Cara Membuat Rendang Daging Sapi yang Enak dan Empuk

1 min read

Pada kali ini saya akan membagikan cara membuat rendang daging sapi yang enak dan empuk. Nah buat yang belum tahu rendang yuk simak di bawah ini.

Definisi Rendang

definisi rendang

Rendang atau randang adalah masakan daging asli Indonesia yang berasal dari Minangkabau. Kuliner ini dihasilkan dari proses memasak suhu rendah dalam waktu lama menggunakan aneka rempah-rempah serta santan.

Proses memasaknya memakan waktu berjam-jam (umumnya lebih dari empat jam) hingga yang tersisa hanyalah potongan daging berwarna hitam pekat dan dedak.

Dalam suhu ruangan, rendang bisa bertahan hingga berminggu-minggu. Rendang yang dimasak dalam waktu yang lebih singkat dan santannya belum disebut kalio, berwarna cokelat terang cerah.

Rendang bisa dijumpai di rumah Makan Padang di seluruh dunia. Kuliner ini populer di Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya, seperti Malaysia, Singapura, Brunei, Filipina dan Thailand. di wilayah Asalnya, Minangkabau, rendang disajikan di berbagai upacara adat serta perhelatan Istimewa.

Meskipun rendang adalah masakan tradisional Minangkabau, teknik memasak serta pilihan dan penggunaan bumbu rendang berbeda-beda berdasarkan wilayahnya.

Cara Membuat Rendang Daging Sapi yang Enak dan Empuk

cara membuat rendang daging sapi yang enak dan empuk

Bahan-Bahan :

  • Daging sapi lulur atau dalam sebanyak 500 gram, dipotong melebar
  • Daun kunyit sebanyak 2 lembar
  • Daun jeruk sebanyak 2 lembar
  • Serai sebanyak 2 batang, ambil bagian putihnya dan memarkan
  • Pekak sebanyak 1 buah
  • Kelapa parut sangrai sebanyak 2 sendok makan
  • Santan sebanyak 1,5 liter, dari 2 butir kelapa
  • Minyak goreng secukupnya
Baca Juga : Cara Membuat Sate Sapi yang Empuk

Bumbu Halus :

  • Bawang merah sebanyak 10 butir
  • Bawang putih sebanyak 6 siung
  • Cabai merah sebanyak 150 gram
  • Cabai rawit sesuai selera
  • Kemiri sebanyak 5 butir, sangrai
  • Jinten sebanyak sdt
  • Ketumbar sebanyak 1 sdt
  • Kunyit sebanyak cm
  • Jahe sebanyak 1 cm
  • Garam secukupnya

Langkah-Langkah :

  1. Pertama siapkan wajan yang bersih kemudian tuang sedikit minyak. Panaskan dengan api sedang.
  2. Masukan bumbu halus kemudian aduk-aduk. Tambahkan juga rempah-rempah seperti daun kunyit, daun jeruk, serai dan pekak. Tumis hingga bumbu menjadi harum dan matang.
  3. Tambahkan daging ke dalamnya, aduk-aduk kembali dan masak hingga daging berubah warna.
  4. santan serta kelapa sangrai, terus masak dengan api sedang sampai rendang mendidih. Jangan lupa diaduk agar santan tidak pecah dan cicipi rasa agar sesuai selera. Anda bisa menambahkan garam atau gula bila perlu.
  5. Jika sudah mendidih, api kecilkan dan terus masak sampai kuah menyusut dan agak kental. Rendang daging yang matang ditandai dengan kuah yang berwarna cokelat dan kuah tampak. Angkat dan rendang daging siap disajikan.

Cara Membuat Rendang Daging Empuk

1. Lumuri Daging Dengan Jahe Parut

Sebelum daging diolah menjadi rendang, coba lumuri daging terlebih dahulu dengan parutan jahe. Lalu diamkan daging yang sudah dilumuri dengan jahe parut selama beberapa menit sebelum diolah.

Selain menggunakan jahe parut, kamu juga bisa menggunakan nanas parut. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan daging yang lebih empuk saat diolah. Hal ini tentunya sangat penting sebagau cara memasak rendang agar daging empuk.

2. Potong Searah Dengan Serat Daging yang Panjang

Ukuran daging jangan terlalu kecil atau terlalu besar. Potong daging dengan tepat searah dengan serat daging yang panjang. Meski mungkin hal ini tampak sepele, tapi bisa berpengaruh terhadap teksturnya ketika dimasak. Bila daging dipotong tidak searah dengan seratnya, maka nanti diolah jadi agak banyak.

3. Pilih Daging Bagian Paha

Cara memasak rendang daging agar empuk berikutnya adalah memperhatikan pemilihan bagian daging. Daging bagian paha lebih cocok diolah menjadi rendang karena teksturnya kuat dan tidak mudah hancur. Selain itu, buang juga bagian lemak daging agar nantinya diolah rendang menjadi tidak banyak.

Nah itu dia artikelnya semoga bermanfaat dan jangan lupa simak juga artikel lainnya disini ya.

Agency Digital Jakarta Selatan

Yang sedang popular sementara ini ialah marketing online yanag banyak dilirik oleh para pelaku usaha maupun merk besar.Menariknya memanfaatkan Agency Digital Jakarta sendiri adalah,...
Guithay thay
1 min read

Langkah Menonton Film di Telegram secara Gratis dan Tanpa…

Aktivitas melihat film sekarang ini bukan hanya dapat dicicipi di bioskop atau tayangan tv saja. Karena zaman telah makin hebat beberapa program kekinian sediakan...
Guithay thay
3 min read

Intel Core i9-12900K, Di-claim Sebagai Processor Gaming Terbaik di…

Intel Core i9-12900K, Di-claim Sebagai Processor Gaming Terbaik di Dunia Berapa luar biasa Intel Core i9-12900K ini? Intel sah memperkenalkan keluarga processor Intel Core...
Guithay thay
4 min read