Cara Membuat Pupuk Organik Cair Dari Limbah Rumah Tangga Anti Gagal

1 min read

Cara Membuat Pupuk Organik Cair dari Limbah Rumah Tangga

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang cara membuat pupuk organik cair dari limbah rumah tangga. Namun sebelum itu tahukah kamu apa itu pupuk organik cair?

Pupuk Organik Cair

Pupuk organik cair merupakan pupuk yang ada dalam wujud cair, POC bisa dimaksud sebagai pupuk yang terbuat secara natural lewat proses fermentasi sehingga menciptakan larutan hasil pembusukan dari sisa tumbuhan, ataupun kotoran hewan ataupun manusia

Untuk sebagian orang pupuk organik cair lebih baik buat digunakan sebab bebas dari bahan- bahan kimia atau sintetis dan dampak yang baik untuk kesehatan. Pupuk organik cair terdiri dari mikroorganisme yang berfungsi penting dalam menunjang perkembangan tanaman

Cara Membuat Pupuk Organik Cair dari Limbah Rumah Tangga

Bahan-bahan:

  • Limbah sayur- mayur ataupun sampah dapur yang kalian kumpulkan di rumah
  • Em 4 Gula pasir sebanyak separuh gelas plastik air minum kemasan( dapat ditukar molase maupun gula merah)
  • Air cucian beras( jika terdapat dapat memakai mol air cucian beras) kurang lebih 12 liter dalam wadah

Cara Membuat Pupuk Organik Cair Dari Limbah Rumah Tangga:

  1. Hal pertama yang perlu kalian lakukan dalam proses membuat pupuk cair dari limbah sayur- mayur ataupun sampah dapur yakni mencacah seluruh sampah dapur yang kalian kumpulkan. Jadi, cacah seluruh sampah dapur jadi lebih kecil, supaya nantinya jadi lebih kilat dalam proses fermentasi.
  2. Sehabis itu seluruh bahan sampah dapur kalian cacah dahulu dengan mesin pencacah sampah organik hingga kecil, masukkan ke dalam wadah yang sudah berisi dengan air cucian beras.
  3. Berikutnya kalian tambahkan Em 4 kurang lebih sebanyak 3 tutup botol ke dalam air cucian beras yang tercampur sampah dapur.
  4. Masukkan pula gula, kemudian kalian aduk- aduk supaya gulanya mencair. Gula mempunyai peranan selaku santapan dari kuman yang tercantum di dalam Em 4, sehingga akan memesatkan proses fermentasi.
  5. Aduk terus menerus seluruh bahan supaya seluruhnya tercampur. Sesudah selesai, kalian tutup wadah air cucian beras yang berisi sampah dapur, Em 4, serta gula pasir buat proses fermentasi.
  6. Proses fermentasi kombinasi air cucian beras yang berisi cacahan sampah dapur, Em 4, serta gula pasir butuh dicoba minimal 2 minggu, hingga aroma di dalam wadah semacam bau tape.
  7. Aduk kembali wadah yang berisi air cucian beras, sampah dapur, Em 4 serta gula pasir minimun 2 hari sekali supaya seluruh bahan betul- betul teraduk serta tercampur menyeluruh.
  8. Sehabis 2 minggu, kalian dapat membuka wadah. Sehabis baunya semacam bau tape, itu berarti air cucian beras, sampah dapur, Em 4, serta gula pasir telah jadi pupuk cair. Anda bisa menggunakan mesin kompos jika ingin lebih mudah.
  9. Pupuk cair dari sampah dapur telah dapat kalian aplikasikan ke tumbuhan, baik itu lewat metode pengocoran ataupun penyiraman ataupun dengan metode penyemprotan.

Baca juga: Jenis Jenis Rumput Pakan Ternak Serta Pembuatan Fermentasi Hijauan

Kelebihan Pupuk Organik Cair

1. Menghemat Biaya

Kelebihan pertamanya yakni sanggup memangkas bayaran. Baik dikala Anda membelinya secara langsung maupun buatnya sendiri di rumah, pengeluaran yang diperlukan juga hendak jauh lebih murah dibanding dengan pupuk anorganik.

2. Ramah Lingkungan

Dikala Anda memilah untuk memakai pupuk organik cair dibanding dengan tipe pupuk yang yang lain, maka Anda juga mendukung gerakan untuk kurangi limbah. Karena, pemakaian pupuk organik cair tersebut sama maksudnya dengan melaksanakan daur ulang bermacam tipe sampah organik yang bisa mencemari area.

Demikian artikel yang bisa saya tentang cara membuat pupuk organik cair dari limbah rumah tangga. Semoga bisa bermanfaat.