Cara Membuat Roti Jala Kuah Gula Merah

Roti jaring, apa yang terlintas di kepalamu ketika mendengar roti jaring. Atau biasa di sebut dengan roti jala Tentunya sudah tidak asing lagi, pada artikel kali ini saya akan membagikan resep cara membuat roti jala kuah gula merah. Apakah kalian penasaran dengan cara pembuatannya? Yuk langsung saja simak.

Pada saat Idul Fitri, roti jala dihidangkan untuk para tamu yang bersilaturahim ke rumah-rumah. Kue ini praktis sehingga mudah untuk dihidangkan. Roti jala cocok dijadikan camilan saat Lebaran karena rasanya yang gurih dan lezat.

 

Apa Itu Roti Jala

Meskipun disebut roti, roti jala ini bentuknya tidak seperti roti pada umumnya. Roti ini dinamakan demikian karena bentuknya memang mirip jaring atau jala yang digunakan para nelayan untuk menangkap ikan. Tekstur dari roti jala ini elastis dan sedikit kenyal.

Di Riau, makanan ini sangat terkenal dan biasa disantap bersama kuah kari ataupun kuah manis. Kuah yang digunakan untuk menikmati roti jala ini biasanya kuah kari ayam, kari kambing, atau kari daging sapi. Kuah manis seperti kuah durian dan kuah sarikaya juga nikmat dihidangkan dengan roti ini.

Makanan tradisional ini masih terus dilestarikan, khususnya di Riau. Anak-anak di sekolah menengah pertama maupun menengah atas diajarkan bagaimana cara membuat roti jala ini. Tujuannya agar mereka mengenal makanan tradisional khas daerah dan dapat terus melestarikannya.

 

Sejarah Roti Jala Kuah Gula Merah

Sejarah Roti Jala ini unik karena memiliki unsur-unsur Roti Canai dari India. Roti Canai masuk ke Indonesia pada abad ke-17 ketika pedagang-pedagang Muslim India masuk ke Indonesia.Roti Jala juga dikenal sebagai makanan khas Kepulauan Riau dan dikenal dengan nama ‘Roti Kirai’.

Makanan yang satu ini juga sangat populer di negeri tetangga, terutama di Malaysia dengan sebutan ‘Net Pancake’ dalam bahasa Inggris. Buat kalian yang penasaran, Roti Jala bisa kalian temui di Cane Rame Rasa Molif yang berlokasi di Jalan Sei Sikambing.

 

Cara Membuat Roti Jala Kuah Gula Merah

cara membuat roti jala kuah gula merah

Dalam penyajiaannya, roti jala juga mengalami banyak perkembangan. Terdapat berbagai varian rasa dalam menikmati roti jala baik manis maupun gurih, bahkan pedas. Saat ini kita dapat menemukan perpaduan roti jala dengan srikaya, pisang, coklat bahkan durian.

Di Medan sendiri, sebenarnya roti jala identik dengan hari-hari besar seperti bulan Ramadhan dan Idulfitri. Roti jala sering dijadikan takjil untuk berbuka puasa atau cemilan saat Idulfitri. Sehingga, sulit menemukan roti jala di hari biasa seperti ini. Roti jala saat ini  dapat juga ditemui di acara penting seperti pernikahan, syukuran dan lainnya.

Bahan Kulit Jala :

  • 300 gr tepung terigu serbaguna
  • ½ sdt garam
  • 400 ml air + 2 bungkus santan instan (kemasan 65 ml) jika pakai santan dari kelapa segar 530 ml
  • 2 butir telur
  • 30 gr margarin (lelehkan)
  • Pewarna makanan secukupnya

Cara Membuat Kulit Roti Jala :

  1. Campur terigu dan garam, kemudian masukkan campuran air dan santan, masukkan telur, dan margarin leleh, aduk dengan whisk/blender/food procesor/mixer hingga tercampur rata.
  2. Saring adonan (harus disaring). Bagi adonan menjadi beberapa bagian, beri pewarna. Masukkan adonan dalam botol khusus roti jala. Kalau tidak ada, pakai plastik piping bag. Potong ujung plastik piping bag.
  3. Panaskan wajan anti lengket dengan api sedang cenderung kecil, oles tipis dengan minyak. Semprotkan adonan seperti motif jaring sampai matang. Kemudian lipat, lalu gulung.
  4. Sajikan dalam mangkuk, siram dengan kuah kinca.

Bahan Kuah Kinca :

  • 500 ml air + 2 bungkus santan instan (kemasan 65 ml)
  • 190 gr gula merah / aren (potong-potong)
  • 3 lembar daun pandan
  • 1 sdm maizena (2 sdm) cairkan dengan sedikit air (kekentalan bisa disesuaikan sesuai selera)
  • Sejumput garam
  • Nangka / durian secukupnya, potong-potong

Cara Membuat Kuah Kinca :

1. Panaskan air, kemudian masukkan gula merah, daun pandan dan garam, masak hingga gula larut dan mendidih.
2. Masukkan santan instan, aduk sampai mendidih. Kemudian, masukkan maizena, aduk.
3. Terakhir, masukkan nangka. Aduk sebentar. Matikan api. Siram Roti jala dengan kuah kinca.

 

Tips:
1.Untuk mendapatkan roti yang lembut, jangan terlalu tebal atau besar mengucurkan adonan ke atas wajan.
2.Gunakan api kecil saat memasak roti jala agar tidak cepat gosong dan adonan jadi keras.
3. Agar kuah durian kental dan licin, setelah saus mengental, saring sambil tekan-tekan agar mendapatkan saus yang kental dan lembut.

Baca juga : cara membuat roti kirai khas melayu

Related posts