Cara Membuat Gula Semut dari Gula Aren

Cara Membuat Gula Semut dari Gula Aren

Selamat siang ,bertemu lagi dengan saya tentang belajar bagaimana cara membuat gula semut dari gula aren yang manis dan tentu asli dari pohonya .Yuk simak arikel dibawah ini

Gula aren  adalah pemanis yang terbuat dari nira yang berasal dari tandan bunga jantan pohon aren. Gula aren biasanya juga diasosiasikan dengan semua jenis gula yang terbuat dari nira, yaitu cairan yang dikeluarkan dari bunga-bunga pohon keluarga palma, seperti kelapa, aren, dan siwalan.

Versi bubuk gula aren juga dikenal sebagai gula semut atau gula kristal. Disebut gula semut karena bentuk gula ini seperti rumah semut yang bersarang di dalam tanah.Ada 2 proses cara pembuatan gula aren yaitu dengan cara tradisional dan modern dengan mengunakan mesin gula semut.

Cara Membuat Gula Semut dari Gula Aren

Cara Membuat Gula Semut dari Gula Aren

Bahan dan Peralatan yang dibutuhkan:

  • Getah kelapa segar
  • Kawat kasa
  • penggorengan besar
  • Perapian

Cara Membuat Gula Semut dari Gula Aren:

  1. Pertama  siapkan   kompor untuk menunggu proses perebusan atau pemanasan. Proses perebusan ini memakan waktu sekitar 3 jam, karena tergantung volume nira. Untuk proses ini Anda mengaduk jus sampai mendidih.
  2. Untuk proses pencampuran gula pasir, disini Anda bisa menggunakan bantuan mesin gula semut  yang sudah didesain untuk mengaduk gula merah. Jika Anda tidak memiliki mesin, maka Anda dapat menggunakan cara manual ini.
  3. Jika nanti muncul gelembung-gelembung bersama air nira yang mendidih, anda bisa membuangnya, sehingga bisa mendapatkan adonan gula yang tidak hitam, kering dan juga tahan lama. Untuk proses pemanasan bisa diakhiri setelah air nira menjadi kental sekitar 8%.
  4. Disini proses pengadukan lebih sering dilakukan agar sari buahnya kental dan menjadi kental. Untuk tahap ini harus dilakukan pembersihan busa dan kotoran halus.
  5. Setelah 10 menit berlalu, Anda bisa keluarkan dari penantian dan lakukan pengadukan kembali secara perlahan hingga terjadi proses kristalisasi.
  6. Jika sudah melewati proses kristalisasi, maka Anda bisa mempercepat pengadukan sehingga terbentuk serbuk yang kasar. Bubuk kasar ini biasa disebut gula semut setengah jadi dengan kadar air sekitar 5%.
  7. Gula semut yang setengah jadi ini dihaluskan terlebih dahulu agar gula kristalnya tetap menggumpal dan menjadi lebih halus.
  8. Setelah selesai, kemudian lanjutkan proses penyaringan dengan ukuran sekitar 20 mesh
  9. Untuk meningkatkan kandungan isi, disini anda bisa menggunakan oven dalam proses pengeringannya, agar hasilnya seragam, bagian gula pasir yang sudah mengeras bisa digunakan untuk penepungan dengan menggunakan alat bantu seperti mortar.
  10. Gula semut akhirnya siap digunakan.

Manfaat Gula Aren untuk Kecantikan

1. Mencegah kanker kulit

Gula aren merupakan sumber antioksidan yang baik bagi tubuh. Hal ini berguna untuk menangkal radikal bebas dan mencegah Anda dari berbagai penyakit, terutama kanker kulit.

Mengkonsumsi gula aren secara teratur juga membuat tubuh lebih sehat dibandingkan orang yang tidak mengkonsumsi gula aren sama sekali.

2. Mencegah jerawat

Selain dikonsumsi, gula aren dapat digunakan untuk perawatan kulit. Gula ini tidak menyebabkan iritasi dan peradangan, sehingga dapat membantu mengatasi jerawat dan komedo yang membandel.

3. Menghilangkan flek hitam

Selain jerawat, gula aren mampu menghilangkan noda dan mencerahkan kulit wajah. Anda hanya perlu membuat campuran 1 sendok makan gula aren bubuk, 1 sendok teh jus tomat, beberapa tetes lemon, dan bubuk kunyit.

Jika ingin mengkonsumsi gula semut, apa salahnya membuat gula semut sendiri, karena lebih bermanfaat dan memiliki banyak manfaat. Semoga gula semut ini dapat bermanfaat untuk anda semua.

4.Kulit halus

Gula aren memiliki asam glikolat yang berguna untuk menghaluskan kulit. Penggunaannya cukup sederhana.Anda hanya perlu mencampurkan 2 sendok teh madu, dengan tambahan beberapa tetes lemon, dan 1 sendok makan gula merah sampai mengental.

Sekian dari saya bila ada salah kata dengan artikel saya tentang  cara membuat gula semut dari gula aren  asli dan praktis bisa dibuat di rumah ,Selamat mencoba.

Related posts