Cara Membuat Filter Air Dari Sabut Kelapa Yang Mudah

Filter Air Dari Sabut Kelapa

Hallo semua,gimana kabar kalian?semoga sehat selalu ya.Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang  filter air dari sabut kelapa

Sabut Kelapa

Sabut merupakan bagian mesokarp yang berupa serat-serat kasar kelapa. Sabut biasanya disebut sebagai limbah yang hanya ditumpuk di bawah tegakan tanaman kelapa lalu dibiarkan membusuk atau kering. Pemanfaatannya paling banyak hanyalah untuk kayu bakar.Selain itu sabut kelapa juga bisa dijadikan bisnis jual cocomesh

Filter Air Dari Sabut Kelapa

Tahukah Anda bahwa air di sekitar kita mengandung banyak polutan? Sistem penyaringan air yang belum populer di masyarakat Indonesia membahayakan kesehatan kita. Padahal kehidupan sehari-hari dipenuhi dengan kebutuhan air yang tinggi.

Lalu bagaimana langkah yang tepat untuk tetap menjaga asupan air yang sehat dan bersih? Mengapa air tanpa filter berbahaya?

Fungsi filter air saat ini tidak hanya sebagai aksesori rumah mewah, tetapi juga berperan besar bagi kesehatan keluarga Anda.

Kotoran di Dalam Air

Tahukah Anda bahwa air yang Anda gunakan setiap hari mengandung kontaminan berbahaya?

Kontaminan bercampur dengan proses distribusi air, terutama dari pipa yang digunakan untuk membawa sumber air ke rumah.

Misalnya, kontaminan biologis adalah penyebab utama penyakit patogen. Air kotor membawa berbagai virus, seperti Norovirus, Giardia dan E. coli.

Kontaminan lainnya berasal dari bahan kimia organik dan anorganik. Jenis kontaminan kimia yang dibawa oleh air termasuk arsenik, trikloretilen, glifosat, dan nitrat. Hal ini dapat menyebabkan kanker dan penyakit serius lainnya.

Air yang tidak disaring seringkali mengandung zat timbal yang berbahaya. Pada akhirnya, zat tak kasat mata inilah yang menjadi sumber penyakit.

Apakah cukup untuk merebus air?

Orang sudah terbiasa dengan air mendidih. Hal ini juga terkait dengan keberadaan filter air yang belum populer.

Pada prinsipnya, air PAM yang banyak digunakan disiapkan sedemikian rupa sehingga benar-benar dapat langsung diminum tanpa ragu-ragu. Namun, kualitasnya turun drastis selama proses distribusi. Penyebab utamanya adalah pipa air tawar yang tidak standar.

Sebaliknya, air sumur atau air tanah tidak diketahui komposisi dan kualitasnya. Oleh karena itu, lebih baik tidak menggunakan air untuk memasak atau minum kecuali jika kualitas dan kualitasnya telah terbukti.

Tetapi apakah air mendidih cukup untuk membunuh bakteri dan polutan di dalam air?

Merebus air hingga mendidih dapat membunuh bakteri dan racun di dalam air. Namun, perlu diingat bahwa banyak jenis bakteri yang berlama-lama di air mendidih.

Kesimpulannya, merebus air sampai mendidih tidak cukup untuk menjamin kelayakan air untuk dikonsumsi.

Bagaimana jika Anda beralih ke filter air?

Berikut kami jelaskan beberapa keunggulan filter air untuk penggunaan sehari-hari.

Manfaat menggunakan Filter Air Dari Sabut Kelapa

Ada banyak keuntungan dan manfaat menggunakan filter air. Keberadaannya saat ini tidak hanya sebagai aksesori rumah tangga atau bagian dari standar hidup yang mewah.

Filter air adalah kebutuhan.

1. Hilangkan Elemen Jahat di Dalam Air

Pada paragraf sebelumnya Anda pasti sudah membaca tentang bahaya dan polutan di dalam air yang menjadi bagian dari kehidupan kita. Menggunakan filter air membantu menyaring unsur-unsur berbahaya seperti klorin, endapan terkalsifikasi, zat timbal, dan kontaminan kimia lainnya yang dapat tercampur dalam proses distribusi.

Klorin sering digunakan untuk membunuh bakteri dan kuman di dalam air. Sayangnya, ini mengarah pada penyakit serius seperti kanker. Kerak yang biasanya ada di saluran pembuangan juga menyebabkan batu ginjal dan masalah paru-paru.

Menggunakan filter air adalah keputusan yang bijaksana.

2. Lingkungan yang Lebih Baik

Meskipun air juga berasal dari tanah, pencemaran isinya juga berdampak luas terhadap lingkungan. Menggunakan filter air memiliki dampak positif bagi lingkungan tempat Anda tinggal.

Selain itu, tidak perlu membeli air minum kemasan sekali pakai karena air keran di rumah telah melalui proses sedemikian rupa agar tetap higienis.

3. Menghilangkan Bau Tak Sedap

Fungsi lain dari filter air adalah untuk menghilangkan bau tidak sedap yang biasanya berasal dari keran. Aroma tersebut berasal dari berbagai bahan kimia yang bercampur dengan kotoran dan kontaminan lainnya selama proses pendistribusian air.

Bahkan, tak jarang pasokan air tercemar zat logam berbahaya.

Saat Anda menggunakan filter, bau tidak sedap akan hilang dengan sendirinya.

4. Bisa Diminum

Air yang melalui proses penyaringan aman untuk diminum. Rasanya juga lebih enak dan alami.

Selain aman untuk dimasak dan diminum, air yang disaring membuat kopi dan teh Anda lebih nikmat. Anda akhirnya menghemat biaya untuk membeli air minum kemasan sekali pakai.

Filter air menawarkan fungsi dan manfaat jangka panjang bagi manusia dan lingkungan.

Filter Air Dari Sabut Kelapa

Keunggulan lain dari sabut kelapa dipecahkan, yaitu sebagai penyaring air. Saya ingat ketika SD diminta untuk melakukan aplikasi penyaringan air termasuk menggunakan pasir, kerikil, arang dan juga sabut. Bahkan air kotor menjadi jernih setelah penyaringan berulang kali. Sebuah kearifan lokal yang harus kita kembangkan.

Nah, ada pengalaman lain yang diadopsi dari Mas Sobirin, ia menggunakan sabut kelapa untuk mencuci kolom filter air.

Awalnya dia menggunakan karet busa untuk menyaring, tetapi karena karet busa cepat kotor dan karena itu perlu sering dibersihkan, dan karena karet busa mudah rusak, dia akhirnya menemukan cara untuk mengganti karet busa.

Akhirnya dia coba ganti dengan sabut, di luar dugaan air yang disaring lebih bersih, dan hebatnya sabut itu tahan lama dan tidak cepat kotor.

Saya percaya manfaat sabut sebagai pembersih atau filter dibantu oleh fungsi sabut sebagai agen antibakteri yang bersifat asam sehingga kontaminan organik cepat hancur. Sangat menarik bukan…?

Nah itulah Filter Air Dari Sabut Kelapa manfaat sabut sebagai pembersih atau filter dibantu oleh fungsi sabut sebagai agen antibakteri selain itu bisa dijadikan bisnis jual cocomesh.Sekian dari saya terimakasih.

Related posts