Cara Membakar Jagung Manis Blackpepper

cara membakar jagung

Jagung manis sayuran yang memiliki sumber karbohidrat yang baik untuk kesehatan, jika biasanya jagung manis ada pada sayur asem. Namun pada artikel kali ini saya akan membagikan resep jagung yang berbeda yaitu cara membakar jagung manis dengan blue band.

Sementara itu, apakah kalian sudah tahu apa itu jagung sebelum ke cara pembuatannya untuk menambah pengetahuan ada baiknya mengetahui apa itu jagung, simak penjelasannya.

 

Apa Itu Jagung?

Jagung atau dengan nama latin  Zea mays L. ini merupakan salah satu jenis tanaman yang juga merupakan bahan makanan pokok penduduk-penduduk dunia termasuk Amerika Tengah, selatan juga termasuk Indonesia.

Selain sebagai makanan pokok manusia, Jagung juga biasa dijadikan sebagai bahan pakan ternak, sebagai minyak makan, tepung jagung, bahkan dijadikan bahan di industri kosmetika serta farmasi.

 

Sejarah Jagung

Jagung adalah banyak tanaman asli Indonesia, teori yang berembang saat ini menyatakan bahwa didomestikasi pertama oleh penghuni lembah Tehuacan, Meksiko. Bangsa Olmek dan Maya diketahui sudah membudidayakan di seantero Amerika Tengah.

Sejak 10.000 tahun yang lalu dan mengenal berbagai teknik pengolahan hasil. Teknologi ini dibawa ke Amerika Selatan (Ekuador) sekitar 7.000 tahun yang lalu, dan mencapai daerah pegunungan di selatan Peru pada 4.000 tahun yang lalu.

Pada masa inilah berkembang jagung yang dapat beradaptasi dengan suhu rendah di kawasan Pegunungan Andes. Sejak 2500 SM, tanaman ini telah dikenal di berbagai penjuru Benua Amerika. Era kedatangan orang-orang Eropa di akhir abad ke-15, ternyata menyajikan berbagai jenis jagung ke Dunia Lama, baik ke Eropa maupun Asia.

Pengembaraan jagung ke Asia dipercepat dengan terbukanya jalur barat yang dipelopori oleh armada pimpinan Ferdinand Magellan melintasi Samudera Pasifik.

Di tempat baru inilah relatif mudah beradaptasi karena tanaman ini memiliki elastisitas fenotipe yang tinggi. Sementara itu, setelah mengetahui sejarah jagung, selanjutnya simak cara membakar jagung berikut ini.

 

Cara Membakar Jagung Manis Backpepper

cara membakar jagung

Bahan-Bahan :

  • 3 sdm margarin cair
  • 3 sdm saus blackpepper kemasan
  • 1 sdm madu

Cara Membakar Jagung Manis Blackpepper :

  1. Yang pertama siapkan mangkuk, masukkan margarin cair, saus lada hitam, dan madu.
  2. Selanjutnya aduk semua bahan hingga rata sempurna.
  3. Kemudian pastikan bumbu tidak mengendap agar bisa menyerap maksimal saat dioleskan di atas jagung.

Bagaimana dengan resep di atas sangat mudah bukan? Sementara itu, jagung sudah banyak dimodifikasi oleh orang-orang contohnya bubur jagung, untuk membuat bubur jagung Anda membutuhkan mesin jagung untuk mempermudah dan mempercepat.

 

Manfaat Jagung Bakar

1. Menjadi Sumber Energi

Kandungan nutrisi utama yang ada pada jagung adalah karbohidrat yang hampir dapat memenuhi sekitar 6-7 persen dari kebutuhan harian manusia.

Karbohidrat pada jagung berupa karbohidrat kompleks, tidak seperti roti atau nasi putih yang cepat menjadi gula dalam tubuh, namun dapat memberikan suplai energi yang stabil dan tahan lama bagi tubuh.

Selain itu manfaat jagung manis juga mengandung banyak serat dan protein, yang dicerna oleh tubuh sehingga dapat mengendalikan kadar gula darah dengan memperlambat kecepatan pemecahan glukosa ke aliran darah.

2. Berguna Untuk Mata

Kandungan vitamin C sebanyak 8 persen dari kebutuhan harian menjadi manfaat jagung bakar yang lainnya. Vitamin C penting dalam proses perbaikan sel, peningkatan kekebalan tubuh dan anti penuaan. Jagung juga mengandung karotenoid  berupa  lutein  dan  zeaxanthin  yang dikenal dapat menunjang sistem kekebalan tubuh.

Kadar dua jenis karotenoid yang tinggi dalam darah berkaitan dengan penurunan resiko dari penyakit degenerasi makular dan katarak yang umum menjadi penyebab kebutaan. Selain itu jagung juga mengandung vitamin A yang diketahui sangat bagus untuk mata.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Manfaat jagung bakar sebagaimana manfaat jagung muda juga berasal dari kandungan vitamin C, karotenoid  dan  bioflavonoid  dapat menjaga kesehatan tetap sehat dengan pengendalian kadar kolesterol dalam darah dan mengurangi penyerapan kolesterol dalam tubuh.

4. Mencegah Diabetes dan Darah Tinggi

Jagung mengandung senyawa fitokomia  fenolik  yang dapat mengatur dan mengatur insulin dalam tubuh manusia. Dengan demikian mendukung penderita diabetes untuk tetap menjalani kehidupan normal. Senyawa ini juga akan membantu mencegah penyakit darah tinggi pada tubuh.

5. Melancarkan Pencernaan

Jagung adalah makanan yang kaya akan kandungan serat baik yang mudah larut dan yang tidak. Serat yang mudah larut akan membantu menghalangi penyerapan kolesterol pada tubuh. Mengkonsumsi jagung juga akan membuat proses yang lebih besar dan lancar, menghindari masalah seperti kerugian besar, wasir dan kanker usus.

Kandungan serat pada jagung dapat mencapai 2 hingga 4 gram per 100 gramnya atau sama dengan 9 persen kebutuhan serat harian. Konsumsi manfaat jagung dapat mendukung pertumbuhan bakteri ramah di usus besar yang akan mengubah asam lemak rantai pendek dalam tubuh.

7. Mencegah Alzheimer

Alzheimer adalah penyakit degeneratif yang ditandai oleh penurunan daya ingat, kemampuan berpikir dan juga kemampuan berbicara. Jagung mengandung vitamin B1 atau Thiamine yang memiliki peranan penting pada otak agar dapat bekerja secara normal dan mengurangi resiko penyakit Alzheimer.

8. Mencegah Anemia

Kekurangan sel darah merah atau hemoglobin dalam darah merupakan sumber penyakit anemia. Kandungan zat besi dalam jagung adalah mineral yang penting untuk berperan dalam proses pembentukan sel darah merah, maka kekurangan zat besi akan menyebabkan anemia.

 

Fakta Unik Tanaman Jagung

1. Jagung Tidak Bisa Hidup Di Alam Liar

tanpa perawatan manusia Jagung seperti yang kita tahu tidak ada di alam pembohong, karena jagung itu sendiri adalah penemuan murni manusia. Rumput pembohong yang dikenal sebaga Tieosinte yang berasal dari Meksiko selatan ini, diyakini sebagai nenek moyang jagung.

10.000 tahun yang lalu, petani purba mulai memilih tanaman teosinte yang memiliki kerne (biji) yang lebih besar dan lebih lezat, kemudian menanam kembali tanaman berkualitas lebih tinggi dari tahun ke tahun.

Hal ini secara alami mengembangkan tanaman dengan tongkol yang lebih besar. Tanaman pertama yang tampak seperti jagung muncul sekitar 7.000 tahun yang lalu.

2. Jagung Dan Kedelai Adalah Tanaman Terbesar Di AS

Jagung dan kedelai merupakan tanaman terbesar dan paling penting yang ditanam di Amerika Serikat. Pada tahun 2018, sekitar 90 juta hektar lahan di AS ditanam dengan jagung, yang hampir seukuran California dan 90 juta hektar lainnya yang ditanami kedelai.

Banyak varietas jagung yang direkayasa genetika (GM) ditanam di seluruh AS, termasuk varietas jagung manis dan jagung ladang.

Jagung manis biasanya dikonsumsi sebagai jagung rebus atau jagung beku, sedangkan jagung dibiarkan matang sendiri sebelum menjadi produk seperti pati jagung atau sirup jagung dengan fruktosa tinggi.

5. Jagung AS Sedikit Dimakan Manusia

Saat ini, sekitar 40 persen dari seluruh panen jagung tahunan AS digunakan untuk memproduksi etanol. 40 persen lainnya digunakan sebagai pakan ternak dan 10 hingga 20 persen diekspor setiap tahun. Dan untuk mengkonsumsi jagung biasanya menggunakan mesin jagung untuk memipilnya.

Yang menyisakan sekitar 5 hingga 10 persen dari hasil panen nasional untuk digunakan sebagai makanan bagi manusia dan sejumlah besar dari itu diolah menjadi sirup jagung fruktosa tinggi. Banyak ilmuwan menyarankan ini adalah penggunaan yang tidak tepat dari tanaman jagung.

Related posts