Cara Membuat Keripik Singkong Dengan Kapur Sirih Yang Benar

2 min read

Cara Membuat Keripik Singkong Empuk Dan Renyah Yang Baik

Kali ini saya akan berbagi mengenai cara membuat keripik singkong dengan kapur sirih. Kalian pasti penasaran dengan prosesnya. Maka dari itu marilah kita simak penjelasan dibawah ini terlebih dahulu.

Singkong

Singkong

Ketela pohon atau yang biasa dikenal dengan ubi kayu, merupakan pohon tahunan tropika dan subtropika dari keluarga Euphorbiaceae. Biasanya dijadikan olahan pangan karena kandungan kerbohidratnya yang tinggi, sedangkan daunnya biasa dijadikan sayuran.

Cara Membuat Keripik Singkong Dengan Kapur Sirih Yang Benar

Cara Membuat Keripik Singkong Dengan Kapur Sirih Yang Benar

Bahan-bahan:

  • Singkong
  • Air kapur sirih untuk merendam
  • secukupnya Garam
  • Bawang putih
  • Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat Keripik Singkong Dengan Kapur Sirih Yang Benar:

  1. Kupas lalu iris setipis mungkin, cuci bersih, rendam ke dalam air kapur sirih selama 30 mnt.
  2. Cuci rendaman dengan air bersih, kemudian rendam sebentar di larutan air garam dan irisan bawang.
  3. Angkat dan tiriskan. Pastikan airnya benar” hilang saat mau menggoreng. Kalau saya singkongnya saya jemur sebentar bun, setelah itu di goreng. Setelah di goreng boleh dikasih bumbu balado ataupun polosan juga enak.
Baca Juga: Cara Membuat Keripik Singkong Renyah Tidak Keras

Jenis-jenis Singkong Yang Banyak Di Budidayakan Oleh Petani

1.Singkong Mukibat

Pada tahun 1903-1966, singkong mukibat dibudidayakan oleh Bapak Mukibat yang berasal dari Ngadiwulih, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Adalah hasil okulasi dari batang bawah ubi kayu dan ubi kayu karet. Memiliki ukuran 3-6 kali lebih tinggi dari umbi biasa. Rasanya cenderung pahit dan biasanya diambil kandungan patinya untuk bahan bieotanol.

2.Singkong Gajah

Memiliki ukuran yang sangat besar, Umbi yang berasal dari Kalimantan Timur ini ditemukan oleh Profesor Ristono. Beliau adalah Guru Besar Ahli Matematika di Universitas Mulawarman. Banyak diminati oleh petani karena menghasilkan dalam jumlah banyak.

3.Singkong Manggu

Adalah yang biasa kita temukan di pasaran dan paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Berasal dari Jawa Barat yang bisa diolah menjadi beragam makanan, seperti gorengan, singkong rebus, tape, getuk, keripik singkong, hingga singkong bakar.

4.Singkong Emas

Meskipun namanya singkong emas, bukan berarti memiliki warna emas. Disebut demikian karena ini bisa menghasilkan keuntungan yang fantastis! Berasal dari Bengkulu dan merupakan hasil dari perkawinan singkong Thailand dan karet lokal.

Dengan masa panen yang cepat yang hanya sekitar 7 bulanan dan ditanam dalam lahan seluas 1 hektar, tanaman ini bisa menghasilkan ratusan ton. Biasanya diolah menjadi tepung, bahan jamu, minyak kompor, dan pakan ternak.

5.Singkong Putih

Bagi kamu yang ingin membuat kolak atau sup dari umbi ini, maka gunakan yang putih sebagai bahan dasarnya. Sesuai dengan namanya, memiliki warna daging yang putih namun bertekstur keras.

Oleh karena itu, bagian yang putih lebih cocok digunakan untuk beragam makanan yang dikukus atau direbus. Umumnya  menghasilkan 2-3 kilogram per batangnya dan memiliki masa panen selama 9 bulan.

6.Singkong Mentega

Memiliki warna kuning yang khas dan teksurnya yang empuk, legit, dan kenyal. Rasanya yang manis membuat singkong mentega sering diolah menjadi tape atau sekedar direbus menjadi camilan rumahan. Bahkan singkong ini disebut sebagai salah satu umbi istimewa karena rasanya yang menggugah selera.

 7.Singkong Darul Hidayah

Karena keistimewaannya tersebut, Banyak dicari orang. Biasanya diolah menjadi bahan baku industri, tape, combro, tepung tapioka, getuk, hingga bioetanol. Masa panennya adalah 12 bulan dan sekalinya panen bisa menghasilkan omzet hingga ratusan juta.

Tinggi tanaman ini mencapai 3,65 meter dan memiliki warna batang tua yang putih dan tekstur dagingnya yang padat. Tanaman ini agak peka dengan hama tungau merah dan penyakit jamur.

8.Singkong Cimanggu Super

Memiliki diameter batang sekitar 4-5 cm juga memiliki keistimewaan tersendiri, yaitu memiliki rasa yang manis, tekstur daging yang lembut dan renyah, tidak mengandung racun, dan memiliki kandungan pati yang tinggi.

Mempunyai masa panen selama 8-10 bulan. Memiliki warna kulit batang yang kecokelatan dan batang dalamnya berwarna putih kecokelatan. Bisa diolah menjadi tepung, tape, keripik, bahan baku bioethanol, brownies, sirup, dan lain-lain.

9.Singkong Adira 1

Adalah jenis unggulan yang sudah ada sejak tahun 1986. Warna dagingnya adalah kuning dan kulitnya berwarna cokelat seperti pada umumnya. Mengandung kadar tepung sebanyak 45 persen. Rasanya yang manis membuat dapat diolah menjadi berbagai makanan. Masa panennya sekitar 7 – 10 bulan. Hal istimewa adalah tahan terhadap hama, seperti tungau merah dan bakteri hawar daun.

10.Singkong Adira 2

Memiliki warna ungu muda pada daging bagian dalam dan kulitnya putih dan cokelat. Banyak digunakan untuk bahan industri tepung tapioka dan memiliki rasa yang pahit.

Tidak baik dikonsumsi segar karena mengandung HCN yang tinggi. Kandungan tersebut bisa menyebabkan keracunan pada manusia maupun pada hewan. Memiliki masa panen selama 8-12 bulan serta tahan terhadap tungau merah dan penyakit layu.

Itulah sekian cara membuat keripik singkong dengan kapur sirih. Dan beberapa jenis jenisnya sekaligus penjelasannya agar kalian bisa memahami dulu lalu bisa mencoba membuatnya. Selamat mencoba semoga berhasil dan terimakasih semoga bermanfaat.

 

Agency Digital Jakarta Selatan

Yang sedang popular sementara ini ialah marketing online yanag banyak dilirik oleh para pelaku usaha maupun merk besar.Menariknya memanfaatkan Agency Digital Jakarta sendiri adalah,...
Guithay thay
1 min read

Langkah Menonton Film di Telegram secara Gratis dan Tanpa…

Aktivitas melihat film sekarang ini bukan hanya dapat dicicipi di bioskop atau tayangan tv saja. Karena zaman telah makin hebat beberapa program kekinian sediakan...
Guithay thay
3 min read

Intel Core i9-12900K, Di-claim Sebagai Processor Gaming Terbaik di…

Intel Core i9-12900K, Di-claim Sebagai Processor Gaming Terbaik di Dunia Berapa luar biasa Intel Core i9-12900K ini? Intel sah memperkenalkan keluarga processor Intel Core...
Guithay thay
4 min read