Cara Membersihkan Sisa Kopi Pada Coffee Grinder

1 min read

Kopi adalah salah satu jenis minuman yang cukup banyak digemari oleh banyak orang di berbagai belahan dunia. Minuman ini berasal dari olahan biji tanaman kopi yang dihaluskan menjadi bubuk dan diseduh dengan air panas. Disamping itu, biji kopi juga merupakan salah satu komoditas utama yang dibudidayakan di lebih dari 50 negara di dunia.

Untuk menghasilkan kopi yang nikmat maka biji kopi yang memiliki kualitas bagus harus melalui proses penggilingan menjadi bubuk kopi. Proses penggilingan tersebut biasanya menggunakan alat penggiling kopi atau coffee grinder untuk menggiling biji kopi menjadi bubuk kopi yang halus. Alat penggiling kopi adalah salah satu jenis mesin pembuat kopi yang mudah ditemukan di berbagai toko mesin pengolah makanan.

Sebagaimana umumnya mesin atau alat pengolah bahan makanan, semakin sering digunakan maka akan semakin banyak sisa bekas bahan yang menempel. Hal tersebut juga berlaku pada coffee grinder dimana semakin sering digunakan, maka semakin banyak pula sisa kopi yang menempel. Bekas sisa penggilingan kopi yang menempel pada coffee grinder tersebut jika tidak segera dibersihkan bisa mempengaruhi kualitas bubuk kopi nantinya.

Karena sisa kopi di coffee grinder bisa merusak kualitas kopi yang dihasilkan, maka perlu dilakukan perawatan rutin pada coffee grinder. Berikut adalah cara membersihkan sisa kopi dari coffee grinder agar bubuk kopi yang dihasilkan tetap baik kualitasnya:

Putus aliran listrik pada mesin

Pertama yang harus dilakukan sebelum memulai untuk membersihkan coffee grinder adalah cabutlah aliran listrik pada Coffee Grinder. Hal tersebut perlu dilakukan agar tidak terjadi konsleting maupun untuk mencegah adanya aliran listrik pada mesin ketika dibersihkan.

Pisahkan bagian-bagian Coffee Grinder

Kedua, setelah memutus aliran listrik yang mengalir pada coffee grinder, selanjutnya adalah pisahkan bagian-bagian coffee grinder. Umumnya, coffee grinder terbagi menjadi dua bagian yaitu bagian yang bisa dicuci dan bagian alas yang tidak bisa dicuci. Pisahkan dua bagian itu agar bagian yang tidak bisa terkena air bisa terhindar dari air ketika dibersihkan.

Bersihkan sisa kopi pada bagian dalam Coffee Grinder

Ketiga, pada bagian yang bisa dicuci, bersihkan dengan menggunakan kain basah dan sikat untuk membersihkan sisa-sisa kopi. Lap bagian-bagian dalam dengan kain basah atau dengan menggunakan tangan yang sudah dibasahi untuk bagian yang sulit dijangkau. Untuk bagian pisau dan penutupnya, gunakan sikat yang lembut untuk menghilangkan sisa kopi yang menempel.

Seka bagian yang sudah dibersihkan dengan hati-hati

Keempat, setelah dibersihkan semua bagiannya, selanjutnya adalah bersihkan sisa hasil dari proses membersihkan bagian atas coffee grinder. Cukup bersihkan sisa-sisa proses pembersihan sebelumnya dengan cara mengelapnya menggunakan kain basah yang sudah dibersihkan

Keringkan bagian yang sudah dibersihkan

Kelima, setelah dilap dan dibersihkan dengan menggunakan kain atau lap basah, selanjutnya adalah keringkan bagian yang sudah dibersihkan. Keringkan dan diamkan bagian yang sudah dibersihkan tersebut hingga coffee grinder benar-benar kering dan tanpa ada sisa basahan.

Bersihkanlah bagian alas Coffee Grinder

Keenam, untuk bagian alas yang tidak bisa dibasahi atau terkena air, cukup lap dengan kain yang lembab saja. Lap dan gosok dengan hati-hati agar tidak ada air yang masuk ke dalam bagian alas coffee grinder.

Pasang kembali seluruh bagian Coffee Grinder

Terakhir, setelah semua proses diatas dilakukan, pasang kembali semua bagian dari coffee grinder seperti semula. Setelahnya, coffee grinder bisa digunakan kembali seperti semula tanpa merusak kualitas bubuk kopi yang dihasilkan.

Manfaat Minyak Bunga Mawar untuk Aromaterapi

Minyak mawar adalah produk yang berupa minyak atsiri serta dibuat dari kuntum bunga yang cantik yang harum. Sama seperti yang diketahui jika minyak atsiri...
Guithay thay
1 min read