonsumsi.

Selain karbohidrat, nutrisi lain dalam nasi putih antara lain vitamin B1, B2, B3, B6, protein, zat besi, fosfor, selenium, mangan, dan magnesium.

Fungsi Penting Nasi Putih Bagi Tubuh

Fungsi nasi dalam memasak nasi di rice cooker Karbohidrat dalam nasi putih berperan penting dalam memasok energi ke tubuh. Saat Anda makan nasi putih, karbohidrat yang dikandungnya dipecah menjadi glukosa, yang kemudian diserap dan dilepaskan ke aliran darah.

Glukosa ini akan diedarkan ke seluruh tubuh sebagai bahan bakar, terutama untuk otak. Selain sebagai sumber energi, manfaat nasi putih juga bisa didapatkan dari manfaat nutrisi lainnya, yaitu:

Vitamin B1 (tiamin), untuk membantu metabolisme karbohidrat.
Magnesium, sebagai komponen penting dalam pembentukan struktur tulang dan dalam pengaturan kontraksi otot.
Mangan, untuk membantu fungsi otak, sistem saraf dan enzim dalam tubuh.

Meski nasi putih kaya akan nutrisi, konsumsi nasi putih secara berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan Anda. Salah satu risiko terlalu banyak mengonsumsi nasi putih adalah berkembangnya sindrom metabolik, yang sering dikaitkan dengan penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan stroke.

Beberapa ahli gizi lebih memilih untuk mengkonsumsi beras merah (brown rice) karena mengandung lebih banyak serat, vitamin dan mineral daripada beras putih. Namun, karena nasi merah kurang mengembang dan rasanya hambar, kebanyakan orang masih memilih nasi putih.

Sekian artikel cara memasak nasi putih di rice cooker, semoga bermanfaat bagi kita semua dan selamat mencobanya!