Cara Membuat Cumi Bakar Pedas Manis yang Enak dan Simpel

2 min read

Cara Membuat Cumi Bakar Pedas Manis

Hallo semua,gimana kabar kalian?semoga sehat terus ya.Pada kesempatan kali ini saya akan membuat artikel tentang cara membuat cumi bakar pedas manis yang enak dan simpel,cukup mudah untuk dibuat sendiri dirumah,bahan-bahannya juga mudah didapatkan.

Cara Membuat Cumi Bakar Pedas Manis

Cara Membuat Cumi Bakar Pedas Manis

Baca juga : Resep Cumi Bakar Pedas yang Enak dan Mudah Dimengerti

Cumi-cumi adalah sekelompok cephalopoda besar, atau moluska, yang hidup di laut. Nama “cephalopoda” berarti “kepala kepala” dalam bahasa Yunani karena kaki dibagi menjadi serangkaian lengan yang membungkus kepala. Seperti semua cephalopoda, gurita dipisahkan oleh kepala lain. Akson besar cumi-cumi ini berdiameter 1 mm. Cumi-cumi banyak digunakan sebagai makanan.

Salah satu jenis cumi-cumi laut dalam, ”heteroteuthis”, adalah yang memiliki kemampuan memancarkan cahaya. Organ ringan berada di ujung tonjolan panjang yang menjorok ke depan. Hal ini disebabkan oleh peristiwa pencahayaan yang terjadi pada gurita jenis ini.

Heteroteuthis menyemprotkan sejumlah besar cairan bercahaya ketika dia terganggu. Proses ini sama dengan cumi-cumi biasa yang menyemprotkan tinta. Cumi-cumi merupakan salah satu hewan yang termasuk dalam kelompok avertebrata (tanpa tulang punggung).

Jenis Cara Membuat Cumi Bakar Pedas Manis

1. Cumi-cumi

Bentuknya lebih pipih dan lebih lebar dari cumi-cumi pada umumnya. Ukurannya mungkin lebih besar juga. Tentakelnya juga lebih pendek. Banyak orang yang menganggap keduanya sama padahal berbeda jenis. Warna cumi-cumi ini bervariasi, yaitu kuning atau coklat.

Sebagian besar dibuat menjadi sup, digoreng atau dipanggang. Sayangnya, cumi-cumi membutuhkan waktu lebih lama untuk dimasak daripada cumi-cumi lainnya. Cumi-cumi juga dikenal cukup amis, sehingga pembersihannya harus sangat teliti.

2. Cumi

Cumi yang banyak ditemukan di daerah Bangka memiliki daging berwarna putih cemerlang. Dagingnya tebal, siripnya lebar dan kulitnya menunjukkan bintik-bintik merah yang tersebar di seluruh permukaan.

Dibandingkan dengan cumi-cumi lainnya, cumi-cumi bangka memiliki ukuran yang cukup panjang. Panjangnya kira-kira 20-25cm. Gurita ini menjadi favorit banyak orang karena dapat digunakan dengan hidangan apa pun. Dimulai dengan cumi bakar, sup atau goreng!

3. Cumi asin kering

Sama seperti ikan, cumi juga bisa memiliki rasa asin, yang merupakan jenis cumi asin. Ukurannya paling kecil di antara spesies cumi-cumi lainnya. Selain itu, teksturnya juga kering. Sebenarnya cumi asin ini adalah cumi yang diasinkan dengan garam. Pengasinan ini berfungsi sebagai pengawet alami.

Cumi-cumi yang paling umum digunakan adalah cumisero, atau cumi-cumi telur, yang berukuran kecil. Jika Anda akan mengolah cumi-cumi ini, jangan terlalu banyak menambahkan garam lagi. Biasanya digunakan sebagai tumis dengan bumbu minimal karena cuminya sudah asin!

4. Sero Cumi

Dibandingkan dengan cumi-cumi Bangka, cumi-cumi sero berukuran lebih kecil. Panjangnya sekitar 10-15 cm. Bentuk cumi-cuminya memang pipih, tapi tidak ceper seperti cumi-cumi. Permukaan tubuhnya juga terdapat bintik-bintik merah, namun tidak sebanyak pada cumi-cumi Bangka. Cumi jenis ini biasanya dijadikan cumi asin kering.

Cumi-cumi ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di pasar atau supermarket. Cumi sero besar biasanya digoreng, dicampur sup, atau digoreng tepung. Lezat!

5. Telur cumi

Mirip dengan cumi sero, tetapi dengan perut yang lebih berisi. Biasanya dijual dalam berbagai ukuran di pasaran. Ada yang besar atau kecil. Cumi-cumi jenis ini juga sering dijadikan sebagai cumi asin, kecuali sebagai cumi sero. Terkadang saat dimasak bahan lain ditambahkan untuk membuatnya bengkak.

Manfaat Cara Membuat Cumi Bakar Pedas Manis

1. Kaya Akan Protein

Cara Membuat Cumi Bakar Pedas Manis memiliki kandungan protein yang tinggi, minimal 15,6 gram per 100 gram, selain itu cumi juga merupakan sumber protein yang lengkap dan merupakan sumber yang cukup dari sembilan asam amino esensial.

Protein memiliki banyak peran dalam menjaga kesehatan tubuh; Mulai dari pembentukan antibodi untuk sistem imun, penguatan jaringan tubuh hingga rasa kenyang lebih lama.

2. Mengandung Omega-3

Selain salmon dan makarel, omega-3 juga ditemukan di hampir semua makanan laut, termasuk cumi-cumi. Menurut Departemen Pertanian AS, cumi-cumi mengandung 0,5 gram asam lemak omega-3.Nutrisi tersebut berperan penting dalam tubuh, seperti menjaga kesehatan otak, mata, dan jantung. Selain itu, omega-3 juga berperan sebagai anti inflamasi yang dapat menurunkan risiko berbagai penyakit kronis.

3. Kaya Akan Vitamin B

Seperti jenis makanan laut lainnya, cumi-cumi merupakan sumber vitamin B yang baik. Setiap 85 gram cumi dapat menyediakan 31 persen kebutuhan harian yang direkomendasikan untuk riboflavin.

Cara Membuat Cumi Bakar Pedas Manis

Bahan Cara Membuat Cumi Bakar Pedas Manis :

  • 1/4 cumi-cumi segar
  • 2 iris lemon
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1 sdt garam
  • Bumbu halus
  • 5 buah cabe rawit setan (optional)
  • 5 siung bamer
  • 3 siung baput
  • 2 cm jahe kupas
  • Bumbu cemplung
  • 3 sdm kecap manis
  • 2 sdm saos pedas
  • 1 sdm madu
  • 1 sdt kaldu jamur
  • 100 ml air

Cara Membuat Cumi Bakar Pedas Manis

  1. Marinasi cumi dengan jeruk nipis/lemon, garam dan merica bubuk.
  2. Haluskan bumbu halus.
  3. Tumis bumbu halus sampai wangi, kemudian masukkan saos pedas, kecap manis, madu, garam dan merica bubuk.
  4. Masukkan cumi-cumi, masak sampai cumi mengeluarkan air. Jangan terlalu lama, nanti alot (kurleb 2 menitan saja)
  5. Angkat cumi, sisihkan. Kemudian panaskan grill. masak lagi sisa bumbu sampai airnya menyusut, nnti dioleskan pas mbakarnya.
  6. Letakkan cumi diatas grill, jgn lupa dibalik dan olesi dengan sisa bumbunya tadi. Cumi-cumi bakar pedas siap dihidangkan

Nah itulah cara membuat cumi bakar pedas manis yang enak dan simpel,cukup mudah untuk dibuat sendiri dirumah,bahan-bahannya juga mudah didapatkan di pasar atau supermarket dan terjamin kesehatannya.

Layanan Gesek Tunai Kartu Kredit Makin Marak

Selain untuk berbelanja, kartu kredit termasuk memberi tambahan fasilitas tarik tunai bagi para pengguna. Tarik tunai mampu dilakukan di anjungan tunai mandiri (ATM) terdekat....
Guithay thay
2 min read

Berikut Contoh Soal Perhitungan PPh Pasal 24?

PAJAK Penghasilan (PPh) Pasal 24 adalah salah satu type pelunasan PPh di dalam tahun berjalan yang merupakan pajak yang dibayar atau terutang di luar...
Guithay thay
1 min read