Membuat Coklat Beku dari Coklat Bubuk Dingin dan Menyegarkan

2 min read

Cara Membuat Coklat Beku dari Coklat Bubuk

Coklat Beku dari Coklat Bubuk

Pada kesempatan saya kali ini saya akan membahas tentang cara membuat coklat beku dari coklat bubuk. Simak penjelasannya di bawah ini!

Baca juga: cara buat roti canai sederhana, enak dan mudah

Cara Membuat Coklat Beku dari Coklat Bubuk

Bahan-bahan:

  • 1 sisir pisang yang sudah matang
  • 2 sdm coklat bubuk
  • 100-150 ml minyak, bisa menggunakan minyak goreng, minyak sayur ataupun dengan margarin
  • 2 sdm gula halus
  • Tusuk sate atau stik ice cream

Langkah-langkah:

  1. Pertama-tama kita akan membuat pasta coklat, panaskan minyak dengan api kecil setelah panas sisihkan, tunggu hingga suhunya hangat.
  2. Setelah itu campur gula dan coklat bubuk hingga merata.
  3. Setelah minyak hangat, tuang minyak dalam campuran gula dan coklat, aduk rata tunggu dingin.
  4. Sebelum pisang dicelupkan ke dalam pasta coklat bekukkan pisang yang sudah ditusuk dengan tusukkan sate atau stik ice cream terlebih dahulu. Selamat mencoba!

Manfaat Pisang Bagi Kesehatan

  1. Sebagai sumber energi

Pisang dikenal sebagai sumber karbohidrat yang baik. Di dalam sebuah pisang terdapat sekitar 27 gram karbohidrat. Di dalam tubuh, karbohidrat akan dipecah menjadi glukosa yang merupakan sumber bahan bakar utama bagi tubuh.

Karbohidrat juga dapat diubah menjadi glikogen, yaitu salah satu bentuk glukosa yang disimpan di otot serta hati dan digunakan sebagai energi selama beraktivitas.

2. Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah

Kandungan kalium di dalam pisang dapat membantu fungsi pembuluh darah dalam mengangkut oksigen ke otak, menjaga kestabilan detak jantung, dan menurunkan tekanan darah. Pisang juga diketahui dapat mengurangi risiko stroke.

3. Mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh

Senyawa antioksidan yang terkandung di dalam pisang dapat mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh akibat radikal bebas, sehingga menurunkan risiko terkena berbagai penyakit seperti kanker.

4. Mengurangi risiko penyakit ginjal

Tak hanya baik untuk kesehatan jantung, kandungan kalium di dalam pisang juga berfungsi untuk mencegah penyakit batu ginjal.  Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang selalu terpenuhi asupan kaliumnya, memiliki risiko lebih rendah terkena batu ginjal.

5. Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Pisang merupakan sumber prebiotik,  sehingga baik untuk menjaga kesehatan usus dan saluran cerna. Sebuah studi juga menunjukkan bahwa probiotik dapat mengatasi diare yang disebabkan oleh virus, bakteri, atau parasit, maupun reaksi tubuh akibat konsumsi antibiotik.

6. Menurunkan berat badan

Pisang dikenal sebagai buah yang tinggi serat. Kandungan serat di dalamnya dapat memberikan efek kenyang lebih lama dan menahan nafsu makan, sehingga Anda pun tidak makan secara berlebihan.

Inilah yang menjadi alasan mengapa pisang baik bagi Anda yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan.

7. Meredakan tukak lambung

Pisang dapat memicu peningkatkan lendir di lambung, sehingga dapat meredakan atau mencegah tukak lambung. Pisang juga berperan sebagai antasida alami yang bekerja dengan cara menetralkan asam lambung, sehingga bisa mangatasi nyeri akibat maag.

 

Kandungan gizi pada pisang

  1. Karbohidrat

Pisang merupakan sumber karbohidrat yang kaya, yang utamanya berbentuk pati pada pisang mentah dan gula pada pisang matang. Komponen utama pisang mentah adalah pati. Pisang hijau mengandung hingga 80 persen pati. Selama pematangan, pati diubah menjadi gula.

Jenis gula yang paling umum ditemukan dalam pisang adalah sukrosa, fruktosa, dan glukosa. Pisang matang dapat memiliki kandungan gula yang mencapai lebih 16 persen.

2. Serat

Pisang juga termasuk sumber serat yang baik. Beberapa pektin dalam pisang larut dalam air, terutama jika pisang sudah matang. Saat pisang matang, proposi pektin yang larut dalam air meningkat, yang merupakan salah satu alasan utama pisang memiliki tekstur yang lunak seiring bertambahnya usia.

3. Vitamin dan mineral

Pisang adalah sumber vitamin dan mineral yang baik, terutama untuk vitamin B6, vitamin C dan potasium.

 

Itulah pembahasan tentang cara membuat coklat beku dari coklat bubuk. Semoga artikel yang saya sampaikan bermanfaat, sekian dan terima kasih.

 

 

 

 

 

Agency Digital Jakarta Selatan

Yang sedang popular sementara ini ialah marketing online yanag banyak dilirik oleh para pelaku usaha maupun merk besar.Menariknya memanfaatkan Agency Digital Jakarta sendiri adalah,...
Guithay thay
1 min read

Langkah Menonton Film di Telegram secara Gratis dan Tanpa…

Aktivitas melihat film sekarang ini bukan hanya dapat dicicipi di bioskop atau tayangan tv saja. Karena zaman telah makin hebat beberapa program kekinian sediakan...
Guithay thay
3 min read

Intel Core i9-12900K, Di-claim Sebagai Processor Gaming Terbaik di…

Intel Core i9-12900K, Di-claim Sebagai Processor Gaming Terbaik di Dunia Berapa luar biasa Intel Core i9-12900K ini? Intel sah memperkenalkan keluarga processor Intel Core...
Guithay thay
4 min read