Cara Membuat Arang Briket Dengan Sederhana dan Mudah

4 min read

Cara Membuat Arang Briket Dengan Sederhana dan Mudah

Cara membuat arang briket – Briket adalah suatu balok bahan yang dapat dibakar untuk digunakan sebagai bahan bakar. Bahan bakar alternatif ini dibuat dengan membakar bahan-bahan kecil. Briket dapat dibuat dari berbagai macam bahan, namun briket yang paling umum digunakan adalah briket arang, briket batu, briket biomassa, dan briket gambut.

Membuat briket sangat sederhana dan dalam pembuatannya anda bisa menggunakan bahan-bahan yang ada disekitar kita. Briket ini sangat membantu dalam hal memasak dan berbagai kebutuhan lainnya. Briket ini merupakan bahan bakar alternatif yang sangat efisien dan dapat menjadi pilihan masyarakat.

Briket ini memiliki banyak keunggulan karena dapat menghasilkan energi panas yang tinggi dan memiliki umur yang panjang, sehingga bahan bakar ini menjadi pilihan yang tepat untuk menghemat biaya. Briket dapat dibuat dari arang tempurung kelapa, serbuk gergaji, sampah organik, arang tempurung, dll. Berbagai jenis bahan tersebut dapat digunakan dalam pembuatan bahan bakar dengan sebaik mungkin. Jika Anda tertarik untuk membuat briket sendiri, lihat artikel ini dari dekat.

Briket dari Tempurung Kelapa

Briket tempurung kelapa ini merupakan bahan bakar alternatif yang memiliki banyak keunggulan saat digunakan. Beberapa keuntungan menggunakan briket tempurung kelapa adalah hemat dan ekonomis, aman dan ramah lingkungan. Briket tempurung kelapa bersifat mudah terbakar, dapat bertahan lama dan menghasilkan energi panas yang banyak, sehingga briket tempurung kelapa lebih hemat dibandingkan dengan bahan bakar lainnya.

Pengolahan briket ini tidak menambahkan bahan kimia apapun, sehingga saat digunakan tidak akan berasap dan abunya tidak beterbangan. Dengan menggunakan briket ini, Anda tidak perlu khawatir dengan noda hitam pada perangkat karena briket ini tidak akan menodai perangkat.

Keunggulan Briket Tempurung Kelapa

Briket dari bahan tempurung kelapa ini memiliki banyak keunggulan yaitu :

  • Lebih murah dan hemat.
  • Tidak ada risiko ledakan atau luka bakar seperti pada kompor minyak bumi dan kompor gas cair.
  • Panas tinggi dan terus menerus sehingga sangat baik untuk membakar yang berlangsung lama.
  • Itu tidak membuat banyak suara atau mengeluarkan jelaga, sehingga tidak akan merusak
  • peralatan masak.
  • Ramah lingkungan dan tidak berbahaya bagi kesehatan, terutama bagi ibu rumah tangga yang sering memasak di dapur.
  • Sumber briket tempurung kelapa melimpah.

Bahan Pembuatan Briket Kelapa :

  • Arang tempurung kelapa
  • Tepung kanji
  • Air

Peralatan :

  • Mesin penepung arang / diskmill
  • Alat pencetak briket
  • Mesin pencampur adonan
  • Oven briket

Cara membuat arang briket Tempurung Kelapa :

  1. Proses penulisan:
    Tempurung kelapa dibuat menjadi arang dengan cara dimasak secara manual di dalam tong, kemudian dibakar dan ditutup sampai ada sedikit ventilasi di dalam tong arang. Penulisan ini juga dapat dilakukan dengan menggunakan proses pirolisis, dimana tempurung kelapa ditempatkan dalam tangki pirolisis tertutup, kemudian asapnya dikondensasikan menjadi asap cair.
  2. Mengambang:
    Arang yang telah dihasilkan dengan pembakaran manual atau dalam proses pirolisis, kemudian ditepungkan dengan mesin disk mill.
  3. Proses penyaringan:
    Setelah arang dihaluskan, diayak untuk membuat arang tempurung kelapa dengan ukuran yang lebih lembut dan halus. Arang tempurung kelapa diayak dengan saringan 50 mesh.
  4. Tahap Pencampuran media:
    Tepung tempurung kelapa ini kemudian dicampur dengan air dan lem kanji. Selama proses pencampuran, perlu ditambahkan 2,5% lem pati dari tepung tempurung kelapa.
  5. Proses pencetakan briket arang dari batok kelapa:
    Setelah semua bahan tercampur rata, lakukan pencetakan dengan formulir.
  6. Proses pengeringan:
    Keringkan briket hasil cetakan dalam oven pada suhu 650 oC selama kurang lebih 2 jam, pengeringan ini dapat dilakukan dengan bantuan sinar matahari. Briket tempurung kelapa ini dapat dikemas dan dipasarkan.

Membuat briket dari bahan tempurung kelapa sangatlah mudah. Anda bisa mencoba membuat briket dari bahan tempurung kelapa ini. Briket tempurung kelapa memudahkan proses memasak. Hasil masakannya pun terkesan dengan cita rasa makanan yang lezat sehingga menguntungkan bagi penggunanya, baik ibu rumah tangga, takeaways, restoran maupun industri. Buat kalian yang ingin lebih simpel bisa menggunakan mesin briket arang kelapa.

Briket dari Serbuk Kayu

Serbuk kayu ini biasanya dibuang begitu saja dan tidak digunakan, dan bahan yang satu ini banyak menimbulkan masalah lingkungan. Namun demikian serbuk gergaji dapat dimanfaatkan dengan baik pada saat ini untuk mengurangi permasalahan lingkungan yaitu dengan membuat briket dari serbuk gergaji.

Membuat briket dari serbuk gergaji mudah dengan menggunakan bahan kayu yang mudah terbakar. Briket serbuk gergaji dapat digunakan sebagai bahan bakar untuk memasak dan untuk berbagai keperluan lainnya. Briket serbuk gergaji ini dapat dibuat dari serbuk gergaji yang tersedia dengan harga terjangkau.

Bahan Pembuatan Briket Serbuk Kayu :

  • Serbuk kayu
  • Tempurung kelapa
  • Lem kanji

Peralatan :

  • Ayakan ukuran lolos 50 mesh dan 70 mesh
  • Oven
  • Cetakan briket

Cara membuat arang briket Serbuk Kayu :

  1. pengarangan

Serbuk kayu yang sudah didapatkan dengan bahan tempurung kelapa ini dibakar agar menjadi arang.

  1. Pengayakan

Jika sudah menghasilkan arang yang halus maka lakukan pengayakan untuk menghasilkan tepung arang. Arang dari serbuk gergaji diayak dengan menggunakan saringan ukuran kelolosan 50 mesh serta arang tempurung kelapa ukuran kelolosan 70 mesh.

  1. Pencampuran

Arang serbuk gergaji serta tempurung kelapa yang sudah disaring selanjutnya dicampur dengan menggunakan perbandingan arang serbuk gergaji 90 % serta arang tempurung kelapa sebanyak 10 %. Ketika proses pencampuran ditambah dengan lem kanji sebanyak 2,5 % dari seluruh campuran arang tadi.

  1. Pencetakan briket arang

Jika bahan sudah dicampurkan dengan merata maka bahan arang bisa langsung dimasukkan ke dalam cetakan briket dan ditempa.  Jika sudah dicetak briket bisa langsung dikeringkan menggunakan oven pengering atau menjemurnya dibawah sinar matahari langsung.

Dengan memanfaatkan bahan seperti serbuk kayu dan mengolahnya menjadi briket merupakan salah satu cara efektif untuk mengurangi pencemaran lingkungan, selain itu juga bisa menghasilkan keuntungan lain berupa bahan bakar untuk kebutuhan memasak sehari – hari.

Baca juga : Cara Jualan Online Dengan Mudah untuk Pemula

Briket dari Sampah Organik

Sampah selalu ada setiap hari dan menjadi masalah bagi masyarakat terutama di kota-kota besar. Sampah membludak dimana-mana, mengganggu pemandangan dan mencemari lingkungan. Pengolahan atau penanganan diperlukan untuk mengurangi sampah organik ini. Penanganan yang tepat adalah dengan mengolah sampah organik menjadi briket.

Briket sampah efektif digunakan sebagai bahan bakar untuk kebutuhan sehari-hari, tentunya briket yang terbuat dari residu organik lebih hemat. Memasak dengan sisa briket memiliki banyak keunggulan, terutama dari segi rasa.

Penggunaan briket sampah organik membuat masakan lebih enak dan menciptakan rasa yang khas dibandingkan dengan menggunakan oil cooker. Cara membuat briket dari bahan sampah ini pun cukup mudah, simak caranya dibawah ini :

Bahan :

  • Sampah organik kering  seperti daun, ranting, sisa sampah dapur kering, tempurung kelapa, serbuk gergaji, dll
  • Perekat alami atau buatan yaitu tepung kanji

Alat :

  • Drum (untuk pembakaran)
  • Sekop
  • Wadah (baskom/panci)
  • Mesin pencetak briket
  • Anglo (cetakan briket)
  • Lesung (penumbuk)
  • Ember
  • Tongkat kayu(pengaduk)

Proses Pembuatan Briket Sampah Organik :

Pengarangan :

  1. Siapkan drum yang nantinya digunakan untuk proses pembakaran atau pengarangan sampah organik.
  2. Sampah organik seperti daun kering dicacah dahulu lalu dimasukkan ke dalam drum kemudian dibakar. Sampah selanjutnya dimasukkan dalam drum pembakaran sedikit demi sedikit supaya nyala api tidak padam.
  3. Jaga selalu agar proses pembakaran ini tidak ada udara yang keluar masuk dalam drum. Apabila udara bisa keluar masuk drum maka pembakaran ini tidak akan menghasilkan arang namun abu.
  4. Matikan api, jika proses pengarangan selesai.

Cara membuat arang briket sampah organik :

  1. Siapkan penumbuk seperti lesung, lalu arang yang tersedia ini ditumbuk sampai halus sampai menjadi bubuk arang. Bila sudah maka kumpulkan bubuk arang pada suatu tempat seperti ember.
  2. Persiapkan lem kanji serta encerkan dengan menggunakan air panas. Campurkan kanji dengan bubuk arang supaya menjadi adonan yang lengket. Bila sudah, adonan diaduk supaya tercampur rata dan menjadi adonan yang sedikit lengket.
  3. Persiapkan cetakan briket, cetakan briket bisa memanfaatkan pipa PVC, bambu  atau dengan mengepal bahan menggunakan tangan.
  4. Bila sudah cetak adonan dengan memasukannya dalam cetakan secara padat, bila sudah keluarkan dari cetakan.
  5. Jemur briket dibawah sinar matahari hingga kering.
  6. Briket dari bahan sampah pun siap digunakan.

Proses pembuatan briket dari bio-waste memang sederhana dan bisa dicoba di rumah. Pengolahan sampah menjadi bahan bakar merupakan salah satu alternatif untuk mengurangi penumpukan sampah di sekitar kita. Dengan cara ini tentunya lebih menghemat dan mengurangi biaya hingga lingkungan bersih dari sampah kembali.

Baca Juga : Rumah mesin

Demikian tadi merupakan pembahasan yang bisa disampaikan tentang cara membuat arang briket dengan memanfaatkan bahan di sekitar kita. Semoga informasi yang telah disampaikan diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan. Selamat mencoba.