Cara Membuat Es Krim Sederhana Tanpa Mixer

Apa kabar? Sedang mencari resep camilan sehat yang cocok untuk makan di cuaca panas. Apalagi kalo bukan es krim, pada artikel kali ini saya akan membagikan resep cara membuat es krim sederhana tanpa mixer, sebelumnya ada yang belum pernah bikin? kalo belum yuk simak cara pembuatannya.

 

Read More

Apa Itu Es Krim Sederhana Tanpa Mixer?

Es krim merupakan sebuah panganan yang cukup diminati oleh para penggemarnya. Selain itu teksturnya, rasanya dapat mengundang selera orang. Makanan beku yang sebagian besar terbuat dari susu ini mampu mengundang banyak orang, bukan hanya anak-anak melainkan juga orang tua menyukai panganan ini.

 

Sejarah Es Krim 

Sejarah kemunculan Es Cream di percaya berawal dari zaman kepemimpinan Nero dari romawi dan di tahun 64 masehi yang sudah menikmati yang namanya namanya es krim pada zaman tersebut, mereka menyatap salju halus bersama dengan campuran buah buahan dan juga dengan madu.

Di sebutkan juga bahwa ternyata Nabi Sulaiman juga sangat menyukai minuman es. Pada abad 54 Sm pada zaman romawi, di situlah Raja Nero menyuruh prajuritnya untuk pergi ke pegunungan yang bersalju untuk mengambil es dan kemudian es tersebut dicampurkan dengan buah atau dijadikan sebagai jus.

Seribu tahun selanjutnya, Marco Polo juga melakukan pekerjaannnya di wilayah timur. Disitu dia membawa resep yang kemudian diberi nama Sorbet.

 

Es Krim Masuk Ke Indonesia

Pada abad ke 19, ternyata Indonesia dikenalkan es krim oleh belanda pada saat itu. Pada saat itu es krim bisa dinikmati oleh kaum bangsawan atau pemimpin disana. Dulu es termasuk barang mewah dan mahal yang hanya bisa dinikmati oleh orang kaya saja.

Setelah itu pada tahun 1950 indonesia sudah bisa memperkenalkan es krim pada masyarakat umum yang dulunya hanya bisa dinikmati oleh para bangsawan.

 

Cara Membuat Es Krim Sederhana Tanpa Mixer

cara membuat es krim sederhana tanpa mixer

Rasa es krim yang satu ini memang selalu jadi favorit banyak orang. Hanya dengan bahan-bahan sederhana pun kamu bisa buat sendiri di rumah.

bahan-bahan:

  • 1 liter susu segar
  • 200 gram gula pasir
  • 4 butir kuning telur ayam (kocok)
  • 15 gram tepung maizena
  • 1 sdm vanili
  • 3 sdm cokelat bubuk

Cara Membuat Es Krim Sederhana Tanpa Mixer :

  1.  Yang pertama tuang susu segar dan gula pasir ke dalam panci, kemudian masak hingga mendidih sambil terus diaduk.
  2. Selanjutnya campurkan secara perlahan bubuk cokelat sambil terus mengaduk.
  3. Kemudian ambil 1 sdm susu, campurkan dengan tepung maizena, aduk sampai larut.
  4. Setelah campuran itu tercampur sempurna, tuang ke dalam rebusan susu pertama, aduk hingga merata. Kemudian tambahkan vanili, aduk hingga rata.
  5. Berikutnya sari susu menggunakan kain tipis ke dalam wadah lain.
  6. Setelah susu tersaring sempurna, nikmati kuning telur di dalamnya. Aduk kembali hingga rata dan diamkan selama 10 menit.
  7. masukkan campuran susu ke dalam freezer. Tunggu selama 15 menit, aduk kembali es krimnya. lakukan hal ini sebanyak tiga kali untuk mendapatkan hasil es krim yang lembut.
  8. Selanjutnya masukkan es krim ke dalam freezer dan tunggu selama 8 jam untuk mendapat pembekuan yang sempurna.

Bagaimana resepnya mudah bukan? Sementara itu, jika Anda ingin proses pembuatan es krim nya cepat dan mudah Anda perlu menggunakan mesin es krim yang tentunya hasil akhirnya lebih baik dibandingkan dengan cara yang sederhana.

 

Tips Membuat Es Krim Sederhana Tanpa Mixer

1.Gunakan bahan yang segar dan berkualitas

bahan dasar membuat es krim, di antaranya adalah susu, krim kental, dan telur. Pastikan untuk membeli ketiga bahan tersebut dalam keadaan yang masih segar.

Kalau kamu ingin membuat es krim dengan rasa vanila pastikan untuk menggunakan biji vanila asli yang diolah sendiri daripada menggunakan rasa vanila buatan.

2. Es Krim Bekukan Loyang

Tips membuat es krim rumahan yang selanjutnya adalah bekukan loyang es krim salaam 24 jam sebelum digunakan. Gunakan loyang es krim yang sudah dibekukan sebelumnya agar hasil es krim buatan Anda tidak lembek dan adonan cepat mengeras hingga ke bagian dalam, atau jika ingin lebih sederhana lagi Anda bisa menggunakan mesin es krim .

3. Tambahkan Topping Setelah Es Krim Membeku

sebagian dari kamu mungkin suka dengan es krim yang ditambahkan topping untuk menambah rasa atau tekstur. Kamu bisa menambahkan potongan buah, kacang-kacangan, atau meses saat es krim beku. Kamu juga bisa menambahkan aneka topping atau perasa tersebut ke dalam adonan es krim setengah matang, mengocoknya hingga tercampur rata, dan membekukannya kembali.

4. Kocok Adonan Es Krim Dengan Cepat

Proses pengocokkan yang cepat bisa membuat udara di dalam adonan terkocok sehingga bisa menghasilkan adonan beku yang tidak keras.

5. Gunakan Wadah Berisi Potongan Es Batu

Selama proses pengocokkan yang kedua, gunakan wadah berisi potongan es batu. Hal itu untuk menjaga adonan tetap dingin dan tidak mengalami perubahan suhu yang drastis. Perubahan suhu bisa membuat adonan es krim menjadi mengkristal dan cepat mencair saat dinikmati. Dalam proses adonan es krim, gunakan wadah dari plastik.

 

Manfaat Es Krim Sederhana Tanpa Mixer

1. Memberi Energi Tambahan

Mengonsumsi es krim dapat memberi tambahan energi instan untuk tubuh Anda. Hal ini tak lepas dari kandungan gula yang terdapat dalam es krim. Banyaknya gula yang dipakai untuk membuat es krim bisa membantu membuat Anda merasa lebih berenergi dan bersemangat.

3. Memperkuat Tulang

Terbuat dari susu, es krim merupakan makanan yang mengandung cukup banyak kalsium. Kalsium sendiri adalah mineral yang dibutuhkan oleh tubuh Anda untuk menjaga kesehatan serta memperkuat tulang.

4. Membuat Perasaan Lebih Bahagia

Mengonsumsi es krim dapat membantu mengatasi rasa sedih. kandungan gula dalam es krim memicu pembukaan hormon serotonin dalam tubuh Anda. Serotonin sendiri merupakan hormon yang memberikan perasaan senang dan nyaman.

Related posts