Cara Membuat Bibit Bawang Putih Yang Benar Dan Tepat

Cara membuat bibit bawang putih yang baik dan benar, Salah satu manfaat bawang putih dalam kesehatan adalah untuk mengatasi sakit gigi, rematik, flu. Bawang putih juga dipercaya mampu menjaga kesehatan jantung hingga pencegah kanker.

Untuk mendapatkan bawang putih ini, anda harus membelinya di toko sayuran atau supermarket, Tetapi tahukah Anda, jika bawang putih bisa buat sendiri di rumah?. Dengan cara membuat bibit bawang putih sendiri, Anda tidak perlu repot untuk membeli bawang putih ini, dan manfaat lainnya yang bisa kita peroleh dari bawang putih.

Cara Membuat Bibit Bawang Putih

cara membuat bibit bawang putih

1. Beli Bawang Putih Organik Di Toko Bibit

  1. Kebanyakan berbagai jenis umbi bawang putih yang dijual di toko swalayan sudah diolah secara kimia agar bisa tahan lama sehingga tidak bisa tumbuh baik jika ditanam. Jadi, kalian harus membeli umbi bawang putih di penjual bibit tanaman atau lewat internet.
  2. Mungkin kalian juga bisa mendapatkan bawang putih organik yang belum diolah di beberapa toko kelontong. Bawang jenis ini bisa tumbuh lebih baik dibanding dengan jenis bibit bawang putih yang diolah secara kimia jika ditanam.
  3. Tanyakan pada Nurseri di daerah kalian apakah mereka mempunyai bawang putih yang ditanam secara organik.
  4. Pesan bawang putih organik lewat media internet agar bisa dikirim ke rumah Anda.

Tips :

Apabila tanaman bawang putih muncul tunas berwarna hijau pada bagian atas umbi bawang putih, itu menandakan bahwa bawang tersebut bisa tumbuh jika ditanam.

2. Pecahkan Umbi Bawang

  1. Kupas umbi bawang menggunakan tangan hingga terbagi menjadi beberapa siung. Tentukan siung yang paling besar untuk ditanam sebab siung ini kemungkinan besar bisa tumbuh dengan baik. Jangan mengupas silir bawang yang melekat pada masing-masing siung.
  2. Kupas siung bawang 1 atau 2 hari sebelum masa tanam. Jika kalian mengupasnya jauh hari sebelumnya, siung bawang putih akan mengering dan tidak dapat tumbuh.
  3. Kulit ari akan melindungi siung, dan bawang putih tidak akan bisa tumbuh jika kalian mengupasnya.

3. Bikin Lubang Sedalam 5-8 cm

Bikinlah lubang untuk menanam masing-masing siung bawang menggunakan jari atau tongkat kecil. Pastikan lubangnya cukup dalam dan dengan jarak yang cukup jauh agar bawang bisa tumbuh dengan baik tanpa ada halangan.Lubang harus berukuran cukup lebar agar bisa menampung siung bawang putih.

Baca juga : Cara Menanam Bawang Putih Tanpa Tanah Tepat dan Mudah

4. Masukkan Siung Bawang Dan Tutupi Dengan Media Tanam

Masukkan 1 siung bawang pada setiap lubang dengan ujung yang rata berada di bawah. Kemudian, sebarkan media tanam berada atasnya hingga siung bawang masuk pada dalam lubang.

Masukkan 1 siung bawang pada masing-masing lubang yang sudah dibuat.Tepuk media tanam di atas siung bawang secara lembut untuk memadatkannya.

5. Letakkan Wadah Di Lokasi Yang Mendapatkan Sinar Matahari

Jendela ruangan yang menghadap ke timur atau barat yang memperoleh sebagian besar sinar matahari secara langsung sangat cocok digunakan untuk bawang putih bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Letakan wadah pada atau di dekat jendela agar memperoleh sinar matahari selama minimal 6 jam dalam sehari. Kalian juga bisa menempatkan wadah di bawah lampu neon agar bawang tetap bisa tumbuh dengan baik di dalam ruangan.

6. Siram Media Tanam Hingga Airnya Mengalir Dari Lubang Drainase

Siram media tanam secara teratur agar bersatu dengan siung bawang agar bawang memperoleh air dalam jumlah mencukupi, suhu kelembapan di media tanam akan membantu bawang cepat bertunas dan menembus kulit ari pelindungnya.

Siramkan air secara perlahan ke dalam pot hingga airnya mengalir keluar dari lubang yang terdapat di bagian bawah pot.

Demikian lah pembahasan tentang bagaimana cara membuat bibit bawang putih dari siung bawang putih, dan cara menanam bawang putih yang baik dan benar. Bawang putih termasuk bumbu wajib yang harus ada di dapur. Bawang putih mempunayi berbagai manfaat yang bagus untuk tubuh di antaranya dapat menurunkkan tekanan darah anda. Semoga dapat membantu anda dan menambah wawasan anda.