Cara Membuat Bolang Baling Manis Dan Empuk

2 min read

Haloo guys… disini saya akan membagikan artikel tentang cara membuat bolang baling manis dan empuk yang dapat kalian buat dirumah masing – masing. Berikut selengkapnya.

 

Bolang Baling

cara membuat bolang baling manis

Bolang baling merupakan sebuah jajanan yang memiiki rasa yang manis dan memiliki teksture yang empuk. Karena hal tersebut bolang baling menjadi jajanan yang sangat dinikmati oleh anak anak sekolah dasar. Hal itu didasari karena dahulu pasti didepan sekolah dasar ada pedagang bolang baling diantara pedagang lainnya.

Namun dari tahun ke tahun pedagang bolang baling di depan sekolah dasar semakin berkurang hingga benar – benar tidak ada yang berjualan di depan sekolah dasar. Masalah itu disebabkan bolang baling kalah pamor dengan jajanan lain seperti mainan, cilok, telur gulung, mini telur dan lainnya.

Tapi kalian masih dapat menemukan pedagang bolang baling di pasar atau di pinggir jalan. Namun semua berubah ketika ada seseorang pedagang odading ( nama bolang baling dari bandung ) yang mempromosikan odadingnya dengan video ke sosial media.

Karena ke nyelenehannya itu membuat video promosinya viral di dunia maya. Sehingga menarik perhatian masyarakat umum tentang odading. Sehingga dapat kita lihat banyaknya orang yang memulai berjualan bolang baling di mana – mana.

 

Cara Membuat Bolang Baling Manis Dan Empuk

Nah bagi kalian yang tidak suka jajan makanan kaki lima dan lebih suka membuat jajanan sendiri. Disni saya akan membagikan resep dan cara membuat bolang baling manis dan empuk.

Bahan :

  1. 250 gr Tepung Terigu
  2. 1 butir Telur
  3. 1 sdt Fermitan
  4. 1/4 sdt Vanili
  5. 100 ml Air hangat
  6. 2 sdm Mentega
  7. 4 sdm Gula pasir
  8. Wijen gula pasir untuk taburan

Cara Membuatnya :

  1. Siapkan wadah lalu masukan fermipan, gula, dan air hangat. Aduk selama 5 menit dan jika sudah berbusa berarti ragi sudah akif, tapi jika tidak berbusa berarti ragi sudah mati dan lebih baik diganti.
  2. Ambil wadah lain dan masukan tepung terigu, telur, vanili, mentega, dan tambahkan larutan fermipan tadi. Aduk hingga semua bahan tercampur dan sudah tidak lengket di tangan.
  3. Istirahatkan adonan selama 45 menit sampai 1 jam, tutup dengan kain bersih atau plastik. Tunggu hingga adonan mengembang menjadi 2 kali lebih besar.
  4. Setelah mengembang ambil adonan dan pipihkan secara rata, lalu olesi bagian atas adonan dengan air lalu taburi biji wijen. Dan istirahatkan selama 15 menit lagi.
  5. Jika sudah 15 menit potong adonan menjadi kotak – kotak, Letakan adonan yang sudah dipotong di atas tepung agar tidak lengket.
  6. Ambil wajan tambahkan minyak dan didihkan minyak.
  7. Setelah panas masukan adonan bolang baling dan masak hingga matang kecoklatan.
  8. Jika sudah matang kecoklatan angkat dan tiriskan.
  9. Sajikan.

 

Bolang Baling Dan Cakwe

Jajanan pasar memiliki banyak pilihan dan variasi, tetapi ada 2 buah kue yang menarik karena selalu di jual berbarengan. Kue yang dimaksud ialah bolang baling dan cakwe yang biasanya di jual oleh pedagang di pinggir jalan.

Dari segi rasa, bakso memiliki rasa yang manis sedangkan Jangelut memiliki rasa yang gurih, sehingga kedua kue atau jajanan ini disukai banyak orang dari anak-anak hingga orang dewasa, walaupun harganya juga cukup terjangkau.

Bolang baler umumnya berbentuk kotak yang agak melebar, sehingga disebut juga dengan kue bantal, namun ada juga yang menyebutnya galundeng, sedangkan Janggelut bentuknya memanjang dan tampak seperti dua lapis. Menurut sumber di Wikipedia, Cahkwe berasal dari China yang memiliki arti agak aneh yaitu hantu goreng.

Sumber tersebut juga menyatakan bahwa Cahkwe menjadi terkenal pada masa Dinasti Song, dimulai dengan kematian Jenderal Yue Fei yang telah difitnah oleh Perdana Menteri, sehingga kemudian orang-orang memanggang kue dengan cara digoreng sebagai simbol kebencian terhadap Perdana Menteri dan istrinya. Sayangnya, kami belum mendapatkan informasi apapun sejak kue Cahkwe masuk ke Indonesia, namun yang pasti kedua kue ini sudah ada sejak lama.

 

Itulah artikel yang dapat saya sampaikan kali ini. Jika kalian ingin membaca artikel tentang bolang baling dapat membaca artikel cara membuat golang galing ini. Dan jangan lupa membaca artikel yang ada pada website ini ya!.