Cara Membuat Keripik Tempe Pedas Sederhana

1 min read

Pada artikel saya kali ini, saya akan membagikan resep cara membuat keripik tempe pedas. Tapi, sebelum masuk ke pembahasannya apakah kalian tahu keripik tempe itu apa? Simak sedikit penjelasannya di bawah ini.

Apa Itu Keripik Tempe?
cara membuat keripik tempe pedas

Tempe di dalam sejarahnya memang berasal asli dari Indonesia, ada beberapa penemuan Manuskrip kuno dari tanah Jawa yang mengatakan mengenai keberadaan jenis makanan ini.

Ternyata sangat membanggakan tempe ini memang warisan asli dari nenek moyang kita sendiri dan sudah turun temurun sampai saat ini. Makanan ini masih menjadi tradisi kuliner bangsa sendiri dan bahkan tempe sudah mulai dikenal oleh negara lain.

Didalam perkembangan saat mengolah kedelai menjadi tempe sampai saat ini sudah sangat pesat perkembangannya. Jika di lihat dari dalam negri dari kebutuhan kedelai Indonesia yang sudah sangat besar.

Mungkin ironis sekali jika menunjangnya area dan lahan yang memiliki potensi untuk dapat memproduksi kedelai sendiri. Tetapi kita malah ketergantungan dengan pasokan kedelai dari Amerika.

Keripik tempe adalah salah satu jenis olahan makanan yang terbuat dari bahan tempe kedelai yang diiris tipis digoreng. Kemudian dicampur dengan bumbu rempah serta bahan bahan lainnya. Proses pembuatan keripik tempe ini berbeda dengan cara membuat kerupuk kedelai kotak.

Jika kalian ingin membuat keripik tempe pedas, mungkin artikel saya ini cocok untuk kalian.

Cara Membuat Keripik Tempe Pedas

cara membuat keripik tempe pedas

Bahan-Bahan :

  • Tempe 2 bungkus iris tipis-tipis
  • Tepung beras 200gr
  • Tepung tapioka 100gr
  • Telur 1 butir
  • Air 300ml

Bahan Bumbu Halus :

  • Bawang putih 6 siung
  • Cabe rawit 5 buah atau sesuai selera kalian
  • Kunyit 1 potong kecil aja
  • Ketumbar 1 sdt
  • Garam 1 sdt
  • Kemiri 3 butir
  • Daun jeruk 2 lembar
  • Kaldu bubuk ayam secukupnya.

Cara Membuat Keripik Tempe :

  1. Potong tempe terlebih dahulu tipis-tipis. Haluskan bahan bumbu halus untuk keripik tempe.
  2. Campurkan semua bahan tepung, lalu tambahkan air. Campur sampai adonan rata kalau ingin hasil tepung agak tebal kalian bisa menggnakan airnya  250 ml  saja.
  3. Siapkan wajan dan tuangkan minyak. Panaskan terlebih dahulu, lalu celupkan tempe tadi ke dalam adonan yang sudah kalian buat tadi, satu per satu.
  4. Setelah tempe berwarna agak kecoklatan dan garing kalian bisa mengangkat, lalu tiriskan.
  5. Diamkan sampai dingin, lalu simpan kedalam toples dengan tutup rapat.

Baca Juga : Cara Membuat Bolang Baling Manis dan Empuk

Berikut ini manfaat mengkonsumsi keripik tempe.

Manfaat Keripik Tempe

cara membuat keripik tempe pedas

1. Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol

Tempe ternyata banyak mengandung protein tinggi, tetapi protein tersebut tidak sama dengan protein hewani. Protein yang terdapat pada keripik tempe lebih cenderung dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh kita.

2. Sebagai Sumber Energi

Keripik tempe ternyata juga mengandung vit B2 atau riboflavin yang dapat memperlancar proses metabolisme energi dan juga dibutuhkan saat metabolisme karbohidrat, protein, hingga lemak. Dengan adanya riboflavin pada tempe, maka kalian akan terhindar dari kekurangan energi karena riboflavin dapat memproduksi energi tubuh menjadi lebih stabil lagi.

3. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Keripik tempe juga mengandung serat yang berfungsi untuk mengikat lemak dan kolesterol sehingga dengan mengkonsumsi tempe. Kalian juga dapat menurunkan berat badan karena adanya serat tersebut juga berfungsi untuk menjaga kesehatan sistem usus dan sistem pencernaan kalian.

4. Mencegah Terkena Kanker

Isoflavon yang terdapat di dalam keripik tempe ini ternyata juga dapat mencegah kanker. Manfaat dari isoflavon bagi kalian untuk perbaikan sel atau mencegah kerusakan sel yang biasanya diakibatkan polusi atau sinar matahari. Isoflavon ini juga dapat berfungsi untuk mencegah kanker berbahaya seperti kanker payudara, prostat, hingga kanker rahim.

Agency Digital Jakarta Selatan

Yang sedang popular sementara ini ialah marketing online yanag banyak dilirik oleh para pelaku usaha maupun merk besar.Menariknya memanfaatkan Agency Digital Jakarta sendiri adalah,...
Guithay thay
1 min read

Langkah Menonton Film di Telegram secara Gratis dan Tanpa…

Aktivitas melihat film sekarang ini bukan hanya dapat dicicipi di bioskop atau tayangan tv saja. Karena zaman telah makin hebat beberapa program kekinian sediakan...
Guithay thay
3 min read

Intel Core i9-12900K, Di-claim Sebagai Processor Gaming Terbaik di…

Intel Core i9-12900K, Di-claim Sebagai Processor Gaming Terbaik di Dunia Berapa luar biasa Intel Core i9-12900K ini? Intel sah memperkenalkan keluarga processor Intel Core...
Guithay thay
4 min read