Cara Membuat Es Krim Dengan Mesin Mudah Dan Cepat

cara membuat es krim dengan mesin

Siapa yang tidak suka es krim? Makanan manis, dingin, dan menyegarkan yang dikemas dalam beragam rasa. Makanan yang banyak disukai anak-anak hingga orang dewasa. Jika Anda memiliki mesin es krim , dapat dibuat sendiri di rumah. Pada artikel kali ini saya akan membagikan resep cara membuat es krim dengan mesin.

 

Read More

Sejarah Es Krim

 

Yang pertama es krim diperkirakan ditemukan di Tiongkok tahun 618-907 silam, pada masa kekuasaannya raja shang dari dinasti tang. Kala itu raja shang meminta para pengawalnya untuk mengambil es sebagai hidangan di istana, es yang dimaksud kala itu adalah campuran dari hasil fermentasi susu dan tepung.

Yang kedua berasal dari masa kaisar romawi nero yang hidup di abad ke 54 sebelum masehi. Sang kaisar waktu itu memerintahkan para pengawalnya untuk membawa salju dari gunung yang kemudian dicampur dengan nektar, madu dan buah untuk disajikan pada sang kaisar.

 

Munculnya Es Krim Cone

cara membuat es krim dengan mesin

Mungkin sudah ada namun tidak populer begitulah es krim cone, baru pada tahun 1904 es krim cone muncul di acara gelaran world fair di St. louis. Kemunculan es krim cone ini menjadi populer dan banyak digemari orang, namun juga memicu banyak pengakuan dari beberapa pihak yang mengaku sebagainya.

Salah satunya adalah Ernest hamwi, seorang vendor asal suriah. Ernest mengaku pada acara tersebut ia menjual wafle, karena tidak begitu laris ia menawarkan waflenya pada penjual es krim yang terungkap, dugaan dugaan kejahatan sangat diminati pengunjung.

 

Cara Membuat Es Krim Dengan Mesin

cara membuat es krim dengan mesin

Bahan-Bahan :

  • Bubuk Soft Ice Cream 1Kg (Bisa dibeli di Supermarket/Toko Online)
  • Udara 3 Liter

Cara Membuat Es Krim Dengan Mesin :

  1. Yang pertama terletak 1 Kg Bubuk Soft Ice Cream dan 3 liter air ke dalam wadah atau baskom bersih.
  2. Selanjutnya kocok dengan mixer sampai campuran adonan, merata dan tidak ada yang menggumpal.
  3. Sementara itu, diamkan adonan selama 30 menit.
  4. Kemudin nyalakan mesin dan bilas tangki dengan air bersih.
  5. Masukkan adonan Soft Ice Cream tadi ke dalam tangki / wadah pada Mesin Es Krim dan tutup.
  6. Sementara itu, setting/Atur Mesin sesuai dengan yang diinginkan.
  7. Selanjutnya nyalakan proses pendinginan.
  8. Kemudian tunggu sampai mesin berhenti bekerja.
  9. Selanjutnya, Soft Ice Cream sudah siap untuk disajikan.
  10. Lalu tempatkan ke wadah yang sudah disiapkan.

 

Fakta Unik Tentang Es Krim Yang Belum Banyak Di buka

1. Hari Es Krim Di Canangkan Oleh Presiden Amerika Serikat Ronald Reagan

Hari Es Krim Sedunia tahun ini jatuh pada tanggal 19 Juli. Hari istimewa ini awalnya dicanangkan oleh Presiden Amerika Serikat, Ronald Reagan pada tahun 1984. Pada tahun tersebut, bulan Juli diresmikan sebagai Bulan Es Krim Nasional, yang kemudian berkembang menjadi sekaang yang ada setiap tahun.

2. Urutan Pertama Hidangan Penutup Terfavorit Di Dunia

Es krim merupakan hidangan penutup paling favorit, urutan pertama dari beragam jenis makanan penutup. Makanan ini  memang menjadi camilan enak yang digemari banyak orang. Coba perhatikan saat Anda atau orang lain menikmati es krim. Pasti di wajah terbersit rasa bahagia.

Iya, jangankan saat menikmatinya, saat menerimanya saja kita juga tanpa sadar biasanya akan tersenyum. Apa sih penyebabnya? Selain memberikan kelezatan rasa, es krim secara ilmiah telah terbukti dapat membuat kita menjadi lebih bahagia.

3. Es Krim Sundae Benar-Benar Dibuat Hanya Untuk Di Hari Minggu

Tahukah kamu, sesuai dengan namanya es krim sundae benar-benar dibuat hanya untuk hari Minggu. Sebab, pada saat itu di Amerika ada larangan untuk minum soda di hari Minggu.

Edward Berners, pemilik kedai es krim Ed Berners’ Ice Cream Parlor membuat menu khusus di hari Minggu, es sirup dengan topping es yakni sebagai pengganti rasa sodanya. Sejak saat itu, es krim ini jadi populer dan disajikan kapan pun.

 

Jenis-Jenis Es Krim Yang Paling Populer

1.Yoghurt Beku

Frozen yogurt atau froyo, adalah jenis es krim yang sudah ada sejak tahun 1981 dan masih populer hingga saat ini. Makanan beku ini dibuat menggunakan beberapa bahan yang sama seperti es krim, tetapi dengan persentase lemak yang jauh lebih rendah.

Ini didasarkan pada model sajian lembut tetapi tajam lebih rendah lemak dan menawarkan rasa, berkat yogurt. Sederhananya, froyo adalah yogurt dengan bentuk beku seperti es krim.

2. Gelato

Gelato berasal dari Italia dan dibuat dengan susu murni, tanpa menggunakan krim tambahan. Karenanya, persentase lemak susu menjadi lebih rendah daripada es krim konvensional.Secara tekstur, gelato jauh lebih padat daripada es krim standar Amerika. Itu karena susu mengandung volume susu yang lebih tinggi daripada krim.

3. Sorbet

Sorbet adalah makanan beku yang dibuat tanpa susu atau menggunakan sedikit susu. Makanan inidigunakan dengan buah-buahan, dan paling sering menggunakan buah beri beku. Sajian beku ini memiliki rasa yang menis dan segar dengan tekstur lebih padat.

Kadang-kadang, dalam pembuatan sorbet, ditambahkan putih telur untuk campuran sedikit lebih baik.Sementara itu,  juga ditambahkan alkohol untuk menurunkan suhu beku dan membuat tekstur yang lembut seperti es krim pada umumnya.

Meskipun kurang populer di Indonesia, tapi sebenarnya sajian ini sudah sejak lama ada di Australia, Amerika Serikat, Inggris, dan Prancis.

4. Serbet

Sherbet adalah campuran antara sorbet dan es krim. Artinya, es krim ini terbuat dari buah, tetapi juga mengandung susu.Jika kamu membuat serbat sendiri di rumah, kamu bisa menggunakan jus buah, teh, soda, atau cairan lain dan susu.

Serbet harus memiliki antara satu dan dua persen padatan susu. Secara tekstur, serbat cukup halus.Ini lebih lembut dari sorbet tapi kurang lembut dari es krim.

 

Jenis-Jenis Mesin Es Krim

1. Pengaduk Daya

Pertama, untuk membuat es krim , maka Anda membutuhkan sebuah power mixer. Power mixer merupakan salah satu mesin es krim yang sangat berguna pada proses awal pembuatan es krim.

Dengan mesin ini Anda dapat memproses adonan es krim dengan jauh lebih mudah.Selain itu, alat ini juga dapat digunakan untuk membuat roti, jus, dan masih banyak lagi.

2. Mesin Es Semen Lembut

Es krim merupakan salah satu kudapan yang sangat diminati oleh banyak kalangan, mulai dari anak-anak, dewasa, hingga orang tua.

Makanan ini sangat cocok dinikmati ketika hari sedang panas, apalagi di negara yang beriklim tropis, seperti di Indonesia.Faktor tersebut membuat es krim dapat menjadi pilihan bisnis yang menguntungkan bagi Anda.

Untuk menjalankan bisnis es krim, maka Anda membutuhkan beberapa mesin es krim agar kualitas produk yang dihasilkan dapat lebih berkualitas.Oleh karena itu, untuk membantu Anda, berikut adalah beberapa mesin yang dibutuhkan untuk membuat es krim.

3. Mesin Es Lolly

Jika bisnis Anda menjual segala jenis es krim, maka Anda juga membutuhkan sebuah mesin pembuat es krim.Mesin ini mampu menghasilkan es krim loli karena dilengkapi dengan mesin press beton dengan kualitas yang setara dengan pabrik.

Dengan memanfaatkan mesin ini, Anda akan dapat melayani para konsumen dengan lebih cepat serta biaya yang dibutuhkan menjadi lebih efisien.

Related posts