Cara Membuat Media Tanam Dari Sabut Kelapa yang Mudah

2 min read

cara membuat media tanam dari sabut kelapa

Sabut kelapa merupakan salah satu alternatif untuk membuat media tanam. Sabut kelapa juga mudah di temukan dari limbah rumah tangga. Kali ini saya juga akan membagikan cara membuat media tanam dari sabut kelapa. Selain media tanam, sabut kelapa juga bisa dijadikan cocomesh jaring sabut kelapa.

Cara Membuat Media Tanam Dari Sabut Kelapa

cara membuat media tanam dari sabut kelapa

Sabut Kelapa Sebagai Media Tanam Hidroponik

Sebagai pengganti tanah, cocopeat dapat digunakan sebagai media tumbuh hidroponik dan organik, media tumbuh dan okulasi tanaman. Karena mengandung klorin tingkat tinggi, klorin membentuk asam klorida ketika bereaksi dengan air.Akibatnya media tumbuh menjadi asam, pada umumnya tanaman membutuhkan kondisi media yang netral. Jadi sebelum digunakan alangkah baiknya dicuci terlebih dahulu agar kandungan klorin berkurang.

Substrat tanaman yang terbuat dari serat tempurung kelapa diharapkan dapat menjadi alternatif dunia untuk meningkatkan kesuburan tanah. Karena bercampur dengan tanah berpasir, terciptalah tanaman yang luar biasa. Namun karena kurangnya kandungan unsur hara pada media ini maka penggunaannya masih diperlukan untuk pupuk dan unsur hara tanaman.

Hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan cocopeat :

  • Untuk mencegah adanya unsur kimia yang menghambat pertumbuhan tanaman, sebaiknya Anda mencucinya terlebih dahulu.
  • Campurkan cocopeat dengan media tanam lain untuk mengurangi kelembapan yang terlalu tinggi agar tanaman tidak terserang penyakit busuk akar.
  • Jauhi pemakaian net pot hidroponik dikarenakan bahan yang ada di dalamnya akan terbawa nutrisi tanaman.
  • Anda tidak perlu terlalu sering menyiram karena mampu menyerap air, yang menyebabkan kandungan air dalam media tumbuh tinggi. Ini dilakukan untuk mengurangi resiko akar tanaman membusuk karena terkena banyak air.

Kelebihan dan kekurangan Sabut Kelapa Sebagai Media Tanam

Sabut dapat menjadi media tanam pengganti tanah, sabut kelapa mempunyai beberapa kelebihan daripada media tanam lainnya. Manfaat ini meliputi:

1. Ramah lingkungan

Tempurung kelapa merupakan bahan organik, sehingga ramah lingkungan dan dapat terurai di dalam tanah jika tidak digunakan. Cocopeat juga dapat didaur ulang setelah digunakan dan digunakan kembali setelah pengolahan pertama.

2. Mudah digunakan

Media tanam ini sangat cocok untuk pemula yang baru belajar menanam tanaman hidroponik karena tekstur dan bentuknya yang seperti tanah, sehingga mudah digunakan. Selain itu, perawatannya relatif mudah dibandingkan dengan media tanam lainnya.

3. Dapat menyerap air

Dengan menggunakan baki sebagai bahan dasarnya, media tanam ini memiliki daya serap air yang cukup baik, yakni hingga 10 kali lipat. Kapasitas air juga lebih banyak dari kapasitas tanah sehingga akar tanaman tidak mudah kering dan terhindar dari dehidrasi. Karena itu, tanaman harus jarang disiram agar akar tanaman tidak cepat busuk.

4. Lebih tahan lama

Selain untuk penggunaan jangka panjang dan permanen, kelapa juga dapat melindungi tanaman dari serangan hama, karena hama yang keluar dari tanah tidak suka berada di media tanam ini.

5. Teksturnya mirip dengan bumi

Meskipun memiliki tekstur seperti tanah dan tanaman dapat beradaptasi dengan baik untuk tumbuh dengan media tanam sabut kelapa ini, Anda perlu memberikan larutan nutrisi karena tidak mengandung nutrisi apa pun.

6. Keuntungan lainnya

Selain digunakan untuk media tanam, manfaat lainnya antara lain digunakan sebagai media ternak cacing, bahan bakar produksi batubara, dan bahan baku pembuatan mebel.

Kekurangan Sabut Kelapa Sebagai Media Tanam :

  1. Tidak mengandung unsur hara, sehingga menambah nutrisi suplemen dan unsur hara tanaman untuk menunjang pertumbuhan tanaman.
  2. Tidak steril dari jamur patogen, sehingga media tanam ini harus dicuci dan dijemur sebelum digunakan untuk meminimalkan keberadaan jamur atau hama perusak lainnya di dalamnya.
  3. Tak cocok untuk akar tanaman yang cenderung hidup di lahan kering, karena media tanam ini pada dasarnya menyerap air dan mempunyai kapasitas air yang tinggi. Sehingga ketika digunakan untuk menanam sayuran seperti kol dan brokoli, tanaman akan cepat membusuk dari banyaknya air di akar.

Cara Membuat Media Tanam Dari Sabut Kelapa

Alat dan bahan :

  • kelapa kelapa
  • Saringan
  • Alat tekan

Cara Membuat Media Tanam Dari Sabut Kelapa :

  1. Pilih serat tempurung dari kelapa yang sudah tua atau matang.
  2. Rendam selama 6 bulan terlebih dahulu untuk menghilangkan kandungan zat kimia pada sabut kelapa yang bisa menghambat pertumbuhan tanaman. Kandungan tanin ditonjolkan dengan adanyanya warna merah bata saat kulitnya direndam dalam air.
  3. Selanjutnya, Anda perlu mengolah batok kelapa menjadi bubuk tempurung untuk membuat bubuk dari batok kelapa. Anda dapat menggunakan mesin untuk membantu. Namun, jika mesin tidak tersedia, Anda dapat memotong polong setipis mungkin.
  4. Jemur serbuk tempurung selama 1 hari agar kandungan airnya berkurang sekitar 15%
  5. Anda dapat mengukur kelembaban dengan menekan
  6. Jika kadar air di bawah 15%, langkah selanjutnya adalah proses pengayakan. Hasil saringan cup powder biasanya disebut dengan “debu”.
  7. Sisa dari proses pengayakan berupa serat cangkang kasar, disebut juga serat, dipisahkan dari saringan halus atau debu dan kemudian dapat dijual langsung sebagai bahan bakar untuk produksi panel karbon dan bubuk atau panel flanel untuk furnitur.
  8. Ayak beberapa kali untuk mendapatkan bubuk dengan panjang yang sama.
  9. Kemudian datanglah proses pencucian yang biasa dilakukan saat hujan, agar proses pencucian bisa lebih maksimal.
  10. Setelah dicuci, kulit bubuk dikeringkan sampai kadar air minimum mencapai 12%.
  11. Selain itu, untuk mendapatkan hasil akhir dengan bentuk balok yang sesuai, debu dipres dengan mesin press.
  12. Biasanya bentuk yang dipakai berukuran 30 x 30 x 20 cm atau 30 x 30 x 15 cm dan memiliki berat masing-masing sekitar 5 kg.

Mungkin itu artikel tentang cara membuat media tanam dari sabut kelapa beserta dengan manfaat dan kekurangannya. Cocopeat ini merupakan alternatif media tanam yang cocok untuk anda yang tidak punya lahan untuk bercocok tanam.

Layanan Gesek Tunai Kartu Kredit Makin Marak

Selain untuk berbelanja, kartu kredit termasuk memberi tambahan fasilitas tarik tunai bagi para pengguna. Tarik tunai mampu dilakukan di anjungan tunai mandiri (ATM) terdekat....
Guithay thay
2 min read

Berikut Contoh Soal Perhitungan PPh Pasal 24?

PAJAK Penghasilan (PPh) Pasal 24 adalah salah satu type pelunasan PPh di dalam tahun berjalan yang merupakan pajak yang dibayar atau terutang di luar...
Guithay thay
1 min read