Cara Membuat Keripik Singkong Empuk Dan Renyah Yang Baik

2 min read

Hari ini saya akan berbagi mengenai cara membuat keripik singkong empuk dan renyah. Untuk pertama-tama kita akan membahas tentang pengertiannya. Maka dari itu, marilah kita simak selengkapnya hanya di bawah ini.

Singkong

Singkong

Ketela pohon atau yang biasa dikenal dengan ubi kayu, merupakan pohon tahunan tropika dan subtropika dari keluarga Euphorbiaceae. Biasanya dijadikan olahan pangan karena kandungan kerbohidratnya yang tinggi, sedangkan daunnya biasa dijadikan sayuran.

Di Indonesia,tanaman ini merupakan produksi hasil pertanian pangan ke dua terbesar setelah padi, sehingga mempunyai potensi sebagai bahan baku yang penting bagi berbagai produk pangan dan industri.

Cara Membuat Keripik Singkong Empuk Dan Renyah Yang Baik

Cara Membuat Keripik Singkong Empuk Dan Renyah Yang Baik

Bahan-bahan:

  • 1/2 kg singkong
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 5 buah cabai merah (sesuai selera)
  • 1 butir gula merah
  • Garam
  •  Air
  • Minyak secukupnya

Cara Membuat Keripik Singkong Empuk Dan Renyah Yang Baik:

  1. Siapkan air di panci kemudian rebus dan beri garam secukupnya. Rebus hingga empuk kurang lebih 5-7 menit. Angkat, tiriskan.
  2. Goreng dengan metode deep fry hingga kecokelatan, lalu angkat dan tiriskan.
  3. Haluskan duo bawang dan cabai, tumis hingga harum lalu tambahkan sedikit air. Kemudian masukkan gula merah yang sudah disisir.
  4. Tambahkan garam, koreksi rasa lalu aduk-aduk hingga gula larut dan air pada bumbu habis.
  5. Matikan api, masukkan yang sudah di goreng, aduk hingga bumbu tercampur rata, sajikan.
Baca Juga: Cara Membuat Keripik Ubi Yang Renyah

Manfaat Singkong

1.Kaya akan Nutrisi Penting

Dikutip dari Badan Ketahanan Pangan, setiap 100 gramnya mengandung sejumlah nutrisi, yaitu

154 kkal energi,v1 gram protein, 36,8 gram karbohidrat, 31 mg vitamin C, 1,1 mg zat besi, 77 mgkalsium, 0,9 gram serat. Yang rebus juga cocok dimasukkan ke dalam menu diet rendah lemak dengan kandungan hanya 0,3 gram saja.

Selain itu juga mengandung beberapa vitamin dan mineral lain seperti folat, niacin, thiamin, riboflavin, pyridoxine, vitamin A, E, K, dan mangan. Publikasi Kementerian Pertanian tahun 2016 menunjukkan Indonesia adalah negara produsennya terbesar di dunia urutan ketiga.

2.Menurunkan Risiko Sindrom Metabolik

Adalah kombinasi beberapa gangguan kesehatan yang mengindikasikan adanya risiko yang lebih tinggi terkena diabetes atau penyakit jantung. Biasanya ditandai oleh gejala-gejala seperti meningkatnya kadar gula dalam darah, kadar kolesterol, dan lingkar pinggang, di antara faktor lainnya.

Memiliki kandungan flavonoid dan serat yang dapat melindungi tubuh dari berkembangnya sindrom metabolik dan komplikasi terkait lainnya.

3.Mempercepat Penyembuhan Luka

Kaya akan vitamin C, dapat membantu penyembuhan luka lebih cepat. Dengan kandungan 31 mg vitamin C dalam 100 gram, jumlah ini cukup untuk memenuhi sekitar 34 persen kebutuhan harian orang dewasa.

4.Menurunkan Tekanan Darah

Dalam 100 gramnya juga terkandung potasium yang memenuhi sekitar 6 persen kebutuhan harian. Mampu menurunkan tekanan darah dengan membantu menyeimbangkan kadar garam dalam darah.Sebagai sumber potasium yang cukup tinggi, selain pisang dan kentang, tanaman ini merupakan  pilihan tepat dimasukkan dalam menu makanan sehari-hari bagi penderita hipertensi atau siapa saja yang ingin menjaga tekanan darah agar tetap sehat.

5.Cocok untuk Diet

Hasil penelitian dalam The American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa serat dan pati yang berasal dari umbi-umbian meningkatkan bakteri pencernaan yang lebih sehat serta mengurangi hasrat konsumsi makanan yang asin, manis, dan berlemak tinggi.

Serat dalam secara positif berdampak pada microbiome usus yang meningkatkan perasaan kenyang dan cukup. Dengan mencegah makan berlebih dan mengurangi konsumsi makanan-makanan yang terlalu asin, manis, dan berlemak tinggi, metabolisme tubuh dapat menjadi lebih baik dan berat badan juga dapat turun.

6.Membantu Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dan beta-karoten yang cukup tinggi. Keduanya berfungsi sebagai antioksidan yang membantu melindungi sel dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Tidak hanya umbinya, daunnya pun juga mengandung saponin dan flavonoid, keduanya diketahui bersifat antibakteri dan anti-inflamasi yang menjaga tubuh terhindar dari peradangan dan penyakit.

7.Mengatasi Diare dan Konstipasi

Mampu membantu mengatasi diare. Serat tidak larut yang terkandung dalam tanaman tersebut adalah membantu penyerapan cairan berlebih dalam usus.Selain itu, seratnya juga tergolong dalam serat prebiotik, yang dapat berfermentasi dalam sistem pencernaan dan membantu mengembalikan komposisi bakteri baik dalam usus, sehingga membantu mengembalikan kesehatan usus secara keseluruhan.

8.Menurunkan Demam

Saat merebus dengan daunnya, ini akan meningkatkan kemampuan untuk meredakan demam. Bisa membuat ramuan alami ini untuk diminumkan pada anak atau orang dewasa.

9.Mengatasi Cacingan pada Anak

Makan umbi rebus diketahui dapat membantu mengatasi cacing dan parasit berbahaya di perut dan usus manusia. Akarnya membantu menghilangkan cacing di usus dan menjaga kesehatan tubuh. Cobalah untuk merebusnya dengan suhu yang panas, setelah itu minum sekali sehari.

10.Menambah Napsu Makan Harian

Karbohidrat dan serat didalamnya memainkan peran penting dalam mengembalikan nafsu makan anak-anak. Jika anak sedang merasa lelah dan tidak nafsu makan, karena alasan emosional atau fisik, cobalah memasukkan beberapa potong ke dalam menu hariannya.

Demikian itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai cara membuat keripik singkong empuk dan renyah. Kalian bisa mencoba membuatnya dirumah karena ini sangat mudah. Selamat mencoba semoga berhasil dan bermanfaat. Terimakasih sudah mau meluangkan waktunya.

Agency Digital Jakarta Selatan

Yang sedang popular sementara ini ialah marketing online yanag banyak dilirik oleh para pelaku usaha maupun merk besar.Menariknya memanfaatkan Agency Digital Jakarta sendiri adalah,...
Guithay thay
1 min read

Langkah Menonton Film di Telegram secara Gratis dan Tanpa…

Aktivitas melihat film sekarang ini bukan hanya dapat dicicipi di bioskop atau tayangan tv saja. Karena zaman telah makin hebat beberapa program kekinian sediakan...
Guithay thay
3 min read

Intel Core i9-12900K, Di-claim Sebagai Processor Gaming Terbaik di…

Intel Core i9-12900K, Di-claim Sebagai Processor Gaming Terbaik di Dunia Berapa luar biasa Intel Core i9-12900K ini? Intel sah memperkenalkan keluarga processor Intel Core...
Guithay thay
4 min read