Cara Memasak Sayur Lodeh Nangka

2 min read

Howdy kawan kawan bertemu lagi dengan saya,nah di artikel kali ini saya akan membagikan sebuah artikel tentang cara memasak sayur lodeh nangka, nah yuk baca sampai selesai agar paham

Manfaat buah nangka untuk kesehatan

cara memasak sayur lodeh nangka

Berikut adalah beberapa potensi manfaat nangka bagi kesehatan yang harus Anda ketahui:

1. Melawan kanker

Jumlah radikal bebas yang terlalu banyak di dalam tubuh meningkatkan potensi kerusakan sel, atau bisa juga disebut stres oksidatif. Jika demikian, risiko Anda terkena penyakit serius seperti kanker akan terus meningkat.

Nah, buang jauh-jauh buah nangka yang kaya akan antioksidan dan fitonutrien yang bisa membantu melawan kanker. Ini karena nutrisi dalam nangka membantu tubuh melawan efek radikal bebas. Namun ada kandungan flavonoid,saponin, dan tanin yang memiliki sifat anti kanker.

2. Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular

Kandungan potasium yang dimiliki nangka dapat menangkal penyakit kardiovaskular. Hal itu didasari karena ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa potasium dapat membantu tubuh menurunkan tekanan darah yang merupakan alasan utama orang terkena serangan jantung.

AHA juga merekomendasikan agar orang dewasa mengonsumsi setidaknya 4.700 miligram potasium per hari. Jika Anda makan satu cangkir nangka, Anda memiliki 739 miligram potasium. Artinya nangka dapat membantu memenuhi kebutuhan kalium harian Anda.

Ada sebuah penelitian pada tahun 2015 yang mengatakan bahwa nangka dapat mengurangi kadar kolestrol jahat yang buruk pada darah. Semakin rendah kadar LDL dalam darah, semakin rendah risiko terkena serangan jantung atau stroke.

3. Memperbaiki sistem pencernaan

Nangka memiliki manfaat dalam meningkatkan sistem pencernaan berkat kandungan seratnya. Nutrisi ini berperan penting dalam melancarkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit.

Padahal, ahli gizi menyarankan Anda untuk mengonsumsi serat setiap hari; 25 gram untuk wanita dan 38 gram untuk pria. Selain itu, 90% kandungan nutrisi buah ini adalah karbohidrat kompleks. Tak heran, buah ini sangat cocok dikonsumsi saat diet untuk menurunkan berat badan.

Nangka juga mengandung prebiotik. Banyak ahli yang mengatakan bahwa nangka dapat membantu pertumbuhan bakteri yang baik bagi kesehatan tubuh manusia.

4. Mempercepat proses penyembuhan luka

Nangka merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin C, antioksidan yang berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini memberi Anda sistem kekebalan yang kuat sehingga proses pemulihan lebih cepat jika Anda terluka.

Dengan itu kolagen membutuhkan vitamin C, protein yang membantu menjaga kesehatan pembuluh darah, tulang, tulang lunak, dan kulit. Kolagen sangat penting sebagai pembantu penyembuhan luka.

Hal itu didapatkan dari sebuah penelitian yang menghasilkan fakta bahwa nangka sangat berguna seperti antioksidan, anti inflamasi, dan anti jamur yang bagus untuk penyembuhan luka.

5. Pertahankan penglihatan yang baik

Nangka mengandung banyak kandungan nutrisi yang dapat membantu menjaga kesehatan, seperti beta – karoten, vitamin A dan lutein. Saat Anda memakan buah ini, tubuh kemudian mengubah beta-karoten menjadi vitamin A.

Vitamin A memiliki manfaat yang sangat penting bagi pengelitahatan karena mendukung atau membantu fungsi normal kornea dan membran konjungtiva. Lutein dan zeaxanthin adalah sejumlah besar karotenoid yang disimpan di retina. Kedua karotenoid menyaring cahaya berbahaya yang masuk ke mata.

Lodeh nangka sederhana.

Bahan:

– 300 gram nangka muda
– 1 genggam daun melinjob
– 2 buah santan instan
– 3 lembar daun salam
– 1 ruas lengkuas, peras
– kaldu jamur sesuai selera
– Gula sesuka hati
– garam secukupnya
– minyak kelapa secukupnya
– Air secukupnya

Bumbu halus:

– 7 bawang merah
– 4 siung bawang putih
– 2 buah cabai rawit
– 5 buah cabai keriting merah
– 1/2 sendok teh bubuk kunyit
– 1 sdt merica bubuk

Cara Membuatnya :

1. Masak nangka muda dengan sedikit garam hingga mendidih, lalu buang airnya dan sisihkan.
2. Tumis daun salam, lengkuas dan bumbu halus sampai aroma harumnya keluar. Tambahkan nangka muda, daun melinjob dan air. Tunggu hingga mendidih.
3. Kecilkan api, tambahkan santan dan bumbui dengan kaldu jamur, garam dan gula. Tunggu hingga mendidih kedua kalinya dan bumbu meresap. Cicipi sambil mengaduk agar rasa yang dimiliki sesuai selera.

Okeehh kawan kawan sekian dari artikel cara memasak sayur lodeh nangka, nah bagi kalian yang ingin membuat sayur lodeh bisa menggunakan mesin otomatis lho agar tidak capek, atau bisa mencari artikel lain yang memberikan cara pembuatan yang mudah dan informasi yang lebih lengkap.

Lervia Lotion Susu, Solusi Lembutkan Kulitmu

Musim dingin seperti sekarang ini, pastinya mudah membuat kulit cepat kering dan kusam. Hal ini karena udara dingin dapat mengurangi kelembaban kulit wajah dan...
Guithay thay
1 min read