Cara Membuat Pupuk Organik Dari Daun Kering yang Simpel

2 min read

Bingung cara membuat pupuk organik dari daun kering? Apakah Anda pusing karena tidak dapat menemukan tutorial? Mudahkan sendiri, pada artikel kali ini saya akan memberikan tutorialnya. Jika Anda penasaran untuk mencobanya, saya akan memberikan panduan cara membuat pupuk organik dari daun kering.

Pengertian pupuk organik

Pupuk organik adalah pupuk yang sebagian atau seluruhnya diperoleh dari tumbuhan dan/atau hewan yang telah mengalami proses teknis, dapat berbentuk padat atau cair dan digunakan untuk menyediakan zat organik untuk memperbaiki sifat fisik, kimia, dan biologi tanaman. tanah akan digunakan. Pupuk organik datang dalam berbagai jenis dan varietas. Jenis-jenis pupuk organik dibedakan menurut bahan baku, proses pembuatan dan bentuknya.

Adapun bahan bakunya ada yang dibuat dari kotoran hewan, pakan ternak, atau campuran keduanya. Ada banyak variasi metode produksi seperti kompos aerobik, bokashi dan sebagainya. Secara formal, mereka datang dalam bentuk bubuk, cairan, butiran atau tablet.

Ada beberapa jenis pupuk organik yang digunakan petani di lapangan. Secara umum, pupuk organik berbeda dalam bentuk dan bahannya. Secara formal ada pupuk organik cair dan padat. Dilihat dari bahannya, ada pupuk hijau, pupuk kandang dan kompos.

Pupuk hijau adalah pupuk yang berasal dari tanaman yang lapuk, baik dari sisa tanaman maupun dari tanaman yang sengaja ditanam sebagai sumber makanan. Tanaman yang biasa digunakan untuk pupuk hijau antara lain kacang-kacangan dan tanaman air. Jenis tanaman ini dipilih karena memiliki kandungan unsur hara yang tinggi, terutama nitrogen, dan cepat terurai di dalam tanah.

Pupuk kandang adalah pupuk yang terbuat dari kotoran hewan seperti unggas, sapi, kerbau dan kambing. Secara umum kotoran hewan dibedakan menjadi kotoran hewan yang buang air kecil dan tidak buang air kecil. Contoh hewan yang buang air kecil adalah sapi, kambing, dan kerbau. Karakteristik kotoran hewan yang buang air kecil, waktu penguraiannya relatif lebih lama, sedangkan ciri kotoran hewan yang tidak buang air kecil, waktu penguraiannya lebih cepat.

Kompos adalah pupuk yang diperoleh dari pelapukan zat organik melalui proses biologis dengan bantuan organisme pengurai. Disintegrator atau pengurai dapat berupa mikroorganisme atau makroorganisme.

Cara membuat pupuk organik dari daun kering

cara membuat pupuk organik dari daun kering

Siapkan bahan :

  • Beras aking digunakan sebagai pengurai atau dekomposer.
  • Sekarung daun kering.
  • Air sebanyak ember berukuran sedang.
  • Kulit kayu yang cukup.

Bagaimana Membuat Pupuk Organik Dari Daun Kering :

  1. Kumpulkan daun kering hingga menjadi karung.
  2. Buat campuran dekomposer dengan mencampurkan beras dengan air. Aduk hingga beras larut dalam air.
  3. Keluarkan daun kering dari karung dan tuangkan larutan pengurai pada daun kering. Aduk daun kering, pastikan semua daun terkena larutan air. Juga, pastikan daunnya hanya basah, tidak basah.
  4. Setelah semua daun basah, masukkan daun ke dalam karung dan simpan.
  5. Ikat karung beserta daunnya dengan tali rafia.
  6. Pastikan sambungannya kencang, lalu simpan pupuk di tempat gelap selama seminggu.
  7. Setelah seminggu, buka karung dan basahi dengan air tanpa campuran beras. Kemudian ikat kembali karung dan simpan hingga seminggu.
  8. Selama minggu kedua, periksa kondisi daun. Bila kondisi daun sudah kering, bilas dengan air untuk mengembalikan kelembapannya. Jika daun masih basah, biarkan.
  9. Setiap kali Anda memeriksa, bantu proses dekomposisi dengan menghancurkan daunnya. Anda bisa menumbuk daunnya dengan tongkat kayu atau bambu.
  10. Periksa kondisi pupuk pada minggu ketiga. Pupuk akan berubah menjadi hitam dan teksturnya akan berubah menjadi bubuk.
  11. Pada minggu keempat, pupuk sudah bisa digunakan untuk menyuburkan tanaman.

Baca Juga : Cara Bikin Pupuk Kompos Dari Daun Kering yang Mudah

Nah, itu saja untuk tutorial cara membuat pupuk organik dari daun kering pada artikel kali ini. Cukup mudah, bukan? Selamat mencoba dan selamat mencoba, dan jika tutorial dalam artikel ini dapat membantu anda, jangan lupa untuk membagikan ilmu anda kepada orang-orang di sekitar anda agar semua orang dapat mengambil manfaat. Sekian dari saya, terima kasih.

Layanan Gesek Tunai Kartu Kredit Makin Marak

Selain untuk berbelanja, kartu kredit termasuk memberi tambahan fasilitas tarik tunai bagi para pengguna. Tarik tunai mampu dilakukan di anjungan tunai mandiri (ATM) terdekat....
Guithay thay
2 min read

Berikut Contoh Soal Perhitungan PPh Pasal 24?

PAJAK Penghasilan (PPh) Pasal 24 adalah salah satu type pelunasan PPh di dalam tahun berjalan yang merupakan pajak yang dibayar atau terutang di luar...
Guithay thay
1 min read