Cara Membuat Onion Ring Dengan Tepung Sasa Yang Mudah

2 min read

Cara Membuat Onion Ring Dengan Tepung Sasa

Onion ring salah satu makanan dengan rasa renyah, gurih dan tentunya dijamin nambah lagi. Kali ini saya akan membahas tentang cara membuat onion ring dengan tepung sasa, Untuk membuat onion ring crispy, yang dilakukan adalah dengan dipotong-potong melingkar dulu kemudian lepaskan satu persatu sesuai ruasnya sampai berbentuk ring. Setelah itu celupkan ke adonan basah dan kering lalu digoreng sampai matang. Nah sudah semakin penasaran kan?Yuuk simak ulasan di bawah ini.

Cara Membuat Onion Ring Dengan Tepung Sasa

Bahan-Bahan:

  • Gunakan 1 buah bawang bombay kupas menggunakan mesin pengupas bawang
  • Gunakan 1 sdm tepung terigu (untuk baluran)
  • Ambil Bahan pencelup
  • Siapkan 2 sdm tepung terigu
  • Siapkan 20 ml air
  • Ambil 1 butir telor ayam kocok asal
  • Gunakan Bahan pelapis
  • Siapkan 1 bks tepung serbaguna (sasa)
  • Sediakan Bahan pelengkap
  • Siapkan Saus sambal

Cara Membuat Onion Ring Dengan Tepung Sasa:

  1. Iris bawang bombay melingkar, lepaskan satu persatu lalu taburi dengan tepung terigu. Jangan diremas
  2. Untuk pencelup campur semua bahan dan bahan pelapis masukkan dalam wadah berbeda
  3. Masukkan bawang bombay kedalam adonan pencelup lalu masukkan kedalam tepung pelapis.ulangi 2 x bila ingin tepung agak tebal.
  4. Goreng dengan api sedang sampai warna menguning atau sesuai selera
Baca Juga: cara membuat onion ring simple 

Bawang Bombay

bawang bombay

Bawang bombay perlu dikonsumsi dalam porsi yang pas. Konsumsi bawang bombay berlebih bisa memicu masalah kesehatan tertentu. Rasanya tak lengkap jika masak tanpa bawang bombay. Selain memberikan cita rasa gurih pada masakan, bawang juga membuat aroma masakan Anda lebih sedap dan menggiurkan.

Selain sebagai penyedap rasa, bawang mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh. Bawang bombay memiliki kalori yang rendah namun tinggi vitamin dan mineral. Bawang juga memiliki sifat antibakteri yang dapat memerangi bakteri E.coli, S.aureus, dan Bacillus cereus yang menyebabkan muntah dan diare. Karena kandungan seratnya tinggi, bawang juga baik untuk saluran pencernaan. Adapun manfaat bawang bombay antara lain.

Manfaat Bawang Bombay

1.Kaya nutrisi

Manfaat bawang bombai adalah padat nutrisi, yang mana bawang ini rendah kalori tetapi tinggi vitamin dan mineral. Satu bawang bombai ukuran sedang hanya memiliki 44 kalori tetapi memberikan vitamin, mineral dan serat dalam dosis yang cukup besar.

Bawang bombai juga sangat tinggi vitamin C, nutrisi yang berperan dalam mengatur kesehatan kekebalan, produksi kolagen, perbaikan jaringan, dan penyerapan zat besi. Vitamin C juga bertindak sebagai antioksidan kuat dalam tubuh, melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh molekul tidak stabil yang disebut radikal bebas.

Manfaat bawang bombai juga kaya vitamin B, termasuk folat (B9) dan piridoksin (B6) yang berperan penting dalam metabolisme, produksi sel darah merah, dan fungsi saraf. Terakhir, manfaat bawang bombai adalah sumber potasium yang baik, mineral yang banyak orang kurangi.

2.Kesehatan jantung

Bawang bombai mengandung antioksidan dan senyawa yang melawan peradangan, menurunkan trigliserida, dan menurunkan kadar kolesterol jahat yang memicu risiko penyakit jantung. Sifat anti-inflamasi yang kuat juga dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi dan melindungi dari pembekuan darah.

Selain itu, bawang bombai juga mengandung antioksidan flavonoid yang sangat terkonsentrasi pada bawang. Senyawa ini dapat membantu menurunkan faktor risiko penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi.

3.Pengobatan kanker

Makan sayuran dari genus Allium seperti bawang bombai sudah lama dikaitkan dengan penurunan risiko kanker tertentu, termasuk kanker lambung dan kolorektal. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi allium dalam jumlah tinggi, lebih kecil kemungkinannya untuk didiagnosis dengan kanker perut.

Sifat melawan kanker ini telah dikaitkan dengan senyawa sulfur dan antioksidan flavonoid yang ditemukan dalam allium. Manfaat bawang bombai juga mengandung fisetin dan quercetin, antioksidan flavonoid yang dapat menghambat pertumbuhan tumor.

4.Kesehatan pencernaan

Bawang kaya akan serat dan prebiotik, yang diperlukan untuk kesehatan usus. Prebiotik adalah jenis serat yang tidak dapat dicerna yang diuraikan oleh bakteri usus yang baik untuk pencernaan.  Manfaat bawang bombai juga sangat kaya akan inulin prebiotik dan fruktooligosakarida. Ini membantu meningkatkan jumlah bakteri ramah di usus dan meningkatkan fungsi kekebalan.

Itu dia artikel dari saya tentang cara membuat onion ring dengan tepung sasa, semoga sangat bermanfaat untuk anda yang ingin mencoba sendiri di rumah. Dan selamat mencobaa!.