Cara Membuat Onion Ring Sederhana Crispy Ala Rumahan

2 min read

cara membuat onion ring sederhana

Selain terkenal di Indonesia, makanan sejenis bawang bombay goreng tepung crispy ini juga populer di luar negeri lho, di sana menyebutnya onion blossom. Hanya bedanya pengolahan onion blossom ini dengan cara memotong-motong kecil bawang bombay perkelopaknya dengan alat khusus sehingga menyerupai bunga yang mekar.

Kemudian baru dicelup ke adonan basah yang terbuat dari terigu, susu, telur dan bumbu-bumbu lainnya lalu goreng. Onion blossom ini bisa jadi menu pembuka atau camilan ala resto steak dan pasta. Di kesempatan kali ini saya akan membagikan tips cara membuat onion ring sederhana, Langsung saja simak ulasan di bawah ini.

cara membuat onion ring sederhana

Bahan-Bahan:

  • 1 buah bawang bombay ukuran besar kupas menggunakan mesin pengupas bawang
  • 2 cangkir tepung terigu
  • 2 sdm tepung maizena
  • Tepung roti/panir secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya
  • Kaldu bubuk secukupnya
  • Air es secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

cara membuat onion ring sederhana:

  1. Pertama-tama iris bawang bombay berbentuk lingkaran dan lepas satu persatu hasil potongan sehingga bawang menjadi banyak.
  2. Lalu rendam potongan bawang dengan air es selama 15 menit.
  3. Buat adonan kering, caranya dengan mencampur tepung terigu, tepung maizena, kaldu bubuk, garam, merica dan aduk sampai rata.
  4. Tiriskan bawang yang sudah direndam dan balur bawang dengan sedikit adonan tepung yang dibuat tadi, lalu taruh bawah di wadah kosong.
  5. Buat adonan basah, masukkan air es ke dalam adonan kering dan aduk sampai rata. Buat adonan jangan terlalu kental tapi juga jangan terlalu encer. 6. Celupkan bawang yang sudah dibalur adonan kering ke dalam adonan basah, lalu balur dengan tepung roti/panir.
  6. Setelah dibalur dengan tepung roti, kemudian goreng sampai berwarna kecoklatan. Goreng dengan api kecil agar tidak cepat gosong. Angkat, tiriskan.
  7. Onion ring crispy siap dinikmati selagi hangat dengan dicocolkan sambal atau mayonaise pilihan.
Baca Juga: cara bikin onion ring renyah 

Bawang Bombay

bawang bombay

Bawang bombay atau bawang bombai (Latin : Anilium Cepa Linnaeus) adalah jenis bawang yang paling banyak dibudidayakan dan seringkali dipakai sebagai bumbu maupun bahan masakan yang memiliki bentuk bulat besar dan berdaging tebal.

Bawang bombai ini biasanya digunakan untuk bumbu masak makanan di Indonesia. Tak hanya itu bawang bombay yang dibawa oleh pedagang yang berasal dari kota Bombai (Mumbai) di India ke Indonesia ini juga sering digunakan sebagai hiasan masakan.

Pada umumnya bawang bombay ini masuk ke dalam masakan tumisan, aneka saus, sup dan gorengan. Misalnya sebagai bumbu untuk membuat saus asam pedas, sup ayam, tumis sayur, sapo tahu atau digoreng dengan tepung berbumbu yang terkenal dengan sebutan onion ring. Mengonsumsi camilan ini ternyata banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan antara lain.

Manfaat Bawang Bombay

1.Untuk Kesehatan jantung

Bawang bombai mengandung antioksidan dan senyawa yang melawan peradangan, menurunkan trigliserida, dan menurunkan kadar kolesterol jahat yang memicu risiko penyakit jantung. Sifat anti-inflamasi yang kuat juga dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi dan melindungi dari pembekuan darah.

Selain itu, bawang bombai juga mengandung antioksidan flavonoid yang sangat terkonsentrasi pada bawang. Senyawa ini dapat membantu menurunkan faktor risiko penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi.

2.Pengobatan kanker

Makan sayuran dari genus Allium seperti bawang bombai sudah lama dikaitkan dengan penurunan risiko kanker tertentu, termasuk kanker lambung dan kolorektal. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi allium dalam jumlah tinggi, lebih kecil kemungkinannya untuk didiagnosis dengan kanker perut.

Sifat melawan kanker ini telah dikaitkan dengan senyawa sulfur dan antioksidan flavonoid yang ditemukan dalam allium. Manfaat bawang bombai juga mengandung fisetin dan quercetin, antioksidan flavonoid yang dapat menghambat pertumbuhan tumor.

3.Untuk Kesehatan pencernaan

Bawang kaya akan serat dan prebiotik, yang diperlukan untuk kesehatan usus. Prebiotik adalah jenis serat yang tidak dapat dicerna yang diuraikan oleh bakteri usus yang baik untuk pencernaan.  Manfaat bawang bombai juga sangat kaya akan inulin prebiotik dan fruktooligosakarida. Ini membantu meningkatkan jumlah bakteri ramah di usus dan meningkatkan fungsi kekebalan.

4.Mengontrol Tekanan Darah

Makan bawang bombai juga dapat membantu mengontrol gula darah, yang sangat penting bagi penderita diabetes atau pradiabetes. Sebuah penelitian pada 42 orang dengan diabetes tipe 2 menunjukkan bahwa makan 100 ons bawang segar bisa mengurangi kadar gula darah sekitar 40 mg setelah empat jam.

Demikian artikel dari saya tentang cara membuat onion ring sederhana, semoga sangat bermanfaat untuk anda. Dan selamat mencobaa!.