Cara Membuat Minyak VCO Tradisional yang Mudah

cara membuat minyak vco tradisional

Bingung tentang cara membuat minyak vco tradisional? pusing karena sudah mencari cara dan tidak bisa? Tenang, pada artikel kali ini saya akan membagikan tutorialnya. Jika kamu penasaran untuk mencobanya, saya akan memberikan tutorial cara membuat minyak vco tradisional yang mudah.

Pengertian Minyak VCO

Dikenal juga sebagai minyak VCO, minyak kelapa murni memiliki banyak kegunaan, mulai dari obat luar untuk kondisi kulit hingga minuman untuk menyehatkan tubuh. Apa manfaat VCO yang terbukti secara medis?

Minyak VCO adalah minyak yang dihasilkan dari daging kelapa segar yang sudah tua. Proses pembuatannya juga menggunakan cara alami, yaitu tidak dipanaskan dengan suhu yang sangat tinggi, belum lagi pencampuran bahan kimia. Secara tradisional, VCO dapat dibuat dengan cara memeras kelapa tua dan mengambil santannya.

Santan kemudian diproses melalui fermentasi atau pencampuran beberapa enzim atau menggunakan mesin centrifuge untuk memisahkan ampas kelapa, air dan minyak murni yang dikenal sebagai minyak VCO. Secara lebih modern, minyak VCO dibuat dengan cara mengeringkan kelapa tua segar menggunakan mesin khusus. Kelapa kering kemudian dimasukkan ke dalam mesin pengepres untuk mengekstrak minyak murni.

Cara Membuat Minyak VCO Tradisional

cara membuat minyak vco tradisional

  1. Parut daging kelapa kemudian peras santannya (bisa juga ditambahkan sedikit air supaya santan yang keluar menjadi lebih banyak).
  2. Didihkan santan dengan api kecil selama 2-3 jam. Pastikan santan tidak gosong dengan sesekali diaduk.
  3. Setelah santan berubah warna menjadi coklat dan mengental, minyak kelapa akan mulai muncul di atas santan.
  4. Matikan api dan biarkan pada suhu ruang.
  5. Setelah panas, tuangkan minyak ke dalam wadah yang dialasi kain bersih atau tisu tanpa pewangi untuk memisahkan minyak dari santan.

Manfaat Dari Minyak VOC Untuk Kesehatan

  •  Mengurangi risiko penyakit jantung

Manfaat lain dari minyak kelapa adalah dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Manfaat kolesterol minyak kelapa murni diperoleh karena minyak VCO dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). HDL dapat menyeimbangkan kadar kolesterol jahat (LDL) sehingga tubuh Anda tidak rentan terhadap kolesterol tinggi yang dapat membahayakan jantung.

  •  Menurunkan berat badan

Dikatakan juga bahwa kandungan MCT dalam minyak VCO membantu tubuh membakar lemak, sehingga membantu menurunkan berat badan. Namun, minyak VCO tidak boleh dikonsumsi berlebihan karena cairan ini juga tinggi kalori. Studi menyebutkan manfaat diet VCO adalah membantu menurunkan BMI dan mengecilkan ukuran pinggang.

Hal ini ditunjukkan dalam penelitian terhadap 40 wanita berusia antara 20 dan 40 tahun yang juga mengikuti diet rendah kalori dan berjalan kaki selama 50 menit per hari. Studi lain mengatakan bahwa manfaat VCO diet juga membantu penurunan berat badan lebih banyak daripada kelompok minyak zaitun.

Cara minum VCO untuk diet bisa diterapkan pada makanan yang dimasak dengan cara dipanggang atau ditambahkan minyak kelapa murni pada kopi, teh, dan smoothies.

  •  Membunuh bakteri

Salah satu manfaat minum VCO sebelum tidur adalah dapat membantu membunuh bakteri. Asam laurat dalam minyak VCO dipercaya dapat membunuh bakteri, jamur, dan virus di dalam tubuh. Ini karena sekitar 50 persen minyak kelapa murni mengandung asam laurat yang sangat tinggi. Saat tertelan, asam laurat akan berubah menjadi monolaurin yang dapat membunuh patogen berbahaya penyebab infeksi bakteri, virus, dan jamur.

Beberapa orang juga percaya bahwa berkumur dengan minyak VCO dapat menghilangkan bakteri mulut, namun klaim ini masih perlu pembuktian lebih lanjut.

  •  Menghasilkan keton yang meningkatkan fungsi kognitif otak

Kandungan VCO yang sama menguntungkannya adalah mengandung asam lemak rantai menengah (MCT), yang mudah diserap oleh hati dibandingkan dengan jenis asam lemak lainnya. Artinya MCT akan lebih mudah diolah menjadi keton, sumber energi utama otak. Keton memiliki efek penting pada produksi energi otak, seperti mencegah epilepsi dan penyakit Alzheimer, meskipun sifat ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Dikombinasikan dengan diet rendah karbohidrat, mengonsumsi keton dapat menyediakan hingga 70% dari kebutuhan energi otak Anda dan telah terbukti memiliki efek positif pada orang dengan kehilangan memori, seperti penyakit Alzheimer.

Bagi anda yang  mencari mesin pengolahan sabut kelapa, anda dapat menemukannya di Rumah Mesin. Di sana menjual mesin pengolahan sabut kelapa dan beragam mesin lainnya.

Nah, cukup sekian tutorial cara membuat minyak vco tradisional pada artikel kali ini. Cukup mudah bukan? Selamat mencoba dan semoga berhasil, dan jika cara dalam artikel ini dapat membantu kamu, jangan lupa untuk membagikan ilmu anda kepada orang-orang di sekitar kamu agar mereka semua dapat mengambil manfaatnya. Sekian dari saya, terima kasih.

Related posts