Cara Membuat Cold Brew yang Enak dan Sederhana

cara membuat cold brew

Bingung tentang cara membuat cold brew? pusing karena sudah mencari cara dan tidak bisa? Tenang, pada artikel kali ini saya akan membagikan tutorialnya. Jika kamu penasaran untuk mencobanya, saya akan memberikan tutorial cara membuat cold brew yang enak dan sederhana.

Pengertian Cold Brew

Cold Brew disiapkan menggunakan metode “rendam” setidaknya selama 8 jam. Untuk proses brewing, yang umumnya digunakan adalah air biasa dengan suhu ruangan atau air dingin. Hal ini pula yang membedakan cold brew dengan kopi biasa, cold brew tidak pernah terkena panas (suhu), sehingga tidak ikut mengekstraksi karakter asam dari kopi. Selain itu, hasil cold brew juga cenderung terasa lebih ringan dan khas.

Read More

Pembuatan bir dingin menggunakan faktor durasi/waktu daripada panas untuk mengekstrak kopi. Tingkat penggilingan yang umum digunakan dalam metode ini adalah sedang sampai kasar. Sekarang sudah banyak diproduksi gadget untuk membuat kopi dingin, jadi tidak hanya Toddy yang mendominasi.

Beberapa alat yang direkomendasikan untuk membuat minuman dingin dibahas di sini, sedangkan metode lengkap untuk menyiapkannya juga dibahas di sini.

Cara Membuat Cold Brew

cara membuat cold brewMeracik kopi: Barista meracik kopi di kedai kopi Esperto, Jakarta Barat, Kamis (15/8). KONTAN/Baihaki/15/8/2017

Bahan dan Alat yang Harus Disiapkan :

  • 80 gram biji kopi
  • Mizudashi Cold Brew ukuran 1.150 ml
  • Grinder
  • Air (dingin) 1.150 ml

Resep Cara Membuat Cold Brew :

  1. Haluskan biji kopi menjadi kasar sedang atau sedikit kasar jika tidak ingin rasanya terlalu kuat
  2. Masukkan kopi bubuk yang sudah digiling ke dalam saringan Mizudashi. Pasang saringan ke mangkuk/botol kaca
  3. Tuang air, basahi semua kopi bubuk agar merata. Tuang air perlahan. Berhenti ketika ketinggian air mencapai bagian tengah pegangan
  4. Aduk perlahan hingga kopi dan air tercampur rata. Lebih baik tidak menggunakan benda berujung tajam untuk mengaduk agar tidak merusak filter
  5. Tutup mangkuk mizudashi. Kemudian masukkan ke dalam lemari es. Waktu seduhan yang ideal untuk kopi dingin umumnya 8 jam, tetapi waktu untuk mendinginkan kembali tergantung pada preferensi individu.
  6. Setelah sekitar 8 jam, keluarkan teko kopi Hario Mizudashi dari lemari es. Lepaskan saringan – jika Anda ingin menyimpan saringan di dalam mangkuk setelah ekstraksi, rasanya akan terlalu kuat dan terlalu pahit
  7. Telah selesai. Kopi siap dinikmati.

Catatan :

• Tidak semua biji kopi / satu sumber cocok untuk cold brewing. Sebaiknya pilih biji yang berbuah atau memiliki rasa manis yang cukup tinggi jika ingin mencoba cara ini. Alasannya sederhana. Karena kopi “basah” berjam-jam, nada atau karakter bawaan dalam kopi akan mempengaruhi cold brew akhir yang akan disajikan nanti. Sekarang bayangkan saja jika kopi yang diseduh dengan cara ini memiliki keasaman yang agak umum.

• Periode ekstraksi juga dapat mempengaruhi hasil akhir, meskipun kopi yang digunakan berasal dari satu sumber yang sama. Sebagai contoh, satu buah Minang Solok yang diekstraksi selama 8 jam akan memiliki rasa yang berbeda dengan yang diekstraksi lebih dari 12 jam.

Manfaat Cold Brew Bagi Kesehatan

  • Baik dikonsumsi oleh penderita gangguan lambung

Orang dengan sakit perut sering menghindari kopi karena dapat merangsang refluks asam lambung. Refluks asam adalah suatu kondisi di mana asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan dan menyebabkan iritasi. Keasaman kopi merupakan salah satu faktor penyebab penyakit ini.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa cold brew memiliki tingkat keasaman yang lebih rendah dibandingkan jenis kopi lainnya. Alasan lain mengapa minuman dingin aman untuk lambung adalah kandungan polisakarida kasarnya. Rantai molekul gula ini meningkatkan kekebalan sistem pencernaan dan dengan demikian mengurangi iritasi usus dan efek asam kopi.

  • Mengurangi risiko diabetes tipe 2

Kopi dingin mengandung bahan yang mengatur peptida usus (hormon dalam sistem pencernaan) yang mengontrol dan memperlambat pencernaan serta menjaga gula darah tetap stabil.
Selain itu, kandungan asam klorogenat dalam minuman dingin juga merupakan salah satu antioksidan kuat dalam kopi yang membantu mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

Bagi anda yang sedang mencari mesin kopi, anda dapat menemukannya di Rumah Mesin. Di sana menjual mesin kopi dan berbagai mesin lainnya.

Nah, cukup sekian tutorial cara membuat cold brew pada artikel kali ini. Cukup mudah bukan? Selamat mencoba dan semoga berhasil, dan jika cara dalam artikel ini dapat membantu kamu, jangan lupa untuk membagikan ilmu anda kepada orang-orang di sekitar kamu agar mereka semua dapat mengambil manfaatnyanya. Sekian dari saya, terima kasih.

Related posts